Food & travel

Kaya Serat, Ini Resep Nasi Goreng Sederhana Untuk Vegetarian

By : Natasha Fitrand - 2023-03-03 14:00:02 Kaya Serat, Ini Resep Nasi Goreng Sederhana Untuk Vegetarian

Nasi goreng bisa dibilang sebagai hidangan favorit masyarakat Indonesia. Selain mudah dibuat, nasi goreng juga mengenyangkan dan cocok dimakan pada waktu kapanpun, baik itu saat sarapan, makan siang, atau makan malam. Hal yang membuat nasi goreng unik adalah pilihan topping-nya yang beragam dan bisa kamu kreasikan, tetapi umumnya topping nasi goreng terdiri dari telur, ayam, atau daging.


Bagi kamu para vegetarian yang ingin mencicipi atau membuat nasi goreng, jangan khawatir! Meski tidak menggunakan daging, nasi goreng juga tetap lezat saat dibuat menggunakan topping sayur-sayuran, lho. Justru, topping sayuran pada nasi goreng akan menambah nutrisi yang bermanfaat untuk tubuhmu.


Kamu bisa menambahkan sayuran kesukaanmu pada nasi goreng, atau bahkan memanfaatkan sayuran sisa yang ada di kulkasmu. Beberapa sayuran yang banyak digemari pada resep nasi goreng antara lain jagung, brokoli, kubis paprika, dan kacang polong. Bagi kamu pecinta buah nanas, kamu juga bisa menambahkannya untuk membuat nasi goreng ala Thailand dengan rasa yang lebih unik dan manis!


Simak resep nasi goreng sederhana untuk vegetarian di bawah ini.


Bahan-Bahan


(Bahan-bahan untuk resep nasi goreng sederhana vegetarian. Foto: Dok. Sangeet Rao/Pexels)

2 sendok makan minyak zaitun

1 bawang putih kecil, cincang halus

2 wortel sedang, cincang halus

2 cangkir sayuran tambahan, potong kecil-kecil (pilihan sayuran tambahan termasuk jagung, kacang polong, asparagus, brokoli, kubis, paprika, dan lainnya)

¼ sendok teh garam

1 sendok makan jahe segar parut atau cincang halus

2 siung besar bawang putih, ditekan atau dicincang

2 cangkir nasi putih atau nasi mera

1 cangkir sayuran hijau (opsional), seperti bayam atau baby kale

3 bawang hijau, cincang

1 sendok makan kecap


(Baca Juga: Sehat dan Bergizi, Ini Resep Mudah Ramen Vegetarian)


Cara Memasak Nasi Goreng Sederhana Untuk Vegetarian


(Resep cara membuat nasi goreng sederhana vegetarian. Foto: Dok. RODNAE Productions/Pexels)

1. Panaskan wajan besar, tambahkan 1 ½ sendok teh minyak dan putar wajan untuk melapisi bagian bawah.

2. Setelah minyak panas, tambahkan bawang bombay dan wortel, masak sambil diaduk sekitar 3 sampai 5 menit.

3. Tambahkan sisa sayuran dan garam. Lanjutkan memasak, aduk sampai sayuran matang dan berubah menjadi keemasan, sekitar 3 sampai 5 menit.

4. Tambahkan jahe dan bawang putih, masak hingga harum sambil terus diaduk, sekitar 30 detik. Tambahkan nasi dan campur semuanya. Masak, aduk sampai tercampur dan nasi mulai berubah warna menjadi keemasan, sekitar 3 sampai 5 menit.

5. Tambahkan sayuran hijau lainnya dan daun bawang, aduk hingga rata. Tambahkan kecap atau garam tambahan untuk menambahkan cita rasa.

6. Nasi goreng vegetarian siap untuk dihidangkan.


(Baca Juga: Resep Bihun Goreng Ala Restoran, Dijamin Ketagihan!)


Itu dia resep nasi goreng sederhana untuk vegetarian. Kamu masih bisa menikmati cita rasa nasi goreng yang lezat dan walau menggunakan topping sayur-sayuran, lho. Selain lezat, tentunya resep nasi goreng vegetarian ini dijamin sehat dan bergizi untuk kamu. Resep nasi goreng vegetarian ini juga cocok bagi kamu para ibu yang ingin anaknya lebih mudah mengonsumsi sayur-sayuran.


Jangan lupa dicoba, ya!


Food & travel