Sex & relationship

4 Alasan Ini Yang Bikin Wanita Susah Jatuh Cinta

By : Vanessa Masli - 2023-02-20 09:00:02 4 Alasan Ini Yang Bikin Wanita Susah Jatuh Cinta

Jatuh cinta bisa jadi salah satu perasaan yang luar biasa menyenangkan dan membahagiakan. Mulai dari tertarik dengan seseorang hingga menjalin komitmen yang lebih serius, rasa cinta yang dirasakan memberi warna dalam setiap fase hubungan. Ragam perasaaan seperti senang, deg-degan, malu, hingga sedih pun hadir saat seseorang jatuh cinta.


Namun, enggak sedikit wanita yang justru susah untuk jatuh cinta. Kalau kamu termasuk salah satu wanita yang merasa bahwa jatuh cinta itu susah, entah untuk membaca sinyal ketika ada yang mendekati atau bahkan untuk benar-benar membuka hati, Mungkin alasan yang sudah Her World rangkum di bawah ini jadi penyebab kamu susah jatuh cinta. Kira-kira apa saja?


1. Trauma masa kecil


Mungkin perkataan atau perbuatan menyakitkan yang kamu terima di masa kecil, tanpa sadar, menorehkan luka dan trauma hingga dewasa. Entah orang tua atau mungkin pengasuh sempat membuatmu merasa diabaikan atau bahkan ditinggalkan sehingga saat dewasa, kamu pun memiliki ketakutan bahwa pasanganmu juga akan meninggalkan kamu.


Jadi, ada yang berusaha mendekat, kamu justru memiliki keinginan yang besar untuk menarik diri dan menjauhinya. Alhasil, kamu pun susah untuk benar-benar jatuh cinta pada seseorang.


2. Terbiasa melakukan segala sesuatu sendiri


Jadi, kamu lupa untuk mengizinkan orang lain hadir dalam hidup. Apalagi kalau kamu sudah lama hidup sebagai wanita single dan mandiri, pola untuk melakukan segala sesuatunya sendiri jadi kebiasaan.


Saat kamu terbiasa untuk memecahkan masalah sendiri tanpa terpikir menanyakan pendapat orang lain, jatuh cinta menjadi proses yang susah. Sebab, kamu harus membiasakan diri akan kehadiran orang lain untuk membantu dan mendampingi. Plus, kamu juga harus berani membuka diri yang terkadang juga jadi tantangan.



(Terbiasa melakukan semua sendiri, susah membuka diri. Foto: Dok. John Diez/Pexels)


(Baca Juga: 30 Kata Motivasi Cinta untuk Kamu yang Masih Single!)


3. Hubungan belum jadi prioritas


Mungkin kamu susah jatuh cinta karena memang belum waktunya. Mungkin kamu sedang berada di dalam fase yang membuatmu belum siap atau belum menjadikan hubungan sebagai salah satu prioritas dalam hidupmu. Entah kamu sedang meniti karier dan ingin fokus atau memang belum siap menjalin hubungan, ini juga jadi alasan sebagian wanita yang susah untuk jatuh cinta.


4. Memang belum menemukan yang cocok


Kamu susah untuk jatuh cinta bukan berarti ada yang salah dengan dirimu. Mungkin memang kamu belum menemukan pria yang cocok untuk menjadi pasanganmu atau membuat kamu merasakan cinta. Mungkin hidup masih mengizinkan untuk eksplorasi diri lebih dalam hingga nanti saatnya takdir mempertemukan kamu dengan orang yang tepat, jatuh cinta enggak akan terasa seperti tantangan.


(Baca Juga: Kenali 5 Tanda Pria Serius dalam Hubungan LDR)


Itu dia beberapa alasan yang bikin wanita susah jatuh cinta. Apa itu juga jadi alasanmu?


Sex & relationship