Hair & beauty

Semua Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Teknik Baking Makeup!

By : Fariza Rahmadinna - 2023-02-25 18:00:01 Semua Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Teknik Baking Makeup!

Ada begitu banyak teknik dalam makeup, tetapi ada satu teknik yang benar-benar akan meningkatkan keseluruhan hasil riasan wajah kamu (terutama jika kamu memiliki kulit berminyak, sering mengalami masalah makeup crease, dan cenderung gampang hilang saat dipakai hingga pengunjung hari), yaitu teknik baking


Pada dasarnya, baking adalah teknik makeup yang bisa membuat riasan wajah kamu tahan lama dengan menggunakan bedak tabur yang didiamkan menempel pada wajah selama beberapa menit, lalu hilangkan excess-nya. 


Kamu akan melihat perbedaannya segera setelah menyeka sisa bedak berlebih bahwa hasil riasan wajah kamu akan tampak lebih matte, smooth, dan tidak geser. Ini juga bisa memberikan hasil yang luar biasa untuk mencerahkan area bawah mata kamu. 


Berikut ini, semua yang perlu kamu tahu tentang teknik baking dalam makeup, termasuk kelebihan teknik baking dan cara baking wajah yang benar. 


Apakah perlu melakukan teknik baking dalam makeup?


(Teknik baking. Foto: Dok. @master1305/Freepik)


Jika kamu adalah tipe wanita yang hanya memakai sedikit concelear untuk menutupi imperfections, dan biasanya melewatkan riasan full-coverage, maka teknik baking mungkin tidak kamu perlukan. Tetapi, jika kamu adalah tipe wanita yang sering (dan selalu) memakai riasan full-coverage dan ingin membuatnya transfer-proof, budge-proof, crease-proof, dan sweat-proof sepanjang hari, maka teknik baking sangat kamu perlukan. 


Melakukan teknik baking dalam makeup dapat membuat hasil akhir riasan wajah kamu terlihat lebih halus, tidak transfer, tidak geser, tahan lama, dan tidak gampang creasing. Itulah kelebihan dari melakukan teknik baking dalam makeup.


(Baca Juga: Coba 4 Produk Masker Wajah Ini Untuk Atasi Kulit Bertekstur)


Bagaimana cara melakukan teknik baking dalam makeup dengan benar?


Jika kamu ingin mencoba teknik ini, ikuti cara melakukan teknik baking dengan benar berikut ini:


1. Mempersiapkan kulit dengan baik


Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk melakukan teknik baking adalah dengan mempersiapkan kulit dengan baik. Ini berarti mengaplikasikan krim mata, pelembap, dan primer, sebelum memulai makeup yang sebenarnya. "Menjaga area bawah mata (dan kulit wajah) tetap lembap dan terhidrasi sangat penting untuk menghindari munculnya kulit kering dan crepey skin,” kata Lisa Aharon, celebrity makeup artist


“Semakin baik kulit kamu terhidrasi, maka akan semakin baik hasil riasan wajah nantinya,” tambah Lisa. 


2. Mengaplikasikan foundation 


Setelah mempersiapkan kulit dengan baik, langkah selanjutnya yakni mengaplikasikan foundation ke seluruh wajah, lalu blend hingga merata dan menempel pada kulit dengan baik. 


Tips: Tempelkan ujung jari kamu pada bagian dalam wajah, jika kamu masih melihat ada produk menempel pada ujung jari, itu artinya foundation belum menempel dan merata dengan baik pada kulit. Lalu, blend hingga tidak ada lagi produk yang menempel pada ujung jari. 


3. Mengaplikasikan concealer


Setelah memastikan foundation ter-apply dengan baik, selanjutnya adalah mengaplikasikan concealer di bawah mata; di sudut dalam mata dan dibawah mata, untuk membantu menyembunyikan lingkaran hitam mata. Ratakan concealer dengan menggunakan jari, beauty blender, atau brush sampai merata, terlihat natural, dan tidak terlalu tebal. 


4. Baking


(Cara melakukan teknik baking yang benar. Foto: Dok. Mahshid Rezaei @mahshid_beautystudio / Instagram)


Sekarang, saatnya baking! Untuk memulai proses baking, aplikasikan bedak tabur di bawah mata, dahi, lipatan nasolabial (lipatan yang cenderung terbentuk di kedua sisi mulut), sekitar hidung, dan dagu, atau area wajah kamu yang gampang creasing. Lalu, diamkan bedak menempel selama 5-10 menit agar dapat bekerja dengan baik. 


Lisa berkata, "tujuan utama baking dalam makeup adalah untuk menjaga agar makeup area bawah mata dan area lainnya di wajah tidak geser dan lebih cerah.” 


Sambil menunggu proses baking, kamu dapat melanjutkan step makeup lainnya seperti menggambar ali dan mengerjakan riasan mata. Bedak tabur dari proses baking juga akan memudahkan kamu menyapu eyeshadow yang berjatuhan tanpa menodai area bawah mata. 


Sebelum kamu menyadarinya, 5-10 menit itu akan terasa berlalu cukup cepat. Setelah bedak tabur memiliki cukup waktu untuk “baking”, gunakan kuas untuk menghilangkan excess powder-nya. Kemudian, semportkan wajah Anda dengan sedikit setting mist sebelum melanjutkan ke langkah makeup selanjutnya, yaitu mengaplikasikan bedak padat. Ini akan membuat bedak padat lebih mudah menempel. Setelah puas dengan hasilnya, lanjutkan dengan mengaplikasikan perona pipi, bronzer, highlight, dan lipstick.


(Baca Juga: Gemas! Intip 7 Produk Kolaborasi SYCA dan Emily In Paris)


Itu dia kelebihan dan cara mengaplikasikan teknik baking pada makeup-mu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!







Hair & beauty