Hair & beauty

5 Bahan Alami Yang Bisa Menghilangkan Jerawat di Punggung

By : Vanessa Masli - 2023-02-16 19:00:01 5 Bahan Alami Yang Bisa Menghilangkan Jerawat di Punggung

Jerawat memang jadi salah satu permasalahan kulit yang mungkin dialami sebagian orang, baik pria maupun wanita. Meski ragam perawatan maupun produk skincare fokus untuk menghilangkan jerawat di area wajah, rupanya jerawat tak hanya tumbuh dan meradang di satu area saja.


Selama seluruh tubuh masih dilindungi oleh kulit, itu berarti masalah jerawat juga bisa terjadi di area-area tubuh lainnya. Selain wajah, jerawat yang biasa paling sering muncul ada di area punggung atau bisa dikenal dengan istilah back acne.


Jenis jerawat satu ini biasanya jadi salah satu masalah kulit yang paling menyebalkan karena munculnya tiba-tiba, lalu terkadang tumbuh di area yang sulit dijangkau dengan tangan. Nah, buat kamu yang berusaha menghilangkan jerawat di punggung, beberapa bahan alami rangkuman Her World di bawah ini mungkin bisa dicoba. Apa saja?


1. Lidah buaya dan tea tree oil



(Tea tree oil bisa melindungi kulit dari radikal bebas penyebab jerawat. Foto: Dok. Dominika Roseclay/Pexels)


Dua bahan alami ampuh mengatasi jerawat di wajah, juga bisa jadi andalanmu dalam menghilangkan jerawat di area punggung. Kandungan dalam tea tree oil yang dapat melindungi kulit dari bakteri maupun radikal bebas sehingga potensi jerawat untuk tumbuh semakin sedikit. Lalu, lidah buaya memastikan kulitmu tetap jauh dari iritasi dan peradangan, sekaligus berikan perlindungan ekstra di area punggung.


Kamu cukup mencampurkan lima sendok makan gel lidah buaya dengan beberapa tetes tea tree oil (sesuaikan dengan kebutuhanmu). Campur hingga merata dan aplikasikan secara merata di area punggung. Diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan dengan handuk basah hingga benar-benar bersih.


2. Madu dan oatmeal


Lagi-lagi dua bahan yang jadi kuncian dalam mengatasi jerawat. Mulai dari madu, bahan alami yang terkenal efektif menghilangkan jerawat, baik di wajah maupun punggung. Kandungan anti bakteri di dalamnya, madu dapat memperbaiki kondisi kulit yang berjerawat dan mengurangi frekuensi kemunculannya.


Ditambah dengan oatmeal, berkat kandungan zinc yang bisa menyerap minyak berlebih di area wajah dan bantu meredakan peradangan. Madu dan oatmeal bisa digunakan secara rutin untuk menghilangkan jerawat di area punggung. Cukup mencampurkan oatmeal bubuk dengan madu hingga membentuk pasta yang halus. Aplikasikan ke seluruh area punggung, diamkan selama 20 menit, sebelum kamu bilas hingga benar-benar bersih.


3. Minyak kelapa



(Minyak kelapa bisa bantu menghilangkan jerawat punggung. Foto: Dok. Tijana Drndarski/Pexels)


Kalau kamu ingin menghilangkan jerawat di area punggung, minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat atau lauric aicd yang bisa melawan mikroba penyebab kemunculan jerawat dan peradangan di area punggung. Cara memanfaatkannya juga mudah. Kamu hanya perlu menuangkan satu sendok makan minyak kelapa ke telapak tanganmu. Usapkan kedua tanganmu untuk berikan ekstra kehangatan, lalu pijatkan ke punggung hingga merata. Diamkan selama 30 menit sebelum kamu bilas sampai bersih. Lakukan secara rutin satu hingga dua kali sehari.


Jika ingin merawat jerawat punggung dari dalam (atau membutuhkan cara yang lebih mudah), kamu cukup mengonsumsi satu sendok makan minyak kelapa setiap pagi untuk merasa manfaat.


(Baca Juga: Ampuh! 10 Cara Mengencangkan Kulit Kendur)


4. Teh hijau


Masalah jerawat di bagian tubuh mana pun bisa diatasi dengan teh hijau. Kandungan catechins dalam teh hijau ini kaya akan antioksidan, anti-radang dan memiliki fungsi sebagai antibiotik. Selain itu, teh hijau memiliki kandungan polifenol bernama epigallocatechin gallate yang bisa menghilangkan jerawat sekaligus mengurangi minyak berlebih di area punggung.


Untuk memanfaatkan teh hijau sebagai obat penghilang jerawat punggung, kamu bisa membuat toner teh hijau. Caranya mudah, cukup mencelupkan dua sampai tiga kantung teh hijau ke air hangat selama 10 menit. Setelah hangat, diamkan sampai suhunya menurun dan tuang ke botol semprotan. Lalu, kamu bisa menggunakannya dalam rangkaian skincare-mu setiap hari.


5. Kunyit



(Kunyit mengandung curcumin untuk mengurangi radang di kulit. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


Sudah pasti tak boleh melewatkan bahan alami satu ini untuk menghilangkan jerawat di area punggung. Kandungan curcumin dalam kunyit bisa menjadi andalanmu untuk mengurangi radang di kulit dan mengurangi mikroba penyebab jerawat sehingga kondisi kulit punggung lebih halus serta bebas jerawat.


Kamu hanya perlu mencampurkan dua sendok teh bubuk kunyit dan air secukupnya. Pastikan tercampur hingga membentuk pasta kental, aplikasikan ke seluruh punggung hingga merata. Diamkan selama 20-30 menit dan bilas hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa mengaplikasikannya setiap hari.


(Baca Juga: Coba 4 Produk Masker Wajah Ini Untuk Atasi Kulit Bertekstur)


Itu dia beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat di punggung. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


Hair & beauty