Food & travel

It's Real! Ini 5 Lokasi Syuting Film yang Bisa Kamu Kunjungi

By : Her World Indonesia - 2023-11-24 15:00:02 It's Real! Ini 5 Lokasi Syuting Film yang Bisa Kamu Kunjungi

Kamu pernah enggak ngebayangin pergi ke tempat yang sama persis dengan film yang baru saja kamu tonton? Pastinya akan sangat seru bila dapat mengunjungi lokasi syuting film dalam kehidupan nyata, bukan?


Ternyata, kamu bisa, loh, megunjungi beberapa lokasi pembuatan film. Berikut ini adalah lokasi syuting film yang bisa kamu kunjungi. Penasaran? Yuk, dicek!


(Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Bangka Belitung)


1. Cape Town, Afrika Selatan


(Cape Town, Afrika Selatan. Foto: Dok. Niklas Eichler/Pexels)

Bagi kamu penggemar film One Piece Live Action, Cape Town dapat menjadi destinasi wisata yang pas untuk dikunjungi. Sebagian besar film adaptasi manga karya Eiichiro Oda ini dilakukan di ibu kota Afrika Selatan, Cape Town. Mungkin nantinya akan terdapat tempat yang tidak 100% sama dengan film karena beberapa set telah diubah dan disesuaikan dengan manga One Piece.


Di kota inilah beberapa set memorable film One Piece Live Action dilakukan, di antaranya adalah set Desa Kincir Angin, kapal Going Merry, dan set restoran terapung, Baratie, di mana Luffy bertemu dengan Sanji. 


Jika kamu berminat untuk berpelesir ke kota ini, kamu dapat memilih perjalan ke Kota Cape Town. Lalu, dari Bandara Internasional Cape Town kamu tinggal menuju ke pusat kota yang jaraknya sekitar 20 km. 


2. Gunung Avatar, China


(Gunung Avatar, China. Foto; Dok. Robynne Hu/Unsplash)


Di dalam film Avatar, terdapat pegunungan melayang yang disebut The Hallelujah Mountains. Pegunungan ini terdiri dari beberapa gunung yang melayang di udara di atas Pandora. Gunung-gunung ini sering bertabrakan di tengah udara dan disebut sebagai Thundering Rocks oleh suku Na'vi.


Ternyata, film Avatar mengambil rujukan dari bukit-bukit yang ada di Taman Nasional Zhangjiajie, Kota Zhangjiajie, Hunan, China. Jika sedang ada kabut, bukit-bukit yang menjulang tinggi ini akan terlihat seperti melayang, layaknya pegunungan yang ada di film Avatar. Terdapat ratusan bukit yang ada di tempat ini dan paling tinggi bisa mencapai 400 meter. 


Jika kamu ingin mengunjungi Taman Nasional Pegunungan Tianmen, Zhangjiajie, China, maka kamu harus siap menghadapi jalanan yang berkelok dan penuh tikungan tajam. Jadi, tidak perlu jauh-jauh ke Pandora karena di China pun kamu sudah bisa merasakan keindahan dunia Avatar.


(Baca Juga: 8 Destinasi Terbaik untuk Berlibur Bersama Ibu Tercinta)


3. Alnwick Castle, Inggris


(Alnwick Castle, Inggris. Foto: Dok. Swati Kedia/Unsplash)

Potterhead (sebutan bagi penggermar film Harry Potter) wajib banget mengunjungi Alnwick Castle. Kastil terbesar kedua di Inggris ini merupakan salah satu tempat pengambilan scene untuk film Harry Potter pertama, yaitu Harry Potter and Sorcerer's Stone. Di dalam film pertama ini, kamu dapat melihat Harry yang belajar menggunakan sapu terbang di halaman Alnwick Castle. Kastil ini juga kembali muncul dalam film Harry Potter kedua, saat Ron mengendarai mobil terbang.


Kastil yang terletak di Northumberland ini juga menyediakan pelatihan menggunakan sapu terbang di halaman kastil saat musim panas. Selain itu, biasanya akan ada orang yang berdandan menyerupai Harry Potter dan Rubeus Hagrid untuk membacakan dongeng kepada anak-anak yang datang ke tempat ini.


4. Angkor Wat, Kamboja


Angkor Wat menjadi salah satu pilihan lokasi syuting yang bisa kamu kunjungi. Menjadi lokasi syuting film Lara Croft: Tomb Raider, tempat satu ini menyimpan keindahan puing-puing candi yang sangat mengagumkan. Di pagi hari, kamu dapat melihat sunrise dengan pemandagan yang cantik sembari merasakan kesejukan dari Angkor Wat.


Jika tidak puas dengan pemandangan matahari terbit, kamu juga bisa mengabadikan momen saat melihat matahari terbenam di tempat ini. Salah satu warisan dunia dari UNECO ini memiliki luas 200 km persegi sehingga tidak cukup untuk menjelajahinya hanya dalam satu hari saja. 


5. Punthuk Setumbu, Indonesia


(Salah satu lokasi syuting yang bisa kamu kunjungi di Indonesia adalah Punthuk Setumbu. Foto: Dok. Bayu Anggoro/Unsplash)

Bukan hanya lokasi syuting di luar negeri yang bisa kamu kunjungi, di Indonesia pun juga ada. Salah satunya adalah lokasi syuting film Ada Apa dengan Cinta? 2 di Punthuk Setumbu yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah. Di dalam film AADC 2, terdapat adegan di mana Rangga mengajak Cinta untuk untuk melihat matari terbit. Nah, lokasinya ini ada di Punthuk Setumbu.


Tidak sulit untuk menemukan Punthuk Setumbu karena lokasinya yang dekat dengan Candi Borobudur. Nantinya kamu membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke puncak Punthuk Setumbu. Jika beruntung, maka kamu dapat melihat matahari pagi secara perlahan menampakkan dirinya di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Sangat indah, bukan?


(Baca Juga: 10 Tempat Wisata Menarik di Adana dan Antalya, Turki)


Itu dia beberapa lokasi syuting yang bisa kamu kunjungi. Kira-kira lokasi mana, nih, yang bakalan masuk ke list liburan kamu selanjutnya?


(Penulis: Romy Boy)

Food & travel