Ketahui 4 Penyebab Kaki Kram Saat Tidur, Wajib Tahu!


  • Ketahui 4 Penyebab Kaki Kram Saat Tidur, Wajib Tahu!
    Berbagai penyebab tak terduga dari kram kaki. (Foto: Dok. Cottonbro Studio/Pexels)

    Pernah kah kamu merasakan kram kaki terutama bagian betis saat tidur pada malam hari? Hal ini banyak sekali terjadi pada siapa saja, tidak hanya sekali atau dua kali tapi ada juga yang terlalu sering mengalami kram saat tidur. Jika kamu bertanya-tanya penyebab dari kram kaki saat tidur yang sangat mengganggu, Her World akan membahasnya pada artikel ini, simak terus, ya!.


    1. Jarang Bergerak




    Jika kamu memiliki aktivitas bergerak yang sedikit maka dapat meningkatkan risiko mengalami kram kaki saat tidur. Pada saat bekerja atau kamu yang masih pelajar dan mahasiswa, mayoritas waktu kamu digunakan untuk duduk dalam waktu yang lama. Tidak hanya duduk dalam waktu yang lama, berdiri dalam waktu yang lama pun dapat meningkatkan risiko kram kaki saat tidur. Solusi terbaiknya adalah melakukan peregangan sebelum tidur malam untuk meregangkan otot-otot yang kaku.


    2. Dehidrasi


    Ketahui 4 Penyebab Kaki Kram Saat Tidur, Wajib Tahu!

    (Manusia membutuhkan minimal dua liter air putih per hari. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


    Siapa sangka jika kekurangan cairan dalam tubuh dapat meningkatkan risiko kram kaki saat tidur. Kondisi badan yang dehidrasi membuat otot tegang dan berkontraksi saat tidur, pastikan kamu minum delapan gelas sehari untuk menghidrasi tubuh kamu. 


    (Baca Juga: Suka Lapar Tengah Malem? Ini 6 Camilan Yang Bisa Dicoba)


    3. Obat-obatan


    Efek samping dari obat-obatan tertendu dapat menyebabkan kram kaki saat tidur. Terutama bagi kamu yang mengonsumsi obat tekanan darah, obat penurun kolesterol, pil KB, obat untuk penyakit paru obstruktif kronik, dan diuretik. 


    4. Kondisi Medis Tertentu


    Pengidap penyakit gagal ginkal akut, penyakit ginjal kronis, diabetes, anemia, gula darah rendah, psirosis, gangguan tiroid, dan osteoarthritis. Memiliki risiko tinggi mengalami kram kaki saat tidur.


    Itu dia empat penyebab yang memungkinkan kamu mengalami kram kaki saat tidur. Untuk mencegahnya adalah dengan beraktivitas yang cukup (tidak kurang dan berlebih), melakukan peregangan sebelum tidur, dan pastikan kebutuhan air dalam tubuh tercukupi dengan minum air putih. 


    (Baca Juga: Coba 7 Cara Ini Untuk Mengatasi Ngantuk di Kantor)


    Pada saat kaki kamu kram, jangan panik dan lakukan peregangan otot betis dengan menekuk kaki ke atas dan goyangkan kaki lalu pijat lembut bagian kramnya. Posisikan kaki lebih tinggi dari badan saat tidur dan bila rasa sakit yang dirasakan berlebihan maka minumlah obat penghilang rasa sakit. 


    (Penulis: Nada Kamiliya) 






 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below