Hair & beauty

4 Alasan Adanya Jerawat Pada Hidung, Penasaran?

By : Her World Indonesia - 2023-11-16 23:10:01 4 Alasan Adanya Jerawat Pada Hidung, Penasaran?

Entah itu menurunkan rasa percaya diri atau membuat kamu merasa tidak cantik, itulah perasaan yang bisa muncul saat kamu mempunyai jerawat. Apalagi ketika jerawat terletak di tempat yang paling terlihat jelas di wajah kamu, yaitu di hidung. Her World akan membahas empat penyebab munculnya jerawat pada hidung dan cara mencegahnya.


Sebelum itu, kamu harus mengetahui satu fakta penting. Kamu mempunyai bagian wajah yang cenderung lebih berminyak daripada bagian lainnya. Bagian inilah yang dikenal sebagai T-Zone. Terdiri dari kening, hidung, dan dagu, ini merupakan bagian yang cenderung penuh lebih berminyak dari bagian wajah lainnya seperti pipi. 


(Baca Juga : Maudy Ayunda Resmi Luncurkan Brand Skincare From This Island)


1. Fluktuasi Hormon


Perubahan hormon pada tubuh dapat membuat wajah berjerawat. Saat seorang wanita sedang melewati fase datang bulan, hormon pada tubuh akan berubah. Ketika itu terjadi, terdapatlah jerawat pada wajah, tak terkecuali di area hidung.


2. Meningkatnya Stres

(Stress dapat menyebabkan adanya jerawat pada wajah. Foto: Dok. Anna Shvets/ Pexels)


Percaya atau tidak, stress itu sangat mempengaruhi tubuh seseorang. Ketika kamu sedang berada di fase yang banyak pikiran, mungkin karena pekerjaan atau cerita cinta kamu sedang tidak baik-baik saja, jerawat akan muncul. Mungkin kemunculan jerawat di area hidung bisa kamu jadikan sinyal bahwa dirimu sedang tidak baik-baik saja.


3. Sering Di Pegang


Mungkin kamu tanpa disadari sering menyentuh wajahmu. Terasa risih dengan hidung kamu yang belum kamu facial atau komedo yang terlihat jelas pada kaca. Namun, tangan  itu penuh dengan bakteri. Meskipun sudah mencuci tangan, tetap saja pasti ada waktu dimana kamu secara tidak sengaja menyentuh wajah kamu sehingga menimbulkan jerawat.


4. Memilih Produk yang Tidak Tepat


Kamu melihat iklan tentang produk ini dan sangat ingin mencoba menggunakannya. Namun, sebelum itu kamu tidak melakukan patch atau percobaan pada kulit sehingga menimbulkan purge atau break out jerawat yang parah. Ini juga menjadi salah satu alasan yang menimbulkan jerawat pada hidung. 



(Baca Juga : Ciri-Ciri Tidak Cocok Memakai Serum, Kenali Tanda-Tandanya!)


Apa yang bisa dilakukan untuk mencegah hal-hal jerawat muncul di area hidung? Menjaga kebersihan dan secara perlahan mencari solusi. Jangan mencari solusi secara instan, tetapi bertahap. Mencuci muka dua hari sekali agar menjaga kebersihan dan mencegah kulit yang berminyak. Carilah obat jerawat yang cocok untuk kamu. Kalau jerawat yang ada pada hidung tidaklah banyak, coba menggunakan patch jerawat. Jika menurut kamu jerawat yang ada pada hidung kamu tidak sembuh, Her World sarankan untuk berkonsultasi ke dokter kulit atau dermatologist. Semoga bermanfaat!

Hair & beauty