Art Jakarta 2023: Keseruan Lebih dari Sebelumnya!


  • Art Jakarta 2023: Keseruan Lebih dari Sebelumnya!
    Art Jakarta memperkenalkan venue baru. (Foto: Dok. Art Jakarta)

    Art Jakarta akhirnya hadir sebentar lagi setelah penantian panjang. Pada tahun ini, pekan seni rupa kontemporer internasional ini dijadwalkan berlangsung pada 17-19 November 2023 di lokasi konvensi terkemuka, JIEXPO Kemayoran, di Jakarta Pusat.


    Art Jakart 2023 akan menghadirkan pameran lebih besar yang mencakup lebih banyak ekshibitor dibanding tahun sebelumnya, dengan total 68 galeri dari Indonesia (40) dan mancanegara (28) yang akan mengusung karya terbaru seniman mereka. Galeri mancanegara datang dari Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, Taiwan, Korea Selatan, China, Jepang, Rusia, dan Australia.




    Tiga Mitra Utama Art Jakarta 2023 adalah Julius Baer, institusi terdepan dalam sektor wealth management di dunia dengan tradisi panjang sebagai patron seni; UOB Indonesia, institusi perbankan regional sekaligus pendukung seni rupa yang konsisten mewujudkan komitmennya di Asia Tengara. Serta Bibit, aplikasi investasi digital pemenang penghargaan yang mendorong literasi finansial di seluruh Indonesia. Ketiga mitra ini seluruhnya berkolaborasi dengan seniman-seniman berbakat, antara lain menghadirkan karya pemenang penghargaan dan karya komisi yang akan tampil perdana. 


    Art Jakarta 2023: Keseruan Lebih dari Sebelumnya!

    (Tampilan UOB Art Space pada Art Jakarta 2023. Foto: Dok. Art Jakarta)


    Tom Tandio, Fair Director. Mengungkapkan “senang sekali tahun ini Art Jakarta bisa tampil di venue baru, JIEXPO Kemayoran, kami menyemai harapan baru seiring kepindahan ke lokasi yang lebih besar ini yang memungkinkan kami terlibat dengan lebih banyak kolaborasi dan mendatangkan karya-karya instalasi lebih besar. Kami khususnya bangga memperoleh dukungan besar dari sehimpunan mitra yang berjajar bersama kami, semuanya menyajikan proyek atau presentasi hasil kolaborasi dengan para seniman di tempat masing-masing dalam satu area yang terintegrasi. Kami percaya edisi tahun ini akan melampau harapan para pengunjung. Selain itu, kolektor dari mancanegara juga akan hadir dalam jumlah lebih besar mengingat bulan-bulan ini adalah kuartal keempat, musim yang lebih mendukung ketimbang jadwal kami sebelumnya di bulan musim panas.”


    (Baca Juga: Saksikan Karya Van Gogh di Van Gogh Alive Mall Taman Anggrek)


    Pada tahun ini, kolabirasi Art Jakarta dengan para mitra dikategorikan menjadi tiga hal yaitu penghargaan, presentasi, dan AJX. Penghargaan dalam Art Jakarta 2023 adalah para mitra akan menghadirkan karya yang baru saja menjadi pemenang penghargaan, Julius Baer. Presentasi istimewa dibawakan oleh mitra Art Jakarta yang meliputi proyek-proyek seru, seperti Bibit yang menyajikan Glass House oleh Syagini Ratna Wulan, sebuah pengembangan dari Lost Verses yang ditampilkan di Venice Biennale 2019.


    Art Jakarta 2023: Keseruan Lebih dari Sebelumnya!

    (Art Jakarta hadir dengan venue baru yang lebih seru. Foto: Dok. Art Jakarta)


    NOC/Turne oleh Jeffi Manzani, TACO, dalam kolaborasi dengan Park Jihyun, menggubah narasi baru untuk barang habis pakai dan memanfaatkan sebuah produk baru dari TACO yang akan dirilis. Selanjutnya Blue Label mengusung karya IN/TOUNGE/IBLE oleh Rebellionik, menyajikan pengalaman spesial dan cita rasa yang tak biasa dalam sebuah instalasi. Terakhir The Mini Musa, konsep mobil seni yang mengangkat harmoni alam, kamuflase, dan adaptasi mimikri, dengan memanfaatkan Tillandsia usneoides (janggut musa). 


    AJX merupakan prakarsa kolaboratif antara Art Jakarta dan institusi atau perusahaan swasta untuk menyajikan koleksi karya di hadapan publik. AJX menyajikan ASEAN-KOREA partnership Project for Innovative Culture (PIC), yang memamerkan karya dari seniman ASEAN-KOREA melalui koleksi galeri untuk menyampaikan gambaran tentang pemetaan dan hubungan di dunia seni rupa ASEAN-KOREA. 


    Art Jakarta 2023: Keseruan Lebih dari Sebelumnya!

    (Art car persembahan Mini yang akan hadir di Art Jakarta. Foto: Dok. Art Jakarta)


    Hadir pula pameran Vice Versa yang menampilkan potret-potret seniman Indonesia oleh Indra Leonardi yang diambil selama bertahun-tahun, dan respons para seniman dalam spirit kolaboratif terhadap karya potret tersebut, mengilaskan persahabatan dan relasi kreatif mereka.


    (Baca Juga: Yuk, Intip Keseruan Jakarta Coffee Week 2023 di ICE BSD!)


    Selain sajian istimewa bersama para mitra di atas, Art Jakarta 2023 mengusung program yang terbukti menjadi unggulan setiap tahunnya. Gallery, segmen utama Art Jakarta menyambut hangat ekshibitor yang terdiri atas 40 galeri dari Indonesia dan 28 galeri mancanegara. Spot, platform untuk presentasi istimewa berupa instalasi seni yang telah disesuaikan khusus untuk pekan seni ini. Play by UOB Indonesia, dirancang khusus untuk menyediakan area bermain bagi anak-anak, mengasah kreativitas, kepekaan, dan imajinasi melalui beragam kegiatan. Scene, segmen khusus bagi kolektif seniman dan nirlaba untuk menggalang dana dalam upaya mereka. AJ Talk, platform bagi para ahli, pengamat, seniman, kolektor, dan kurator, untuk berbincang serta berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada pengunjung.


    Bagi kamu yang tidak sabar mengunjungi acara yang ditunggu-tunggu tahun ini, kamu dapat membeli tiketnya sejak 1 November 2023 di artjakarta.com 



    (Penulis: Nada Kamiliya)






 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below