Life & health

Saksikan Karya Van Gogh di Van Gogh Alive Mall Taman Anggrek

By : Natasha Fitrand - 2023-07-11 18:00:01 Saksikan Karya Van Gogh di Van Gogh Alive Mall Taman Anggrek

Kamu penggemar seni terutama karya-karya seniman Van Gogh? Atau kamu sedang mencari kesibukan dan aktivitas yang unik di weekend ini? Mall Taman Anggrek, Jakarta bisa jadi tempat tujuan kamu untuk mengisi waktu luang karena kini telah hadir Van Gogh Alive, pengalaman multi-sensori yang menampilkan mahakarya seniman Van Gogh untuk menghibur seluruh keluarga. Diciptakan dan diproduksi oleh Grande Experience, Van Gogh Alive yang sudah menginspirasi lebih dari 8 juta orang di 70 kota seluruh dunia ini sekarang telah dibuka di Indonesia sejak 7 Juli 2023 hingga 9 Oktober 2023.


Bagi kamu yang belum cukup familier dengan Van Gogh dan ingin memperluas pengetahuan senimu, berikut adalah 10 fakta menarik mengenai Van Gogh.


(Grand opening Van Gogh Alive di Mall Taman Anggrek Jakarta. Foto: Dok. Van Gogh Alive Indonesia)

(Van Gogh Alive di Mall Taman Anggrek Jakarta. Foto: Dok. Van Gogh Alive Indonesia)

10 Fakta Menarik Van Gogh 


(Lukisan potret diri Van Gogh. Foto: Dok. World History Encyclopedia)

1. Vincent Willem van Gogh lahir pada 30 Maret 1853 di Zundert, Belanda, dan wafat pada 29 Juli 1890 di Auvers-sur-Oise, Prancis di usia 37 tahun.

2. Dalam kurun waktu 10 tahun, Van Gogh berhasil menciptakan sebanyak 2.100 karya seni termasuk 900 lukisan.

3. Van Gogh diakui memiliki gaya seni post-impressionist dengan teknik menggunakan cat minyak.

4. Pada awal mula memulai kariernya sebagai pelukis, Van Gogh banyak mengambil inspirasi dari karya seni khas Jepang.

5. Selama hampir seluruh hidupnya, Van Gogh menderita penyakit kejiwaan.

6. Akibat depresi dan pertikaian yang ia alami, Van Gogh memotong telinganya sendiri yang kemudian ia lukis pada lukisan berjudul “Self-Portrait with Bandaged Ear”.

7. Mahakarya Van Gogh paling ikonis “The Starry Night” ia lukis selama berada di rumah sakit jiwa Saint-Remy-de-Provence di Prancis.

8. Banyak spekulasi yang menyatakan Van Gogh menembak dirinya sendiri pada 27 Juli 1980, dimana ia tidak berhasil disembuhkan oleh dokter sehingga pada akhirnya meninggal dunia dua hari setelahnya.

9. Van Gogh hanya berhasil menjual satu lukisan selama hidupnya, yaitu “The Red Vineyards Near Arles”.

10. Sekitar 11 tahun setelah kematiannya, karya seni Van Gogh mulai mendapatkan pengakuan hingga saat ini disebut sebagai lukisan termahal yang pernah terjual dalam sejarah, yaitu sebesar 171,1 juta dolar Amerika Serikat di tahun 2022.


(Baca Juga: Saat Weekend, Ini 4 Museum Yang Wajib Dikunjungi di Jakarta)


(Galeri imersif Van Gogh Alive di Mall Taman Anggrek Jakarta. Foto: Dok. Van Gogh Alive Indonesia)

Mengingat banyaknya ketertarikan mengenai karya-karya Van Gogh dan kisah kehidupan sang seniman yang tragis namun inspiratif, Van Gogh Alive hadir bukan sebagai pameran seni biasa. Dari awal hingga akhir, pengunjung pameran akan dikelilingi oleh simfoni cahaya, warna, suara, dan aroma yang semarak, yang disebut-sebut sebagai pengalaman multi-sensori yang tidak terlupakan. Karya-karya besar Van Gogh seperti “The Starry Night” yang ikonis, “Almond Blossom”, “Irises”, dan “Café Terrace at Night” menjadi hidup, memberi pengunjung sensasi seperti masuk ke dalam lukisannya.

Pengunjung juga berkesempatan untuk melihat sumber inspirasi Van Gogh melalui foto dan video yang dipajang di samping karya-karyanya. Ada pula penjelasan sejarah singkat mengenai tiap lukisan terbaik Van Gogh, untuk menunjukkan makna di balik tiap lukisan yang digambar dan memberikan sudut pandang baru mengenai sang seniman.


(Galeri imersif Van Gogh Alive di Mall Taman Anggrek Jakarta. Foto: Dok. Van Gogh Alive Indonesia)

Highlight Van Gogh Alive terletak pada galeri imersif SENSORY4™ yang canggih dari Grande Experiences, yaitu ruang pameran yang dirancang khusus untuk memungkinkan proyeksi gambar yang sangat jernih. Lebih dari 3.000 gambar inspiratif termasuk lukisan Van Gogh tampil diiringi musik klasik yang menggugah, membuat pengalaman tiap pengunjung makin imersif. Pada galeri SENSORY4™ ini, pengunjung bisa menikmati proyeksi gambar dengan santai, atau mencari sudut-sudut unik untuk mengambil gambar yang cantik bersama lukisan Van Gogh. Tentu saja, Van Gogh Alive tidak hanya bisa dinikmati oleh orang dewasa tetapi juga anak-anak yang bisa menjadi sumber inspirasi bagi mereka.


(Baca Juga: Mahakax dan Hallu Hadirkan Museum Patah Hati di Jakarta)


Sebelum pembukaannya, Van Gogh Alive sudah berhasil menjual sebanyak 50.000 tiket. Harapannya, pengunjung Van Gogh Alive bisa mencapai target angka sebanyak 300.000 orang di bulan Oktober. Hal ini tidak hanya sebagai upaya untuk meningkatkan pariwisata di Jakarta, tetapi juga turut meramaikan Mall Taman Anggrek serta menjadi sumber edukasi dan entertainment yang tidak terlupakan kepada para pengunjung.

Tertarik untuk mengunjungi Van Gogh Alive? Pameran ini dibuka untuk umum mulai 7 Juli hingga 9 Oktober 2023 dan buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB. Tiket tersedia di situs web resmi Van Gogh Alive https://vangogh.co.id/reserve/tiket dan platform tiket lainnya, dengan harga Rp 218.000 per orang di hari kerja dan Rp 243.200 per orang di akhir pekan.


Come see it for yourself, and feel the magic of Van Gogh’s masterpieces!



Life & health