Life & health

Rayakan Hari Batik Nasional Bersama Ibu Wury Ma’ruf Amin

By : Her World Indonesia - 2023-10-19 16:00:01 Rayakan Hari Batik Nasional Bersama Ibu Wury Ma’ruf Amin

Pada tanggal 02 Oktober 2023, Hari Batik Nasional diadakan kembali setelah hiatus selama dua tahun silam. Pandemi yang melanda seluruh dunia memiliki dampak yang sangat signifikan, tak terkecuali sektor industri batik. Dengan acara yang bertema “Batik Bangkit “, Yayasan Batik Indonesia mengharapkan kembalinya industri batik dari segala aspek. Adanya beragam aktivitas yang bisa dilakukan dan adanya peresmian Museum Batik Indonesia. Kehadiran Ibu Wury Ma'ruf Amin, istri dari Wakil Presiden Indonesia, menjadikan perayaan Hari Batik Nasional 2023 tak terlupakan.


( Ibu Shanty Leksono berbicara pada saat konferensi pers Hari Batik Nasional 2023. Foto: Dok. Yayasan Batik Indonesia)


( Baca Juga : 4 Fakta Menarik Batik yang Wajib Kamu Ketahui)


Kedatangan Ibu Wury Ma’ruf Amin, istri dari Wakil Presiden Indonesia, menjadi sorotan dari acara Hari Batik Nasional 2023. Puncak dari acara pembukaan ini ditandai dengan Ibu Wury Ma’ruf Amin membatik dengan teknik mencanting kain batik motif IKN. Didampingi oleh Bapak Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Ibu Shanty Leksono, ketua pelaksana Hari Batik Nasional 2023, Ibu Diana Sentosa, selaku Wakil Ketua Yayasan Batik Indonesia, dan penggiat batik yang berbakat dari seluruh nusantara.


Yayasan Batik Indonesia sejak dulu mempunyai misi utama untuk pelestarian, perlindungan, pengembanga, dan pewartaan batik nasional sebagai warisan bangsa Indonesia. Misi tersebut sangatlah terlihat di ajang perayaan Hari Batik Nasional kali ini. Adanya berbagai ragam aktivitas yang menarik dan sesuai dengan tema “Batik Bangkit”. Pemecahan rekor muri membatik merupakan aktivitas dimana 125 pengrajin batik yang berbakat dan sudah terkurasi dari seluruh Indonesia memecahkan rekor MURI “ Membatik Secara Serentak dengan Motif Terbanyak “. Ada pula kompetisi karya tulis ilmiah tentang batik yang mempunyai tujuan untuk mengedukasi. Untuk membantu para pengrajin batik perempuan di tanah air, ada bantuan berupa sumbangan yang dilakukan melalui pelelangan motor Vespa dan mobil listrik. Berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, terdapat pengenalan edukasi batik kepada para pelajar di Museum Batik Indonesia.



( Baca Juga :Produk UMEDA untuk Rumah Tangga Indonesia, Ingin Punya?)

Tidak menyiakan peluang, Hari Batik Nasional 2023 juga dijadikan hari untuk grand launching Museum Batik Indonesia. Museum ini akan menjadi pusat informasi dan edukasi semua tentang batik untuk masyarakat. Keberadaan museum ini menunjukkan betapa besarnya komitmen YBI terhadap agenda mereka. Tak hanya ingin membangkitkan industri batik, tetapi juga mengedukasi ke generasi yang akan datang betapa pentingnya batik. Berencana di masa depan untuk mengadakan acara yang seru dan juga relevan untuk anak muda. Menjadikan batik sebuah identitas dan tidak hanya suatu tren, bangga akan warisan nenek moyang.



(Penulis : Ruby Ishak)


Life & health