Life & health

Berbahaya! Ini 4 Dampak Kopi Hitam Untuk Anak-Anak

By : Her World Indonesia - 2023-01-27 18:00:02 Berbahaya! Ini 4 Dampak Kopi Hitam Untuk Anak-Anak

Saat ini, kopi nampaknya sedang menjadi minuman yang banyak digemari oleh seluruh masyarakat bahkan sudah menjadi kebiasaan sebagian besar orang. Begitu juga dengan kehadiran kopi ready to drink yang semakin marak. Kebiasaan minum kopi ini nampaknya juga digemari oleh berbagai kalangan dan usia. Faktanya kopi ternyata tidak boleh dikonsumsi untuk segala jenis usia terkhususnya anak anak.

Berikut ini Her World rangkumkan dampak bahaya yang ditimbulkan kopi hitam untuk anak-anak. Let’s take a look!


1. Sulit tidur dan hiperaktif

(Kopi sebebkan anak insomnia, dan rewel. Foto: Dok. gpointstudio/Freepik)


Seperti yang kita semua tahu, kopi memiliki kandungan kafein yang sangat tinggi. Kafein ini dapat menghambat otak anak-anak untuk mengatur tidur sehingga dapat menyebabkan anak menjadi insomnia. Tidak hanya itu, kafein juga dapat meningkatkan produksi hormon adrenalin yang membuat anak-anak cenderung hiperaktif dan rewel. Hal ini tentunya sangat berbahaya, karena anak-anak masih membutuhkan banyak tidur yang cukup untuk membantu masa pertumbuhannya.


2. Kerusakan gigi

(Kopi sebebkan kerusakan gigi pada anak. Foto: Dok. tonodiaz/Freepik)


Siapa yang menyangka, kopi hitam ternyata dapat menyebabkan kerusakan gigi pada anak-anak. Hal ini dikarenakan email gigi pada anak yang belum cukup kuat terhdap sifat asam pada kopi. Bukan hanya itu, mengonsumsi kopi hitam pada anak juga dapat mengganggu penyerapan kalsium yang dibutuhkan oleh gigi.


(Baca Juga: Kebiasaan Minum Kopi, Apakah Baik Atau Buruk?)


3. Penurunan nafsu makan


(Kopi membuat nafsu makan turun. Foto: Dok. pch.vector/Freepik)



Gizi dan nutrisi merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk anak-anak terutama mereka yang sedang mengalami fase pertumbuhan. Pada fase ini sangat disarankan untuk tidak memberikan kopi hitam pada anak. Hal ini dikarenakan kopi hitam dapat menurunkan nafsu makan anak-anak yang malah dapat menyebabkan mereka kehilangan nutrisi dan gizi yang dibutuhkannya.


4. Gangguan irama jantung


(Kopi tidak baik untuk anak. Foto: Dok.Freepik)


Kopi hitam memang terbilang sangat efektf untuk membantu orang dewasa tetap terjaga, karena dapat memicu jantung yang menyebabkan tidak mengantuk. Efek ini ternyata merupakan sesuatu yang berbahaya bila dialami oleh para anak-anak karena malah dapat menyebabkan gangguan irama pada jantung anak.


(Baca Juga: Ternyata, Ini Efek Kafein Pada Kulit)


Berikut itu Her World telah rangkumkan beberapa dampah berbahaya kopi untuk anak-anak. Semoga bermanfaat.


(Penulis: Brigitta T.Halim)

Life & health