Sex & relationship

4 Perilaku Ini Yang Bisa Bikin Hubungan Cepat Putus

By : Vanessa Masli - 2023-01-26 10:00:01 4 Perilaku Ini Yang Bisa Bikin Hubungan Cepat Putus

Ada banyak cara untuk mempertahankan sebuah hubungan. Mulai dari effort yang diberikan satu sama lain hingga perilaku masing-masing punya andil dalam membuat hubungan bertahan. Sebaliknya, ada banyak cara dan faktor yang juga bisa bikin hubungan cepat putus dalam satu kali kedipan mata.


Perilaku kamu maupun dia bisa jadi salah satu faktor hubungan yang terjalin begitu lama (maupun sebentar) harus berakhir. Jadi, agar hubunganmu bisa bertahan lama dan mungkin berlanjut ke jenjang yang lebih serius, perilaku-perilaku yang bisa bikin hubungan cepat putus ini harus dihindari. Penasaran apa saja? Simak rangkuman Her World di bawah ini.


1. Larut dalam masa lalu


Mungkin ada momen-momen di masa lalu yang masih membekas dalam hatimu. Apalagi kalau pengalaman tersebut menjadi titik balik yang mengubah pribadi kamu, entah jadi memiliki trust issue atau justru sulit untuk benar-benar sembuh dari luka akibat hubungan sebelumnya.


Namun, saat kamu menjalin hubungan baru dengannya dan masih membawa luka-luka di masa lalu, kamu seperti membawa bom waktu yang siap meledak sekaligus mengakhiri hubunganmu di dalamnya.


2. Selalu defensif


Komunikasi jadi salah satu kuncian dalam hubungan tapi kalau obrolannya yang semakin dalam dan dekat, hindari sikap selalu defensif. Mungkin dia mengatakan hal tersebut tanpa ada intensi buruk, hanya sekadar memberi pendapat atau berusaha mengenal dirimu lebih baik.


Jadi, kalau kamu selalu defensif setiap kali obrolannya semakin dalam dan menutup diri, kamu juga perlahan menutup peluang dalam mempertahankan hubungan tersebut.



(Selalu defensif ketika obrolan semakin dalam. Foto: Dok. Ketut Subiyanto/Pexels)


(Baca Juga: Ada 4 Ciri-Ciri Pasangan Yang Sudah Bosan Dalam Hubungan)


3. Harus selalu benar


Memang dia hanya manusia yang pasti punya salah dan kekurangan, tapi kamu juga manusia jadi enggak jauh berbeda. Jadi, hindari merasa selalu benar atau harus selalu dibenarkan saat sebenarnya kamu pun salah dalam situasi tersebut. Perilaku ini yang lama-lama bisa bikin hubunganmu cepat putus karena kamu sendiri sulit untuk mengakui kalau ada saat-saatnya kamu juga salah.


4. Enggak bersyukur


Kalau kamu banyak mengeluhkan hal-hal tentang pasanganmu, tapi jarang sekali bersyukur akan kehadirannya dalam hidupmu, selamat kamu mempersiapkan hubungan ini untuk putus lebih cepat. Sebab, dalam hubungan penting untuk menunjukkan apresiasi terhadap satu sama lain sehingga kalau aspek tersebut hilang, hubunganmu juga perlahan akan menghilang.


(Baca Juga: 15 Kata-Kata Yang Paling Menyakitkan Buat Pacarmu)


Itu dia beberapa perilaku yang bisa bikin hubungan cepat putus dan harus kamu hindari. Semoga bermanfaat!


Sex & relationship