Life & health

Coba 6 Kebiasaan Ini Untuk Mengecilkan Perut Yang Buncit

By : Vanessa Masli - 2023-01-12 13:00:01 Coba 6 Kebiasaan Ini Untuk Mengecilkan Perut Yang Buncit

Kalau perutmu terlihat buncit karena terlalu banyak angin yang tersimpan alias kembung atau bloating, pasti sudah tak asing dengan rasa tak nyaman atau bahkan nyeri yang bisa mengganggu keseharianmu. Mungkin banyak perawatan yang kamu lakukan atau makanan yang diperhatikan untuk mengecilkan perut buncit dan kembung.


Namun, semua yang berusaha kamu upayakan belum tentu bisa mengecilkan perut buncit tanpa mencoba beberapa kebiasaan ini. Jadi, buat kamu yang ingin mengecilkan perut buncit akibat kembung, Her World sudah merangkum beberapa kebiasaan untuk kamu coba. Penasaran apa saja?


1. Pelan-pelan kalau makan


Mungkin kamu kelaparan, apalagi bangun pagi terlambat dan belum sempat sarapan. Rasanya ingin makan cepat-cepat untuk mengenyangkan perut sehingga mungkin kamu langsung melahap santapan di depan mata. Namun, sebenarnya kamu mengejutkan sistem pencernaan untuk memulai prosesnya.


Tak jauh berbeda kalau kamu mendadak harus rutin berolahraga saat otot tubuhmu hampir tak pernah dilatih, hal ini berlaku pada sistem pencernaan yang dalam posisi kosong tapi dipaksa untuk makan dengan cepat.


Jadi, sekalipun perutmu sudah bunyi karena lapar, kamu pastikan mengunyah makananmu pelan-pelan. Kalau kamu berniat menghitung, kunyah makanan pun setidaknya 30 kali sebelum ditelan. Cara ini bisa membantu sistem pencernaan untuk menangkap sinyal sehingga prosesnya bisa dimulai tanpa membuat perut jadi membuncit dan kembung.


2. Kalau minum, hindari memakai sedotan



(Coba minum tanpa sedotan. Foto: Dok. Charlotte May/Pexels)


Perutmu yang membuncit dan kembung itu disebabkan karena angin mengisi area pencernaanmu. Selain kecepatan mengunyahmu yang harus dikurangi, cara minum juga memengaruhi kondisi perutmu. Kalau terbiasa menggunakan sedotan, termasuk sedotan guna ulang alias reusable? Yep, kebiasaan ini harus kamu kurangi.


Tak hanya untuk lebih ramah terhadap lingkungan, tapi juga lebih ramah pada perut. Dengan menggunakan sedotan, kamu justru menelan lebih banyak angin dibandingkan kalau kamu minum langsung dari bibir gelas atau cangkir. Jadi sebenarnya, langkah untuk mengurangi penggunaan sedotan ini adalah win-win solution bagi lingkungan dan pencernaanmu, apalagi buat kamu yang perutnya gampang kembung.


3. Minum air putih di waktu yang tepat


Cara termudah untuk mengecilkan perut yang buncit dan mengurangi kembung adalah minum air putih banyak-banyak. Metode mudah (tapi mungkin jarang dilakukan ini) bisa membantumu hilangkan racun dan kotoran dari sistem pencernaanmu sehingga dapat bekerja dengan lebih optimal. Plus, ditambahkan irisan buah lemon bisa jadi opsi. Namun hal yang juga perlu kamu perhatikan adalah kapan harus meminum air putih tersebut.


Waktu yang tepat adalah satu gelas sebelum makan, lalu satu gelas saat makan, dan satu gelas setelah makan. Sisanya, kamu rutin minum sepanjang hari dan mungkin bisa ditukar dengan air kelapa, jika kamu bukan penggemar berat air putih. Plus, untuk melancarkan pencernaan, minum air putih dengan suhu ruangan atau hangat.


(Baca Juga: Selain Kurangi Nyeri Mens, Ini Manfaat Seledri Bagi Pemula)


4. Lakukan stretching ringan setelah makan



(Pose yoga downward dog bisa jadi opsi stretching setelah makan. Foto: Dok. Vlada Karpovich/Pexels)


Memang, tak ada yang lebih nikmat dari duduk di sofa dan bersantai setelah menyantap makan siang atau malammu. Namun, kebiasaan ini justru bisa mengubah kenikmatan makanan yang kamu makan jadi sumber gas yang bikin perut membuncit, kembung, dan sudah pasti jauh dari kata nyaman.


Setelah makan, hal yang bisa kamu coba untuk menghindari perut membuncit adalah mengambil waktu sekitar 10 sampai 20 menit untuk melakukan stretching dan pose yoga yang membantu proses pencernaan.

Mungkin salah satu pose yang bisa kamu coba adalah cat-cow. Kamu cukup meletakkan tangan di lantai atau matras, satu garis dengan pundak dan lutut berada tepat di bawah pinggul. Lalu, tarik napas dalam selagi kamu mengarahkan perut ke lantai selagi membusungkan dada dan pinggul ke atas (disebut dengan cow pose). Setelah itu, buang napas dan dorong dadamu ke arah langit-langit, mengarahkan pandanganmu ke arah pusar (disebut dengan cat pose).


5. Tambahkan jahe dalam smoothies-mu


Kalau menu sehatmu juga termasuk menjadikan smoothies sebagai menu sarapan, ada satu rempah yang bisa kamu tambahkan untuk jaga kondisi perut tetap kecil, bebas buncit dan kembung. Mungkin dalam bentuk bubuk atau memasukkan potongan jahe ke campuran smoothies-mu bisa membantu kecilkan perut yang buncit.


Jika mencampurkan jahe dalam smoothies-mu bukan hal yang kamu suka, coba seduh teh jahe sebagai opsi. Rempah satu ini bisa meredakan sistem pencernaan sehingga kondisi perutmu tetap terjaga.


6. Latihan mengencangkan otot perut



(Coba latih mengencangkan otot perut untuk merilekskan diafragma. Foto: Dok. Cottonbro Studios/Pexels)


Latihan sederhana yang bisa jadi solusi untuk mengecilkan perutmu yang buncit karena kembung. Sebab, perut yang membuncit bisa jadi karena area diafragma yang mengencang tapi otot perutnya dibiarkan rileks. Dengan latihan untuk mengencangkan otot perut ini, kamu membantu diafragma untuk sejenak lebih rileks.


Kamu bisa melatih otot perut dengan tidur telentang, tekuk kedua lutut dan biarkan telapak kaki berada di lantai. Pastikan seluruh tulang belakangmu menempel ke lantai atau matras, dorong pusar mendekati tulang punggung untuk mengencangkan otot perutmu selama 30 detik dan kembali rileks. Ulang latihan ini beberapa kali dan bisa dilakukan dimana saja. Pastikan kamu tak menahan napas dalam setiap gerakannya.


(Baca Juga: 3 Resep Detox Juice Yang Baik Untuk Kulit Wajah)


Beberapa kebiasaan ini perlu kamu coba untuk mengecilkan perut yang buncit dan mengurangi kembung. Semoga bermanfaat!



Life & health