Life & health

Ternyata Bukan dari Indonesia, Ini 4 Fakta Menarik Lato-Lato

By : Her World Indonesia - 2023-01-06 17:00:01 Ternyata Bukan dari Indonesia, Ini 4 Fakta Menarik Lato-Lato

Permainan lato-lato nampaknya sedang sangat digemari dan kembali viral di Indonesia. Bukan hanya dikalangan anak-anak, para orang dewasa pun juga penasaran untuk memainkan permainan yang satu ini. Lato-lato sendiri merupakan permainan yang bertujuan untuk memantulkan dua bola yang tersambungkan oleh tali. Tidak sedikit juga orang yang bertanya-tanya menganai asal mainan yang sedang sangat diminati ini.

Berikut ini Her World rangkumkan fakta menarik mengenai lato-lato. Let’s take a look!

1. Bukan mainan tradisional Indonesia

(Lato-lato berasal dari Amerika Serikat. Foto: Dok. Groovy History)
Lato-lato memang bukan permainan yang baru ditemukan saat ini, banyak orang dewasa yang berpendapat pernah memainkan permainan ini saat masih kecil. Hal ini juga yang membuat banyaknya asumsi mengenai lato-lato sebagai mainan tradisional asal Indonesia. Faktanya lato-lato merupakan mainan yang sudah ada sejak tahun 1960-an, dan berasal dari negara Amerika Serikat. Awalnya permainan ini bernama clacker ball, seiring itu nama permainan ini juga berganti berdasarkan budaya masing-masing daerah.


2. Sempat dilarang

(Awalnya lato-lato menggunakan bahan dasar dari kaca. Foto: Dok. freepik)

Permainan yang sedang viral ini ternyata pernah dilarang dinegara asalnya. Bukan karena suaranya yang menimbulkan keributan, tapi karena permainan ini yang dianggap berbahaya. Hal ini dikarenakan, lato-lato pada awalnya terbuat dari kaca, bahan dasar ini mudah pecah yang menimbulkan serpihan yang dapat melukai para pemainnya terutama anak-anak.




3. Viral di Indonesia


Permainan lato-lato nampaknya memang pernah viral di Indonesia pada tahun 1990-an, dan seiring dengan berkembangnya media sosial saat ini ternyata lato-lato malah kembali mendapatkan antusiasme yang tinggi. Awal mulanya permainan ini banyak dikenal lagi ternyata ketika beredarnya video Presiden Jokowi bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mencoba memainkan lato-lato yang dimilki oleh salah satu warga di Subang.


4. Tips bermain lato-lato


Banyak orang yang penasaran untuk mencoba permainan yang satu ini karena ternyata tidak semudah yang terlihat. Cara yang baik saat bermain lato-lato ialah memantulkan bola dengan ritme yang pelan terlebih dahulu. Setelah itu kamu baru bisa menaik-turunkan tangan dengan ritme lebih yang cepat.




Berikut itu Her World rangkumkan fakta menarik mengenai permaian lato-lato. Tertarik mencoba?


(Penulis: Brigitta T.Halim)

Life & health