Sex & relationship

10 Tipe Pria Yang Harus Dihindari untuk Diajak Berkencan!

By : Fariza Rahmadinna - 2023-01-15 11:00:00 10 Tipe Pria Yang Harus Dihindari untuk Diajak Berkencan!

Sekilas, mungkin dia tampak seperti Mr. Right buat kamu; Dia memanjakan kamu, membelikanmu hadiah, membawakan bunga, mengajakmu makan malam romantis, dan dia juga terlihat seperti sosok pria yang baik dan bijaksana. Tapi tunggu dulu…karena bisa jadi dia bersikap seperti itu bukan hanya kepada kamu saja, tetapi juga mungkin kepada wanita yang lain (Oh,no!). Iya, memang ada tipe pria seperti itu di dunia ini, atau disering dijuluki dengan istilah tipe pria red flag. Tipe pria red flag seperti itu harus kamu hindari karena kamu tentu tidak ingin hatimu terus tersakiti, bukan?


Jadi, tipe pria seperti apa yang harus dihindari untuk diajak berkencan?


1. Tipe pria egois


Apakah pria yang sedang dekat dengan kamu saat ini hanya peduli pada dirinya sendiri?

Jika kamu bersama pria yang cenderung mengutamakan kebutuhan sendiri, menunjukkan sedikit terhadap minat dan keinginanmu, dan menganggap dirinya pria terhebat (daripada orang lain), inilah saatnya untuk menyadari bahwa kamu berkencan dengan pria yang sombong dan egois. 


Pria yang memiliki kepercayaan diri tinggi itu memang terlihat menarik, tetapi kalau ditunjukkan secara berlebihan itu tidak baik. Tipe pria yang seperti ini biasanya akan lebih mengutamakan kepentingan dirinya diatas kepentingan bersama, membenci kritikan, dan selalu merasa dirinya paling benar dan hebat. Apakah kamu yakin ingin bersama pria seperti itu?


2. Tipe pria yang tidak memiliki ambisi


(Pria yang terlalu egois. Foto: Dok Lisa Fotios/Pexels)


Kebalikan dari pria yang egois yang cenderung memiliki kepercayaan diri sangat tinggi, tipe pria yang satu ini justru tidak memiliki kepercayaan diri dan keinginan untuk memperbaiki hidupnya. 


“Ini adalah tipe pria yang cenderung tidak ingin memperbaiki hidupnya. Dia tidak terlalu termotivasi, dia tidak memiliki sifat tanggung jawab baik atas apapun atau siapapun, termasuk kamu,” kata Carlen Costa, Ph.D, seorang seksolog dan terapis. 


3. Tipe pria yang suka berbohong


Sudah jelas, tipe pria yang suka berbohong adalah tipe pria yang harus kamu hindari untuk diajak berkencan. Pria yang suka berbohong biasanya sering membuat janji-janji palsu yang tidak dapat dia tepati dan mengarang cerita yang tidak benar. Akan sangat melelahkan secara emosional untuk berkencan dengan pria yang tidak jujur dan tidak dapat dipercaya seperti itu.


Salah satu kunci keberhasilan dalam sebuah hubungan adalah kepercayaan, lalu bagaimana hubunganmu dengannya bisa berhasil jika ucapannya saja tidak dapat dipercaya? Ucapkan selamat tinggal untuk tipe pria seperti ini!


4. Tipe pria yang tidak bisa berkomitmen


Jika kamu mencari sebuah hubungan serius—berjalan ke jenjang pernikahan— tipe pria yang tidak bisa berkomitmen seperti ini sebaiknya kamu hindari. Memaksakan diri menjalin hubungan dengan tipe pria yang tidak berkomitmen, hanya akan membuat dirimu kecewa. Pasalnya, tujuan kamu dan dia saja sudah berbeda.  


Untuk itu, “Tidak apa-apa bertanya kepadanya hubungan seperti apa yang ia cari,” kata Vienna Pharaon, LMFT, seorang terapis keluarga. Misalnya, kamu bisa bertanya, "Apakah kamu ingin menikah dan punya anak suatu hari nanti?" 


5. Tipe pria player


(Punya cadangan wanita lain. Foto: Dok. Budgeron Bach/Pexels)

Sebagai seorang wanita, kamu tentu ingin menjadi satu-satunya untuk dirinya, bukan? Namun, jika kamu berkencan dengan tipe pria player, kamu mungkin bukanlah satu-satunya wanita untuknya. Tipe pria player biasanya ingin terus menjaga hubungan dengan kamu pada tingkat yang dangkal, sementara ia tetap mengirim pesan kepada wanita lain dan mengabaikan gagasan untuk memperkenalkan kamu kepada teman dan keluarganya. Jika kamu mencari hubungan yang dalam dan bermakna, lepaskan tipe pria seperti ini. 


(Baca Juga: Kenali 4 Tanda Sahabatmu Diam-Diam Menyukai Pacar Kamu)


6. Tipe pria yang tidak mau berusaha 


Dalam hal berkencan, baik pria maupun wanita, keduanya harus sama-sama berusaha untuk menghabiskan waktu bersama dan mengenal satu sama lain, supaya hubungan itu bisa berhasil. Namun, jika kamu yang selalu berusaha; Selalu menghubunginya terlebih dahulu, selalu mengatur rencana berkencan, dan seolah-olah kamu harus melakukan segalanya untuk menjaga hubungan ini, bukankah sudah jelas kalau kamu harus melepaskan pria seperti itu?


7. Tipe pria yang suka mengontrol


Tipe pria yang suka mengontrol cenderung mencoba mendominasi dan mengintimidasi kamu, dan dia sangat sering merasa cemburu dan curiga terhadap interkasi kamu dengan orang lain. Tipe pria seperti ini juga biasanya akan mencoba mengawasi kamu setiap saat sepanjang hari. 


Jika pria yang saat ini dekat dengan kamu sering sekali mendikte apa yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan, atau apa yang boleh dan tidak boleh kamu pakai, itu adalah tanda kalau kamu harus segera meninggalkannya. "Dia mencoba membuat kamu menjadi seseorang yang bukan diri kamu sendiri," jelas seorang psikoterapis Stacy Kaiser. 


8. Tipe pria yang suka mengandalkan kamu…secara finansial


(Pria yang terlalu mengandalkanmu secara finansial. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


Pria yang suka mengandalkan kamu secara finansial adalah tipe pria yang harus kamu hindari. Tipe pria seperti ini biasanya akan mengandalkan kamu untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya (dan semua kebutuhannya). Ucapkan selamat tinggal untuk tipe pria seperti ini!


9. Tipe pria yang terlalu terikat dengan keluarganya


Pria yang dekat dengan keluarganya memang sangat memikat. "Tidak ada yang salah tentang dekat dengan keluarga,” kata Costa. Tetapi, jika seorang pria terlalu dekat hingga sangat terikat dengan keluarganya, baik itu secara finansial, emosional, dan fisik, kemungkinan besar tidak akan memiliki hubungan yang sehat. “Tipe pria seperti ini mungkin akan selalu mengandalkan keluarganya dalam segala hal, termasuk dalam pengambilan keputusan untuk hubungan kalian berdua,” kata Pharaon. 


10. Tipe pria yang sangat mudah marah dan kasar


Ketika seorang pria sangat mudah sekali marah meledak-ledak hingga bersikap kasar, it’s a big red flag! Itu bukan berarti jika kamu hanya boleh berkencan dengan pria yang tidak pernah marah ya, tetapi berkencanlah dengan pria yang bisa mengontrol amarahnya. “Apakah terakhir kali dia bersikap sangat marah karena seseorang memotong jalur di jalan?” atau, “Apakah terakhir kali dia sangat marah hanya karena seorang pramusaji di restoran salah membawakan pesanannya?”.


(Baca Juga: Ada Perbedaan, Kenali 5 Perilaku Pria Saat Menyukai Wanita)


Itu dia beberapa tipe pria yang harus kamu hindari, kalau dia mulai mendekat biar kamu tidak sakit hati di kemudian hari. Semoga bermanfaat!


Sex & relationship