Fashion

4 Warna Baju yang Harus Dihindari Kulit Sawo Matang

By : Her World Indonesia - 2023-06-09 20:00:01 4 Warna Baju yang Harus Dihindari Kulit Sawo Matang

Sebagai orang Indonesia, kulit sawo matang telah menjadi bagian dari identitas tersendiri. Warna sawo matang pada kulit memancarkan aura menarik untuk dilihat. Namun, ada beberapa warna apabila dipadu padankan dengan sawo matang justru akan menurunkan keindahan warna kulit. Sebab pada dasarnya, warna dari outfit juga akan sedikit mengubah warna kulit kita, utamanya pada kulit wajah. Sebab warna busana juga memberikan pancaran tersendiri, misal kita menggunakan outfit putih dan hitam, tentu akan memberikan kesan dan warna kulit yang terlihat berbeda. Hal ini juga berlaku pada warna kulit keseluruhan.

 

Hal ini berhubungan dengan color analysis yang baru-baru ini juga menjadi tren dalam dunia fashion & make up. Nah, secara umum semua warna kulit berada dalam spektrum warna kuning-oranye hingga merah. Warna kulit dengan cool undertone cenderung memiliki rona ke arah merah keunguan. Sedangkan, warna kulit dengan warm undertone memiliki rona ke arah kuning. Kulit sawo matang termasuk pada tone warna yang cenderung warm. Tingkat sawo matang orang pun juga berbeda-beda. Menurut skala kulit yang digagas oleh Fitzpatrick, kulit orang Indonesia kebanyakan masuk ke dalam tipe kulit tiga dan empat yakni beige dengan undertone keemasan sampai cokelat. 


Saat ini, sudah banyak klinik warna untuk melakukan colour analysis yang menunjukkan kecocokan warna pada kulit masing-masing orang dan warna apa saja yang harus dihindari. Kebanyakan praktek ini dilakukan di Korea Selatan. Namun, kalian dapat memulai dari yang sederhana terlebih dahulu, yakni menghindari warna-warna tertentu yang dapat membuat kulit sawo matang terlihat kusam dan gelap. Simak penjelasan berikut!


(Baca Juga: Rekomendasi 3 Warna Soft untuk Lipstick)


1.Warna Pastel


(Contoh baju dengan warna pastel. Foto: Dok. freepik/freepik)


Warna pastel memiliki karakteristik warna terang dan muted (meredam). Warna ini meliputi ungu lilac, kuning pucat, hijau mint, turquoise, peach, dan lain sebagainya. Sebab warna ini sangat terang, maka ini akan membuat kulit sawo matang menjadi kentara gelapnya. Jadi, apabila kamu tetap ingin memakai warna-warna pastel, kamu bisa tambahkan sentuhan warna gelap seperti ungu wine sehingga kulitmu tetap bisa stand out.


2. Warna Coral


(Contoh baju dengan warna coral. Foto: Dok. fabrikasimf/freepik)


Warna coral adalah warna yang menunjukkan gabungan warna pink-orange-merah. Warna ini sedikit menyamai warna peach tapi memiliki nuansa warna oranye yang lebih kuat. Warna coral tentu sangat cantik sebagai outfit karena memancarkan aura fresh dan energized, tapi sayangnya akan menurunkan kecerahan pada kulit sawo matang. Sebab, warna coral sudah memiliki aura terangnya yang akan lebih stand out dibandingkan kulit sawo matang. Sebaiknya hindari warna ini.


3. Abu-abu


(Contoh baju dengan warna abu-abu. Foto: Dok. diana_mironenko/freepik)


Berbeda dengan warna lainnya yang cenderung mencolok, warna abu-abu memiliki karakter warna yang netral dan cenderung gelap. Dalam balutan outfit dengan warna ini justru akan memberi kesan kusam pada wajah kulit sawo matang karena pancaran warna dari warna abu-abu tidak bisa dipantulkan ke wajah. 


4. Coklat Kopi


(Contoh baju dengan warna abu-abu. Foto: Dok. lookstudio/freepik)


Warna coklat kopi sebenarnya memberikan nuansa earthy. Namun karena warnanya hampir menyerupai sawo matang, kaos ini jadi akan membuat penampilanmu cenderung lempeng dan keindahan dari kulit sawo matang yang kamu miliki menjadi kurang bersinar. Jika memang tetap ingin memnggunakan warna coklat pada outfitmu, lebih baik pilihlah warna coklat dengan spektrum yang lebih gelap atau lebih terang agar coklatnya tidak bercampur dengan warna kulitmu.


(Baca Juga: 7 Warna Pakaian Yang Cocok Untuk Kulit Sawo Matang)


Nah, itulah beberapa saran yang bisa Her World rangkum. Tentu kamu tetap harus mix & match outfit kamu agar bisa menemukan warna yang paling oke untuk kamu pakai. Misalnya kamu sudah memiliki baju dengan warna-warna di atas, kamu tetap bisa padupadankan dengan aksesoris lain dengan kombinasi warna berbeda yang bisa membuat kesan cerah tapi menyatu dengan kulit sawo matang. 



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)

Fashion