5 Cara Merawat Jaket Kulit


  • 5 Cara Merawat Jaket Kulit
    Jaket kulit memerluka perawatan dengan beberapa bahan. (Foto: Dok. Anastasiya Lobanovskaya/Pexels)

    Jaket kulit sebenarnya gampang untuk ditemukan karena dikenakan oleh pria dan wanita. Namun jaket kulit jadi salah satu pakaian yang memerlukan perawatan lebih. Kamu tidak bisa bersikap tidak peduli dalam merawat jaket kulit, karena seperti pakaian atau sepatu kulit lainnya, kamu harus paham bagaimana cara merawat jaket kulit. Yuk, simak cara merawat jaket kulit ini agar tidak rusak dan tahan lama.


    1. Memakai setiap hari

    Hal ini mungkin terdengar aneh, tapi ini adalah salah satu cara dalam merawat jaket kulit kamu. Jika jaket kulit terlalu lama dibiarkan, nantinya akan kaku sehingga tidak nyaman untuk dikenakan. Terlebih jika kita telah mendiamkannya selama sekitar dua tahun, tentunya jaket kulit akan sangat kaku dan susah untuk dilemaskan.




    (Baca Juga: Ketahui Cara Merawat Fashion Item Anda)


    Memakainya setiap hari adalah salah satu cara agar tetap lemas. Jika tidak memungkinkan atau lupa untuk memakainya setiap hari, pakailah jaket kulit tersebut sesering mungkin. Tidak perlu menunggu ada kepentingan untuk memakainya, pakai di rumah pun tidak apa-apa karena tujuannya hanya untuk melemaskan.

    Jika dibiarkan tidak dipakai, kelemasan jaket tersebut tentunya akan berbeda saat pertama kali kamu membelinya.


    2. Lap dengan menggunakan kain kering

    cara merawat jaket kulit

    (Kain kering untuk mengelap jaket kulit. Foto: Dok. Maria Ilves/Unsplash)


    Jika jaket kulit kamu terkena basah, tidak perlu panik. Kamu bisa mengelapnya dengan kain kering yang kamu punya. Perlu diketahui bahwa kelembapan juga dibutuhkan untuk kelenturan jaket kulit. Namun jangan disalah-artikan, jaket kulit dapat berjamur jika kamu menyimpannya dalam keadaan lembap.

    Bersihkan terlebih dahulu jaket yang lembap dengan menggunakan kain kering ini. Setelah itu, kamu bisa membiarkan jaket itu mengering dengan menggunakan suhu ruangan. Pastikan untuk tidak menggunakan hair dryer atau kipas angin demi menghindari kekakuan tersebut.


    3. Gunakan semir kain

    Pakai cara ini saat jaket kulitmu terlihat kusam. Agar terlihat kembali mengkilap, kamu bisa gunakan semir kain. Gunakan semir kain secukupnya sampai menurutmu terlihat seperti baru kembali. Ingat untuk gunakan khusus semir kain, bukan sembarangan. Kamu bahkan bisa menggunakan conditioner yang juga khusus bahan kulit untuk menambahkannya.


    4. Gosok dengan sabun jika berjamur

    cara merawat jaket kulit

    (Gunakan sabun khusus bahan kulit. Foto: Dok. Taffy Buoniconti/Pexels)


    Tentunya mempunyai pakaian kulit harus sadar akan risiko berjamur. Jamur memang menyusahkan, tapi kamu jangan malas untuk membersihkan jamur yang terdapat di jaketmu jika tidak mau tampilan jaket itu menjadi jelek. Untuk masalah ini, kamu bisa menggunakan sabun.

    Sabun yang kamu gunakan juga haruslah khusus untuk yang berbahan kulit. Hal ini agar tidak merusak kualitas jaket tersebut. Gosok dengan tenaga secukupnya sampai jamur itu hilang. Setelah jaket kulit kamu bersihkan, pastikan jaket itu kering sebelum ditaruh di dalam lemari. Gunakan kain kering seperti di atas dan jika belum mengering seutuhnya, diamkan dalam suhu ruangan.


    5. Gunakan cairan pelembut

    cara merawat jaket kulit

    (Pelembut khusus bahan kulit bisa merawat jaket kulit tetap awet. Foto: Dok. Anna Shvets/Pexels)


    Kamu juga bisa menggunakan cairan pelembut khusus bahan kulit untuk jaket kulitmu. Kamu bisa gunakan cairan ini setelah jaket itu terkena sabun atau setelah kamu keringkan. Intinya gunakan cairna pelembut ini setelah jaket dibersihkan, bukan dalam keadaan kotor.

    Kamu bisa mengaplikasikan pelembut itu ke bagian yang rentan rusak seperti kerah leher, siku, dan bahu, tapi kamu juga bisa mengaplikasikannya ke seluruh bagian depan dan belakang jaket kulit. Kamu bisa menggunakan kapas saat mengaplikasikan pelembut ini, setelahnya diamkan semalaman hingga jaket kulit mengering.


    (Baca Juga: Cara Merawat Sepatu Berbahan Kulit)


    Beberapa cara ini dapat kamu lakukan dalam merawat jaket kulit. Mempunyai jaket kulit memang membutuhkan perawatan yang sedikit lebih ekstra, tapi hal ini harus dilakukan agar jaket kulit tidak rusak. Jika kamu terlalu malas dalam merawatnya, tentunya kamu selalu bisa membayar jasa tempat laundry pakaian. Namun, jika kamu ingin mencoba untuk merawatnya sendiri, inilah caranya. Selamat mencoba!


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below