Fashion

Nuansa Sentimental Dalam Koleksi MORAL "HOME" F/W 2022-2023

By : Her World Indonesia - 2022-08-22 20:00:02 Nuansa Sentimental Dalam Koleksi MORAL

Arkagaia Co. yang menaungi label independen bernapas kontemporer MORAL, baru-baru ini memperkenalkan koleksi Fall Winter 2022-2023 bertajuk “Home”. Koleksi teranyar dari MORAL ini menjadi koleksi one-off yang menampilkan presentasi mode bermuatan sentimental bagi sang Creative Director, Andandika Surasetja.


Bertempat di RUBANAH Underground Hub, Thamrin, Jakarta Pusat, gelaran mode bertajuk “3 DIMENSI” ini dihadiri sejumlah tamu undangan yang turut hanyut dalam kehangatan dan nuansa intimate dari memori indah di rumah tempat Andandika tumbuh dewasa yang disajikan.



(MORAL F/W 2022-2023. Foto: Dok. Arkagaia Co./Refa Adiredja)


Presentasi mode tersebut dibuka dengan sebuah mantel yang terbuat dari selimut rajut hadiah pernikahan kedua orang tuanya. Potongan-potongan yang menjadi sorotan utama dari koleksi ini juga berasal dari motif lukisan karya Deppy Adepta Wibawa, sahabat sang Ayah yang memberikan karya tersebut sebagai hadiah pernikahan bagi kedua orang tua Andandika di tahun 1988. Sejak saat itu, lukisan tersebut menjadi bagian yang tidak pernah terpisahkan dari rumah keluarganya.


(Baca juga: Intip Kolaborasi Apik Batik Iwan Tirta dengan Desainer Korea)



(Koleksi MORAL F/W 2022-2023. Foto: Dok. Arkagaia Co./Refa Adiredja)


(Koleksi MORAL F/W 2022-2023. Foto: Dok. Arkagaia Co./Refa Adiredja)

Dalam koleksi ini, Andandika juga merangkul salah satu rekan karibnya, Asti Surya dari label DOUCHE untuk berkolaborasi merilis item terbatas. Terinspirasi dari corak lukisan penuh kenangan, koleksi kolaborasi  Andandika dan Asti Surya ini di antaranya menghadirkan atasan stretch berkerah tinggi, serta celana ketat yang juga mengambil corak lukisan tersebut. Dress dengan detail serut berpotongan khas MORAL yang telah hadir di musim terdahulu pun dihadirkan kembali dengan motif lukisan yang telah berusia lebih dari 33 tahun tersebut.


(Baca juga: Bisnis dan Makna Pemberdayaan Wanita Ala Love, Bonito)



(Koleksi MORAL F/W 2022-2023. Foto: Dok. Arkagaia Co./Refa Adiredja)


Selain itu pemanfaatan material yang tak lazim juga dihadirkan - bahan upholstery untuk sofa, tirai jacquard dihadirkan dalam koleksi kali ini. Potongan safari, beskap dengan sentuhan kontemporer, blazer, serta coat panjang yang selama ini menjadi siluet khas MORAL hadir dalam nuansa baru.

Rangkaian presentasi mode yang dihadirkan menjadikan memori akan kenangan indah Andandika tersaji dengan apik malam itu. Terbukti bahwa tidak hanya soal estetika melalui medium busana, MORAL pun dapat menghadirkan momen sentimental sekalipun menjadi wujud mahakarya yang dapat dinikmati khalayak.


(Penulis: Girah Ababyl M.K.)


Fashion