Fashion

Intip Kolaborasi Apik Batik Iwan Tirta dengan Desainer Korea

By : Her World Indonesia - 2022-08-18 20:00:01 Intip Kolaborasi Apik Batik Iwan Tirta dengan Desainer Korea

Maestro batik ternama, Iwan Tirta, dikenal akan karya-karyanya yang eksis sampai sekarang bahkan dikenal hingga mancanegara. Baru-baru ini, batik Iwan Tirta di bawah label Iwan Tirta Private Collection terpilih untuk berkolaborasi dengan desainer ternama asal Korea Selatan, Kim Seo Ryong. Kim Seo Ryong sendiri identik dengan koleksi luxury menswear yang banyak digandrungi artis papan atas Korea, mulai dari Lee Min Ho hingga BTS.


Kolaborasi yang apik antar dua negara ini menghadirkan sebuah karya yang lekat akan heritage dan budaya Indonesia, dengan tampilan mewah dan gagah yang diintegrasikan dengan konsep tailored suit khas sentuhan tangan Kim Seo Ryong.



(Baca juga: Bersama UMKM, Edward Hutabarat Tampilkan Koleksi Cruise 2023)


Terwujudnya kolaborasi ini sendiri merupakan hasil dari diplomasi ekonomi kreatif subsektor Batik yang difasilitasi oleh KBRI Seoul, di mana mencerminkan bahwa batik tidak hanya berperan sebagai warisan budaya bangsa tapi juga sebagai wearable arts dan produk kreatif. Kesempatan baik ini selain membanggakan bagi bangsa Indonesia, pun mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat Korea.



(Koleksi Kim Seo Ryong x Iwan Tirta Private Collection. Foto: @kimseoryong/Instagram)

(Baca juga: Terlihat Anggun, Ini Kebaya Brokat ala Selebriti Indonesia)


Melalui koleksi terbaru Resort Collection 2022/23 ini, Kim Seo Ryong mendefinisikan ulang menswear modern melalui batik yang ditampilkan secara apik tanpa menghilangkan DNA dari kedua label tersebut. Motif-motif batik hadir dalam berbagai siluet busana, mulai dari bomber jacket, flare pants, jas, hingga long coat dalam proporsi yang konseptual.



(Koleksi Kim Seo Ryong x Iwan Tirta Private Collection. Foto: @kimseoryong/Instagram)


Palet warna bernuansa cerah yang dihadirkan pun turut memberikan kesan segar pada tampilan busana berhiaskan motif-motif Nusantara tersebut. Kim sendiri memilih nuansa warna cerah karena menurutnya memiliki kesan timeless dan sesuai untuk kalangan mapan di Korea Selatan. Pemilihan warna terang atau motif yang ikonik, dengan siluet busana yang arsitektural dan dekonstruktif, memberi nafas baru penampilan busana pria. Kompleksitas motif dan esensi pakem di baliknya, dikemas effortless dalam wujud kesederhaan dan modernitas. Kim Seo Ryong tetap berhasil menjaga falsafah desainnya yang selalu menghadirkan potongan tailored struktural dan tetap terjaga fluiditasnya.



(Koleksi Kim Seo Ryong x Iwan Tirta Private Collection. Foto: @kimseoryong/Instagram)


Koleksi Kim Seo Ryong yang menggunakan kain batik Iwan Tirta ini dapat ditemukan secara eksklusif di butik Kim Seo Ryong mulai bulan Agustus 2022 di kawasan Gangnam, sebuah distrik gaya hidup papan atas di Korea Selatan. Untuk kamu yang penasaran dengan koleksi Kim Seo Ryong x Iwan Tirta Private Collection ini juga dapat melihatnya pada situs resmi: www.kimseoryong.com dan akun Instagram @kimseoryong.


(Penulis: Girah Ababyl M.K.)


Fashion