Life & health

Kualitas Hidup Meningkat, Intip Gaya Hidup Lagom di Swedia!

By : Her World Indonesia - 2022-08-08 15:00:01 Kualitas Hidup Meningkat, Intip Gaya Hidup Lagom di Swedia!

Julukan Swedia sebagai salah satu negara paling bahagia di muka bumi bukanlah tanpa alasan, salah satu kunci suksesnya berada pada gaya hidup. Mayoritas masyarakat Swedia menjalani kehidupan dengan konsep lagom yang berarti “cukup”. Gaya hidup lagom mengindikasikan kehidupan yang seimbang, tidak lebih dan tidak kurang, minimalis, serta percaya akan less is more.


Kehidupan masyarakat Swedia juga jauh dari barang-barang mewah dengan harga selangit karena dirasa tidak perlu dan tidak melihat bahwa barang-barang tersebut adalah sumber kebahagiaan.


Penerapan konsep lagom itu sendiri sebenarnya berupa hal yang paling penting untuk dilakukan di hidup kita tapi sering dilewatkan. Mulai dari sekarang, mari kita lakukan hal-hal berikut ini!


1. Berbagi kebahagiaan dengan orang lain


Kehidupan yang lagom mendorong adanya sosialisasi antar manusia dan percaya bahwa kebahagiaan seseorang adalah kebahagiaan semua orang, Maka dari itu, hendaklah kita berbagi kebahagiaan dengan orang-orang di sekitar kita agar kita juga merasa bahagia. Hal ini dapat dilakukan dari langkah paling kecil, seperti memberi sapa dan membantu orang yang membutuhkan, tidak terkecuali kepada orang yang tidak kita kenal. 


(Baca Juga: 6 Tahun Tanpa Gula, Ini Rahasia Awet Muda Wulan Guritno)


2. Work-life balance


Bekerja secara berlebihan juga berbahaya bagi kesehatan mental kita. Perlu adanya keseimbangan antara waktu untuk bekerja dan untuk kehidupan pribadi. Gunakanlah waktu akhir pekan untuk refreshing dan melepaskan diri dari pekerjaan dengan menyibukkan diri kita melalui hobi serta berbagai aktivitas yang kita sukai. 



(Work-life balance penting dalam gaya hidup masyarakat Swedia. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)


3. Hidup minimalis 


Memiliki barang yang terlalu banyak akan menyebabkan rasa kewalahan dan menimbulkan stress. Kita bisa mulai dari memilah barang yang ada di rumah, singkirkanlah barang yang tidak perlu dan simpan barang yang dibutuhkan dan sering dipakai di kehidupan sehari-hari. Melakukan hal itu akan membuat hidup kita lebih tenang dan mengurangi kesulitan saat mencari barang-barang yang kita butuhkan. Hal-hal yang bisa dipilah beragam, mulai dari pakaian, buku, sampai alat masak. Lemari juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang agar tidak berserakan karena kerapian rumah juga akan memancarkan kebahagiaan bagi penghuninya. 


(Baca Juga: Mengintip Gaya Hidup Sehat Dari Desainer Vera Wang)


Nah, itu dia cara-cara agar kita dapat meningkatkan kualitas hidup dengan gaya hidup lagom seperti masyarakat Swedia. Semoga bermanfaat!


(Penulis: Andrea Nathania)


Life & health