Hanyut Dalam Nostalgia Dengan 6 Lagu Kenangan 90an Indonesia



  • Nostalgia, kerinduan akan kenangan manis yang terjadi pada masa lampau. Tanpa disadari, mendengarkan agu-lagu lama bisa membuatmu hanyut dalam nostalgia diikuti dengan emosi kuat yang tak mampu dijelaskan dengan kata-kata.


    Secara psikologis, lagu-lagu lama yang kamu dengarkan pada masa muda akan melekat pada benakmu.. Tak heran jika sebagian besar orang cenderung lebih menyukai lagu-lagu lama daripada lagu-lagu yang sedang hits.




    Meski zaman berubah, lagu kenangan 90an Indonesia selalu melekat di hati penikmat musik di Indonesia. Selain masih sering dimainkan dalam berbagai live music, sederet musisi Indonesia juga sering melantunkan lagu tembang kenangan dan menjadikan lagu kenangan 90an Indonesia kembali populer. Berikut ini enam lagu kenangan 90an Indonesia yang akan membuatmu hanyut dalam nostalgia. 


    1. Kala Cinta Menggoda - Chrisye

    Chrisye Lagu Kenangan 90an Indonesia
    (Kala Cinta Menggoda Karya Chrisye. Foto: Dok. Tribun)

    Sepertinya lagu Kala Cinta Menggoda sudah tidak asing lagi di telinga penikmat musik Indonesia. Dilantunkan oleh musisi legendaris Indonesia, Chrisye, Kala Cinta Menggoda mengisahkan seseorang yang sedang jantuh cinta dengan orang yang sedang menjalin hubungan asmara. 


    Dengan balutan musik pop dan sentuhan  adat Jawa, menjadikan lagu Kala Cinta Menggoda unik dan spesial. Tak heran jika lagu ini memenangkan empat penghargaan yaitu, Artis Solo Pria Pop Terbaik, Pencipta Lagu Terbaik, Pencipta Lagu Pop Terbaik, dan Produser Musik Terbaik. Lebih menariknya lagi, video klip Kala Cinta Menggoda memenangkan MTV Video Music Awards for Southeast Asia pada tahun 1998.

    (Baca juga: 15 Lagu Glenn Fredly Paling Indah Tentang Cinta)


    2. Kisah Kasih Di Sekolah - Chrisye


    Lagu Kisah Kasih Di Sekolah diperkenalkan oleh Obbie Messakh pada tahun 1987, tetapi dibawakan kembali oleh Chrisye pada tahun 2002. Berkaca dari judulnya, lagu ini menceritakan kehidupan romantis sepasang kekasih di kala sekolah yang sedang melewati masa-masa terindah berdua.


    Dengan iringan nada yang indah dan suara khas dari Chrisye, lagu Kisah Kasih Di Sekolah membuat para pendengar bernostalgia ke perasaan jatuh cinta yang dirasakan banyak orang pada masa SMA. Terlebih lagi, lagu ini menyimpan banyak kenangan karena sempat menjadi soundtrack film dari sinetron berjudul Dari Jendela SMA


    3. Kemesraan - Iwan Fals dan Rafika Duri

    (Iwan Fals Lagu Kemesraan. Foto: Dok. Detik)

    Siapa yang tidak pernah mendengar lagu Kemesraan? Rasanya pasti semua orang pernah mendengar lagu yang dilantunkan oleh Iwan Fals ini. Meski liriknya terkesan sederhana, sebenarnya ada pesan mendalam yang ingin disampaikan yaitu, selalu menjaga keharmonisan, kasih sayang, dan cinta dalam keluarga. 


    Tak lekang oleh waktu, lagu Kemesraan masih sering dimainkan dalam berbagai acara reuni atau kumpul bersama. Pasalnya, lagu yang dapat dinyanyikan bersama ini akan membuat momen sederhana penuh kenangan.


    (Baca juga: 10 Lagu Klasik Untuk Pernikahan)


    4. Sepanjang Jalan Kenangan - Tetty Kadi


    Lagu Sepanjang Jalan Kenangan dipopulerkan oleh Tetty Kadi pada tahun 1996. Melalui lagu ini sang penulis, Aloysius Riyanto, menggambarkan sepasang kekasih yang sedang menjalin hubungan jarak jauh. Sebuah perasaan rindu muncul ketika sedang melewati jalan yang penuh kenangan bersama kekasih. 


    5. Aku Tak Biasa - Alda Risma


    Lagu Aku Tak Biasa dirilis pada tahun 1998 dan dilantunkan oleh Alda Risma. Lagu ini semakin meledak ketika dinyanyikan kembali oleh Syahrini pada tahun 2010. Melalui liriknya, penulis lagu ingin menceritakan seseorang yang ingin meninggalkan pasangannya. Namun, ia tak mampu melakukan hal tersebut karena sudah terbiasa bersama dalam waktu yang lama. 


    Aransemen lagu Aku Tak Biasa pada tahun 1998 dan 2010 cukup berbeda. Alda Risma membawakan lagu dengan nuansa yang sendu, sedangkan aransemen musik oleh Syahrini lebih bernuansa ceria. Syahrini bekerja sama dengan Anang Hermansyah dalam mendaur ulang lagu ini hingga menjadi lebih modern.


    6. Tenda Biru - Desy Ratnasari

    Lagu Kenangan 90an Indonesia
    (Tenda Biru Karya Desy Ratnasari. Foto: Dok. Spotify)

    Penyanyi sekaligus aktris, Desy Ratnasari, merilis lagu Tenda Biru pada tahun 1996. Liriknya yang memorable dan indah menjadikan lagu Tenda Biru lagu yang hits hingga saat ini.


    Tenda Biru mengisahkan tragedi pernikahan seorang perempuan yang dikhianati oleh kekasihnya. Sang pria menikahi wanita lain secara diam-diam. Di hadapan mata sang wanita, berdiri tenda biru berhiaskan janur kuning tempat berlangsung pesta pernikahan. Tak ada yang bisa sang wanita lakukan, selain berpasrah.


    (Baca juga: 8 Lagu Tulus Terbaik, Dari Teman Hidup Sampai Monokrom)


    Inilah enam lagu kenangan 90an Indonesia. Sudah siap hanyut dalam nostalgia?


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below