15 Lagu Glenn Fredly Paling Indah Tentang Cinta


  • 15 Lagu Glenn Fredly Paling Indah Tentang Cinta
    Selamat tinggal Glenn Fredly. Lagu-lagumu terlalu indah untuk diabaikan. (Foto: Dok. Instagram @glennfredly309)

    Indonesia kembali kehilangan sosok terbaiknya di dunia musik. Glenn Fredly Deviano Latuihamallo. Pergi meninggalkan begitu banyak cinta di hati para penggemar, sahabat, dan kerabatnya, membuat penyanyi yang muncul pertama kali di belantika musik Nusantara pada tahun 1998 lewat lagu Cukup Sudah ini begitu membekas di memori semua orang. Tak hanya diberkahi oleh talenta yang luar biasa, namun dirinya juga dikenal bersahaja dan punya semangat juang tinggi dalam memajukan kualitas musik Indonesia. 

    Oleh sebab itu sebagai bentuk penghormatan terakhir pada sosok berdarah Maluku ini, her world akan ajak kamu untuk kembali mendengarkan lagu-lagu terbaik dan everlasting milik Glenn Fredly yang tak hanya bicara soal rasa tapi juga mampu membawa para pendengarnya masuk secara tiba-tiba ke dalam memori tentang asmara. Kalau kata orang, "Apapun kisah cintanya, lagunya pasti Glenn Fredly!" ada yang setuju? 

    Yuk, tak usah berlama-lama! Kita dengarkan 15 lagu Glenn Fredly terindah dan paling bikin galau versi her world berikut ini, ya. Kalau kamu suka yang mana?




    1. Kasih Putih (2000)



    Sebagai salah satu lagu pertama yang langsung membuat banyak orang jatuh cinta pada suara lembutnya, irama yang dinyanyikan dengan penuh perasaan ini nyatanya sukses melejitkan namanya pada masa itu. Begitu indah dan manis untuk didengarkan serta diresapi maknanya, Kasih Putih bahkan jadi lagu pengiring kepergian Glenn Fredly di GBIB Sumber Kasih, Lebak Bulus, kemarin yang dipersembahkan oleh seluruh kerabat dan sahabat yang mencintainya.


    2. Januari (2002)



    Lepas dari tahun 2000an, setelah cukup lama tak terdengar, Glenn Fredly tiba-tiba hadir dengan lagu Januari yang merontokkan jiwa. Nada dan liriknya pedih, mengisyaratkan apa yang benar-benar sedang ia rasakan saat itu. Kisah cinta yang berakhir begitu saja kemudian membuatnya menulis dan mengaransemen lagu ini. And it works really really well! Lagu ini pun langsung meledak di pasaran dan jadi lagu patah hati pertamanya di mana menggiring ke lagu-lagu patah hati berikutnya yang bisa dibilang selalu berhasil menyayat hati para pendengar. Coba pelajari liriknya dan rasakan apa yang sedang ingin ia sampaikan saat kisah sejatinya pergi. Nanti kamu akan temukan benang merah yang luar biasa jelas dari semuanya.


    3. Akhir Cerita Cinta (2002)



    Masih dari album yang sama yaitu Selamat Pagi, Dunia! lagi-lagi Glenn menyampaikan kegundahan hatinya yang masih dirundung pilu akibat kisah cintanya yang kandas pada masa itu. Di sini, ia kembali berhasil merangkum rasa di dalam dada dan memuntahkannya jadi sebuah karya indah yang bisa dinikmati begitu banyak telinga. Kegelisahannya jadi suara lirih yang dirasa mampu mewakili jutaan hati yang berantakan. 


    4. Sekali Ini Saja (2002)



    Kembali diambil dari album Selamat, Pagi Dunia! lagu ini sukses membuat rasa galau pada banyak insan bak menjadi-jadi. Berkisah tentang seseorang yang masih masih belum bisa menerima perpisahan yang dialami, tersirat makna pengharapan pada Tuhan agar ia tetap bisa mencintai kekasih yang bukan jadi miliknya lagi. Sangat relatable dengan para pendengarnya yang mungkin sedang terjebak pada situasi yang sama, yang hanya bisa mengasihi dari kejauhan tanpa memiliki apa yang jadi harapan hati. Lagu sendu yang penuh pesismisme namun punya pesan cinta yang teramat dalam. Jauh dari kata cengeng namun sangat gentle dalam mengungkapkan perasaan.


    5. Pada Satu Cinta (2002)



    Banyak yang bilang bahwa album Selamat Pagi, Dunia! adalah album paling berkesan karena punya begitu pesan terutama dalam urusan perasaan. Anehnya, album ini justru banyak meninggalkan memori bagi kaum laki-laki. Merasa terhubung secara batin dengan lirik-lirik yang disampaikan, membuat lagu-lagu dalam album ini punya kail yang begitu tajam sehingga mampu menarik rasa-rasa yang terpendam hingga naik ke permukaan.

    Begitupun di lagu Pada Satu Cinta yang terasa sanggup melunakkan sisi maskulin seorang lelaki yang biar bagaimana pun tegarnya, mereka juga punya kelemahan pada sesuatu yang disebut godaan. Namun, rasa bersalah yang akhirnya memporak-porandakan sebuah hubungan yang telah dibangun kemudian membuat mereka memilih untuk kembali pada cintanya dan berharap untuk dimaafkan segala kesalahan. Sebuah lagu paling manusiawi yang bisa terjadi pada hampir tiap laki-laki.


    6. You Are My Everything (2005)



    Jauh berbeda dari lagu-lagu sebelumnya, di tahun 2005 nampaknya Glenn kembali menemukan cahaya cinta. Semangat hidupnya seketika benderang setelah seseorang hadir dalam kesehariannya. Oleh sebab itu, lagu-lagu ciptaannya pun mulai bernada ceria dan penuh semangat. Tak murung dan merundung seperti album-album sebelumnya.

    Diambil dari album Cinta Silver yang merupakan original soundtrack dari film layar lebar berjudul sama, You Are My Everything disematkan sebagai salah satu lagu Glenn Fredly paling romantis yang kerap dijadikan lagu pengiring pernikahan bagi banyak pasangan. Lagu yang dipenuhi kebahagiaan dan suka cita dari orang yang tengah jatuh cinta bak terdengar jelas dari irama dan kata-kata yang tertata. Sangat menyenangkan untuk didengar sehingga membuat siapa saja bahagia karenanya.


    7. Kisah Romantis (2005)



    Kembali dari album Cinta Silver, lagu Kisah Romantis merupakan salah satu lagu favorit her world karena memaktub rasa cinta yang luar biasa. Kebahagiaan seorang Glenn Fredly terdengar jelas dalam lagu ini sehingga ledakan rasa gembiranya bisa sampai ke telinga pendengarnya. Diciptakan sesaat sebelum ia menikah dengan perempuan yang dirasa mampu mengobati risau hatinya kala itu, membuat ia bangkit dan menemukan kembali makna cinta yang ia rasa sempat binasa. Di lagu ini untaian kebahagiaan yang ia rasakan amat berbanding terbalik dari lagu-lagu di album Selamat Pagi, Dunia!. Cara menyanyinya pun begitu senang dan tenang. Tak heran jika album ini termasuk yang paling menyenangkan untuk didengar di masanya.


    8. Akhir Cerita Cinta (2005)



    Bisa dibilang, lagu ini adalah salah satu yang paling memorable dari Glenn Fredly. Masih masuk dalam jajaran lagu tersukses yang bikin para 'komplotan patah hati' makin hancur saat mendengarnya, lagu ini juga begitu indah untuk dinikmati oleh para insan yang punya kenangan manis di masa lalu. Bisa ditemukan dalam album Cinta Silver sebagai salah satu soundtrack dari film yang dibintangi Luna Maya di awal kariernya ini, Akhir Cerita Cinta jadi punya makna ganda yaitu apakah benar lagu ini hanya diciptakan untuk mengisi jalan cerita di film atau tetap ada relasinya dengan kehidupan nyata laki-laki yang akrab disana Bung ini? Who knows


    9.  Jejak Langkah (2006)



    Berkolaborasi dengan Tohpati, lagi-lagi Glenn menelurkan karya jelita yang menentramkan jiwa. Diiringi permainan gitar yang elegan dari seorang gitaris kawakan Indonesia, Glenn Fredly bak tengah membicarakan isi hatinya saat menyanyikan lagu ini. Well, bisa dibilang seluruh lagu Glenn memang disampaikan dengan penjiwaan yang begitu dalam sehingga rasanya kita sedang diajak untuk mendengar dirinya bercerita. Saking lembutnya, sampai-sampai ia seperti tidak sedang bernyanyi melainkan mencurahkan isi hati. Ini yang kemudian membuat lagu-lagunya selalu tepat sasaran dan langsung tembus ke dalam kalbu. It contains feelings that we could also feel it.

    Sebuah energi besar yang memengaruhi dirinya, rasa dan karyanya. Hal ini pun tak dipungkiri oleh Glenn sendiri yang menyatakan bahwa mantan kekasih yang paling dicintainyalah yang paling banyak menginspirasi lagu-lagu ciptaannya. Mantan kekasih yang tetap ia cintai sebagai sosok istimewa yang memberinya chemistry berbeda sepanjang hidupnya. 


    10. Kisah yang Salah (2007)



    Lepas dari tahun 2006 setelah pernikahan pertamanya dilangsungkan, Glenn seperti mengubah aura lagunya menjadi lagu-lagu berisi penyesalan, kesalahan, perselingkuhan, dan ketidakbahagiaan. Tersirat dari lirik dan nadanya yang amat berbeda dari sejumlah karya sebelumnya, bisa dibilang ia jadi tak sebahagia seperti di album Cinta Silver. Kini lagu-lagunya punya nuansa depresif dan patah semangat yang mengisyaratkan kegelisahan namun tetap indah untuk didengar. 


    11. Terserah (2008)



    Next, ada lagu Terserah yang menurut her world adalah lagu paling 'aneh' yang pernah ia buat karena menyiratkan kesan lelah pada cinta yang sedang dijalani. Kalau dulu lagu-lagu Glenn selalu identik dengan patah hati, kali ini lagunya malah berisi keinginan untuk meninggalkan pasangan yang sehari-hari ada di sisi. Sungguh lain. Tak seperti biasanya. Namun biar begitu, lagu ini banyak disukai oleh pasangan-pasangan yang harus berpisah di tengah jalan.


    12. Sabda Rindu (2012)



    Lama tak terdengar, akhirnya ia kembali muncul dengan lagu baru bertajuk Sabda Rindu yang menentramkan. Di sini, ada pendewasaan dari liriknya yang bercerita mengenai hubungan batin antara dirinya dengan situasi sendiri yang tengah ia nikmati. Namun yang menjadikan lagu ini indah adalah ucapan rindu yang ingin ia sampaikan pada seseorang yang sepertinya tak tergapai. Begitu anggun dan cocok didengarkan tengah malam sambil berteman lamunan. Ia pun hadir kembali sebagai Glenn Fredly yang senang mengagungkan cinta lewat nada, suara, dan kata-kata.


    13. Romansa ke Masa Depan (2019)



    Tujuh tahun berselang, tiba-tiba Glenn kembali mengubah image-nya dengan menyanyikan lagu bernada disko klasik yang kekinian dan enak untuk didengar. Kabar baiknya, di sini ia sepertinya sudah menemukan tambatan hati. Oleh karenanya nada ceria kembali hadir dalam karyanya. Nampak mudah menebak suasana hati Glenn? Sedikit banyak nampaknya iya. Karena terbiasa jujur dalam tiap lagunya, maka tak heran jika para penggemarnya amat mudah menebak-nebak apa yang sedang ia alami hanya dari jenis lagu dan lirik yang ia tumpahkan. Dengar saja nadanya, sepertinya sudah terbaca ia sedang dalam suasana hati yang bagaimana, kan


    14. Adu Rayu (2019)


    Langsung gempar sejak pemutaran pertamanya di Youtube, lagu serta video klip yang punya banyak alasan untuk dicintai ini memang lain dari biasanya. Tidak dinyanyikan sendiri melainkan bersama Tulus dan diaransemen bersama Yovie Widianto, lagu ini jadi salah satu lagu paling manis yang berisi kisah dilema 'standar' dalam percintaan. Namun karena dinyanyikan oleh Glenn dan Tulus serta diperankan video klipnya oleh Nicholas Saputra, Chicco Jerikho, dan Velove Vexia, maka Adu Rayu jadi terasa makin istimewa karena kita semua juga dimanja secara visual. Dengan lirik yang menggugah, mengetuk pintu hati, dan menjadikan kita secara tidak sadar berpikir ulang tentang makna cinta, lagu ini jadi salah satu lagu terakhir Glenn Fredly yang meninggalkan kesan baik bagi penggemarnya.


    15. Selesai



    Terakhir, lagu yang benar-benar membuat her world percaya bahwa cinta lamanya masih terbenam di dalam dada. Siapa sangka lagu ini pun jadi lagu penutup dalam kariernya sebagai seorang penyanyi, pencipta lagu, dan pejuang dalam belantika musik Indonesia. Lagu yang nyatanya nampak semakin 'gila' dalam meneriakkan rasa rindunya pada seseorang dari masa lalu.

    Semua lagunya yang menyatakan rindu biasanya selalu disertai dengan penekanan pada seseorang yang jauh dan tak terengkuh. Sebuah lagu cinta yang berisi kepiluan tak tertahankan di mana tergambar jelas dalam liriknya yang mengatakan "sungguh benar adanya cinta lama jangan dilawan", "rasa ini tak pernah selesai", dan "Waktu berulang di kisah berbeda. Namun cintaku berhenti di kamu", sudah cukup membuat hati kita yang mendengarnya jadi ikut hancur berantakan. Selesai pun berhasil jadi lagu penyelesaian yang benar-benar menyelesaikan semuanya. 

    Selamat jalan, legenda. Seluruh karyamu akan terbawa serta sampai tua. Luar biasa indahnya dan tak akan terlupa sampai kapan jua. Terima kasih sudah ada untuk Indonesia. Rest in love.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below