Simak 5 Kandungan & Rekomendasi Brightening Serum Terbaik!


  • Simak 5 Kandungan & Rekomendasi Brightening Serum Terbaik!
    Cara menggunakan, kandungan, hingga rekomendasi produk brightening serum terbaik. (Foto: Dok. Damir Khabirov/iStock)

    Memiliki wajah yang cerah dan glowing adalah impian semua wanita. Berbagai cara pun dilakukan seperti melakukan perawatan di klinik kecantikan dan menggunakan berbagai macam produk skincare. Meskipun hasilnya pasti memuaskan, perawatan di klinik kecantikan sering kali dihindari oleh banyak wanita karena memerlukan biaya yang mahal. Oleh karena itu, banyak wanita yang lebih memilih cara pelan namun pasti, yaitu dengan menggunakan skincare


    Produk skincare utama untuk memperbaiki kondisi dan mencerahkan kulit adalah brightening serum, sebuah formula serum yang mengandung konsentrasi bahan dan zat aktif yang berfungsi untuk menghambat produksi melanin sebagai penyebab flek hitam. Tak hanya itu, brightening serum juga berfungsi untuk mengatasi bekas jerawat, hiperpigmentasi, dan memudarkan spot hitam di permukaan kulit. 




    Cara Menggunakan Brightening Serum


    Kamu tidak disarankan untuk menggunakan brightening serum di seluruh permukaan kulit. Cukup gunakan jenis serum ini di area kecil yang ditargetkan, seperti bintik-bintik penuaan yang terlihat di wajah. Kandungan serum pencerah wajah juga cenderung meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar UV sehingga disarankan untuk digunakan di malam hari. Jika kamu ingin menggunakan di pagi hari, kamu wajib memakai tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. 


    brightening serum

    (Cara menggunakan brightening serum yang benar agar kulit tidak iritasi. Foto: Dok. cottonbro/Pexels)


    Kandungan Brightening Serum Yang Bagus


    Agar kulitmu tidak rusak, Her World akan memberi tahu beberapa kandungan yang bagus untuk pertimbangan kamu ketika sedang memilih produk brightening serum yang cocok. 


    1. Vitamin C

    Salah satu kandungan yang ampuh untuk mencerahkan wajah adalah vitamin C. Vitamin ini mampu menghambat pembentukan dan produksi melanin atau pigmen yang memberikan warna gelap pada kulit. Ketika wajah kekurangan vitamin C, noda atau spot hitam akan muncul dan bekas jerawat sulit untuk dihilangkan. Oleh karena itu, kamu bisa memilih brightening serum dengan kandungan utama vitamin C. Namun, perlu diperhatikan bahwa vitamin C tidak cocok untuk orang yang memiliki jenis kulit wajah sensitif karena mudah terkena iritasi dan dapat meningkatkan sensitivitas kulit. 


    2. Niacinamide 

    Niacinamide adalah bentuk lain dari vitamin B3. Kandungan ini memiliki sifat anti inflamasi. Niacinamide biasanya digunakan sebagai bahan kandungan utama serum yang berfungsi untuk mengatasi kemerahan, meningkatkan elastisitas kulit, serta membuat lapisan pelindung pada kulit. Selain itu, kandungan ini dipercaya dapat memperlambat pertumbuhan melanin pada kulit dan mencerahkan kulit sehingga dijadikan bahan untuk produk brightening serum. 



    (Kandungan brightening serum yang bagus untuk mencerahkan kulit. Foto: Dok. Polina Kovaleva/Pexels)


    3. AHA (Alpha Hydroxy Acid)

    AHA atau Alpha Hydroxy Acid adalah sebuah senyawa asam yang berfungsi sebagai eksfoliator atau pengangkat sel kulit mati yang ada di permukaan kulit. Serum yang mengandung senyawa AHA ampuh untuk membersihkan sel kulit mati yang menumpuk sehingga wajah bisa lebih bersih dan cerah. Tak hanya itu, kulit wajah juga bisa lebih sehat. Karena AHA bersifat sebagai eksfoliator, gabungkan serum yang mengandung AHA dengan produk skincare yang berfungsi untuk melembabkan kulit karena wajah akan kering setelah melakukan eksfoliasi. 


    4. Vitamin E

    Vitamin E adalah vitamin yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga efektif untuk mencegah kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Vitamin E bekerja sebagai penghalau radiasi dan sinar UV yang menyebabkan kulit menjadi lebih hitam karena efek pigmentasi. Dengan menggunakan brightening serum yang mengandung vitamin E, kulit akan tetap terjaga dan terhindari dari pigmentasi serta kerusakan karena paparan radiasi sinar UV matahari. 


    5. Asam ellagic 

    Asam ellagic adalah bahan alami yang biasanya terkandung dalam tanaman berry. Bahan ini sering dicari-cari karena memiliki efek whitening yang tinggi dengan tingkat risiko iritasi yang rendah. Ellagic acid menetralkan berbagai masalah kulit karena radikal bebas dari matahari dan mempersulit radikal bebas untuk masuk ke lapisan kulit. Berbeda dari bahan hydroquinone yang pemakaiannya memerlukan pengawasan dokter dan tidak boleh digunakan oleh ibu hamil, ellagic acid dijadikan sebagai alternatifnya yang cocok bagi semua jenis kulit.


    Selain beberapa kandungan di atas, masih ada banyak kandungan pencerah lainnya, seperti arbutin, esktrak plasenta, alpha arbutin, dan licorice extract


    (Baca Juga: Simak Rekomendasi Produk Body Care Untuk Remaja, Wajib Tahu!)


    Rekomendasi Produk Brightening Serum Yang Wajib Kamu Coba


    1. L'Oréal Glycolic Bright Instant Glowing Face Serum

    brightening serum

    (L'Oréal Glycolic Bright Instant Glowing Face Serum. Foto: Dok. L'Oréal Paris)


    Serum ini mengandung 1% glycolic acid untuk menyamarkan noda hitam hingga 57% dan niacinamide yang mampu mencerahkan kulit dan mencegah inflamasi. Serum ini cocok untuk menghaluskan kulit yang kasar dan aman untuk jenis kulit sensitif. Tak hanya itu, serum ini memiliki fungsi pelembap karena kandungan glycerin di dalamnya. Tersedia dalam ukuran 15ml dan 30ml, serum ini berada di kisaran harga mulai dari 105 ribu rupiah dan bisa dibeli di berbagai e-commerce dan toko-toko kosmetik terdekat. 


    2. Yves Rocher White Brightening Youth Essence 

    brightening serum

    (Yves Rocher White Brightening Youth Essence. Foto: Dok. Yves Rocher)


    Serum ini mengandung kombinas unik liquoricei dan white lupin yang ampuh mencerahkan kulit, ditambah dengan ekstrak scutellaria sebagai pelengkap untuk mengatasi spot hitam pada wajah. Serum ini juga memiliki kandungan yang bebas paraben, bebas pewarna, dan bebas minyak mineral sehingga aman untuk kulit wajah. Dalam pemakaian satu bulan, wajah terbukti bebas dari spot hitam dan memiliki tampilan yang semakin cerah dan sehat. Serum ini berada di kisaran harga mulai dari 809 ribu rupiah dan bisa dibeli di berbagai e-commerce dan toko Yves Rocher terdekat. 


    3. Somethinc Revive Potion 3% Arbutin + Bakuchiol

    brightening serum

    (Somethinc Revive Potion 3% Arbutin + Bakuchiol. Foto: Dok. Somethinc)


    Serum ini memiliki tiga whitening agent yang ampuh mencerahkan wajah secara maksimal, yaitu aplha arbutin, bakuchiol, dan SabiWhite. Selain mengurangi pigmentasi, serum ini juga menyamarkan bekas jerawat, melindungi kulit dari polusi dan radikal bebas, mencegah tanda penuaan, serta mengatasi beruntusan. Serum ini berada di kisaran harga mulai dari 39 ribu rupiah dan bisa dibeli di berbagai e-commerce dan toko-toko kosmetik terdekat. 


    4. Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed

    brightening serum

    (Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed. Foto: Dok. PopMama)


    Serum ini memiliki kandungan utama alpha arbutin dan grapeseed yang bekerja secara efektif untuk mencerahkan kulit dan berperan sebagai antioksidan yang baik. Serum ini juga mengatasi kulit yang kusam, bekas jerawat, serta spot hitam. Tak hanya itu, kulit akan semakin kencang dan terlindungi dari sinar matahari. Selain menyamarkan pori-pori, serum ini juga berperan sebagai pelembap karena kandungan glycerin di dalamnya. Serum ini berada di kisaran harga mulai dari 139 ribu rupiah dan bisa dibeli di berbagai e-commerce dan toko-toko kosmetik terdekat. 


    5. Garnier Bright Complete Vitamin C 30X Booster Serum

    brightening serum

    (Garnier Bright Complete Vitamin C 30X Booster Serum. Foto: Dok. Garnier)


    Brightening serum ini secara intensif mencerahkan kulit dan memberikan hasil nyata sejak hari ketiga pemakaian. Memiliki tekstur yang ringan, serum ini mudah meresap ke kulit. Bahan kandungan utama vitamin C di dalamnya berasal dari lemon yuzu Jepang ang secara intensif juga menghilangkan noda hitam dan bekas jerawat di wajah. Serum ini berada di kisaran harga mulai dari 80 ribu rupiah dan bisa dibeli di berbagai e-commerce dan toko-toko kosmetik terdekat. 


    (Baca Juga: Inilah 5 Rekomendasi Produk Untuk Memutihkan Ketiak)


    Itulah cara menggunakan brightening serum, kandungan bahan yang bagus untuk mencerahkan kulit, serta rekomendasi produk serum yang bisa kamu coba untuk miliki kulit yang cerah dan bersinar. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below