Fashion

Tips Memilih Warna Baju Yang Bikin Muka Cerah, Sudah Tahu?

By : Her World Indonesia - 2022-07-25 14:00:02 Tips Memilih Warna Baju Yang Bikin Muka Cerah, Sudah Tahu?

Tampil sempurna dengan outfit favorit tentu menjadi impian bagi semua orang, khususnya kamu para kaum wanita. Terlebih dalam berpenampilan, padu padan warna outfit yang dikenakan tentu dapat menentukan kesan baik atau buruk seseorang terhadap kamu. Memilih warna outfit pun harus dilakukan dengan cara yang benar agar penampilan kamu tidak akan terlihat tidak matching, tidak berlebihan, ataupun terlihat norak. 


Namun, tak hanya padu padan warna outfit yang perlu kamu perhatikan, ternyata warna atau tone kulit juga dapat menentukan cocok atau tidaknya penampilan kamu dengan warna baju tertentu, loh! Sebelum kamu memilih dan membeli baju atau pakaian apapun, alih-alih langsung memilih warna pakaian yang kamu suka, alangkah baiknya jika kamu mengenal warna kulitmu terlebih dahulu. Warna kulit yang terang maupun gelap sebetulnya tidak menghentikan kamu untuk mengenakan warna pakaian tertentu, namun yang terpenting adalah bagaimana kamu memadu padankan outfit agar terlihat cocok dan sempurna. 



(Warna kulit juga menentukan apakah warna baju cocok atau tidak. Foto: Dok. Phiromya Intawongpan/iStock)


Tanpa perlu khawatir, Her World akan membagikan rekomendasi warna baju yang bikin muka kamu semakin cerah berdasarkan jenis warna kulit kamu. Yuk, mari simak berikut ini!


1. Kulit Muka Berwarna Gelap



(Naomi Campbell adalah salah satu contoh model dengan kulit berwarna gelap. Foto: Dok. naomi/Instagram)


Banyak yang bilang kalau pemilik kulit berwarna gelap sulit memadu padankan dan bereksperimen dengan outfit, padahal hal itu tidak benar, loh! Kulit yang gelap justru membuat penampilan semakin eksotis dan menawan. Jika kamu memiliki warna kulit yang gelap, sebaiknya pilih baju atau pakaian dengan warna lembut seperti pastel, hijau tua, merah muda, putih klasik, cokelat keemasan, lavender, kuning lemon atau neon, merah tua, dan hijau neon. Namun, perlu diperhatikan lagi bahwa sebaiknya kamu menghindari mengenakan warna pakaian yang terlalu kontras dengan skin tone kamu. 


2. Kulit Muka Berwarna Kuning Langsat


Warna kuning langsat adalah warna kulit paling umum yang dimiliki oleh masyarakat di Indonesia. Pasalnya, orang berkulit cerah di Indonesia pun pasti memiliki sedikit warna kekuningan yang samar. Tenang saja warna kulit kuning langsat tidak akan menghalangi kamu untuk bebas bereksperimen mix and match dengan penampilan outfit kamu. Pemilik warna kulit kuning langsat biasanya dinilai fleksibel dan mudah beradaptasi dengan variasi warna apapun. Namun, agar lebih cocok dengan warna kulit kamu yang kuning langsat, sebaiknya pilih baju dengan warna tropis seperti kuning, merah, jingga, cokelat, navy blue, hot pink, biru, ungu, atau hijau. 


(Baca Juga: Padu Padan Cardigan Untuk Tampilan Lebih Modis)


3. Kulit Muka Berwarna Cerah



(Inspirasi padu padan outfit untuk warna kulit cerah seperti Jessica Jung. Foto: Dok. jessica.syj/Instagram)


Pemilik kulit yang putih atau cerah sebenarnya cocok menggunakan warna outfit apapun. Hal ini membuat padu padan warna outfit menjadi lebih fleksibel. Dari penampilan bold hingga elegan, pemilik warna kulit putih atau cerah bebas bereksperimen sesuka hati. Agar mencapai penampilan yang elegan, kamu bisa memilih baju atau pakaian dengan warna yang lembut dan memberikan kesan calm seperti pastel. Selain itu, kamu yang punya warna kulit cerah juga bisa memilih pakaian berwarna biru terang, cokelat, beige, off white, atau biru tua agar lebih terlihat segar dan cerah. Hindari warna kuning dan ungu tua karena akan memberikan kesan lebih tua dan memudarkan kecerahan warna kulit. 


4. Kulit Muka Berwarna Sawo Matang


Mayoritas masyarakat Indonesia memiliki warna kulit berwarna sawo matang. Pasalnya, warna kulit seperti ini adalah ciri khas dari ras mongoloid Melayu yang tersebar di Indonesia bagian barat dan tengah, seperti Kalimantan, Jawa, hingga Maluku. Bagi kamu yang memiliki kulit muka berwarna sawo matang, pastikan kamu memilih warna outfit yang cocok. Kamu bisa memilih baju atau pakaian dengan warna merah maroon, toska, ungu, beige, biru navy, putih klasik, cokelat, kuning atau kuning mustard, merah muda, dan hijau emerald. Padu padan warna outfit yang terang dan gelap juga terlihat cocok dan bagus bagi kamu yang memiliki kulit sawo matang. 


(Baca Juga: 7 Ide Padu Padan Outfit Serba Hitam untuk Tampil Modis)


Itulah rekomendasi Her World tentang warna baju yang bikin muka lebih cerah sesuai dengan warna kulit muka kamu. Semoga bermanfaat!


(Penulis: Andrea Nathania)



Fashion