Jangan Digosok, Ini 5 Cara Membersihkan Kacamata Yang Buram


  • Jangan Digosok, Ini 5 Cara Membersihkan Kacamata Yang Buram
    Cara membersihkan kacamata yang buram dengan bersih. (Foto: Dok. Doucefleur/iStock)

    Kacamata kamu sudah buram? Ini tandanya kacamata kamu perlu dibersihkan. Cara membersihkannya tentu harus dilakukan dengan alat dan metode yang benar. Sebelum itu, kamu wajib tahu terlebih dahulu kenapa kacamata yang buram harus dibersihkan secara rutin. Kacamata adalah hal yang kamu pakai setiap harinya sebagai benda yang vital terlebih jika memiliki mata minus.


    Di setiap kegiatan yang kamu lakukan, kacamata pasti selalu menggantung di wajahmu. Nah, kacamata harus dibersihkan secara rutin karena seiring banyaknya pemakaian kacamata, hal-hal seperti kotoran, pasir, minyak, dan sebagainya turut ikut menumpuk.




    Jika jarang dibersihkan, lensa kacamata kamu bisa menjadi buram sehingga akan menyebabkan mata kamu tegang dan sakit kepala jika dipaksa pakai secara terus menerus. Tak hanya itu, kotoran yang menumpuk di kacamata lama kelamaan akan menjadi sarang bakteri dan kuman yang berbahaya bagi kesehatan mata dan kulit. Maka dari itu, kacamata harus sering kamu bersihkan secara berkala. 



    (Jangan menggosok kacamata pada baju. Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)


    Sayangnya, masih banyak orang yang membersihkan kacamata hanya dengan  menghembuskan napas atau mengusapnya ke baju atau kain biasa. Alih-alih menjadi bersih, menggosokan lensa kacamata pada kain hanya akan merusak lensa kacamata. Oleh karena itu, Her World akan membagikan cara membersihkan kacamata kamu yang sudah buram berikut ini. 


    1. Cuci tangan terlebih dahulu sampai bersih dan lap hingga kering


    Kebersihan adalah yang paling penting sebelum mencuci kacamata. Pertama-tama, kamu wajib mencuci tangan terlebih dahulu hingga bersih. Ikuti aturan mencuci tangan yang sudah ada dan gunakan sabun cuci tangan yang membunuh kuman di kulit.


    Setelah itu, bilas tangan dengan air bersih yang mengalir hingga tidak ada sisa sabun. Kemudian, lap tangan dengan handuk bersih atau tisu sampai tangan kamu benar-benar kering. Langkah ini penting untuk dilakukan agar kotoran, virus, dan kuman di tangan tidak berpindah ke kacamata yang akan dibersihkan. 


    2. Basuh kacamata di bawah air bersih yang mengalir


    Setelah mencuci tangan hingga bersih, kini saatnya kamu membilas kacamata dengan air bersih yang mengalir. Kamu tidak perlu menggosoknya, cukup biarkan air mengalir pada seluruh bagian kacamata.


    Usahakan untuk tidak melakukan langkah ini di baskom atau air yang tidak mengalir agar kotoran yang sudah lepas tidak akan menempel kembali di kacamata. Langkah ini dilakukan untuk menghilangkan debu dan kotoran lain yang mudah dibersihkan serta untuk menghindari goresan pada lensa ketika dibersihkan. Agar tidak merusak lapisan lensa, jangan bilas kacamata dengan air panas maupun hangat.


    (Baca Juga: 5 Rekomendasi Kacamata Untuk Wajah Bulat)


    3. Gunakan cairan khusus pembersih kacamata atau sabun cuci piring


    Setelah melakukan langkah sebelumnya, pasti masih ada kotoran yang membandel di kacamata. Cukup teteskan sedikit cairan khusus pembersih kacamata di permukaan lensa kacamata.


    Jangan khawatir jika kamu tidak punya cairan khusus tersebut, American Optometric Association memaparkan bahwa kamu juga bisa menggunakan sabun cuci piring. Kamu juga bisa mengoleskan satu hingga dua tetes pada ujung jari terlebih dahulu sebelum menyentuh lensa. 


    4. Gosok perlahan lensa dan bingkai kacamata secara menyeluruh


    Di cara membersihkan kacamata yang buram selanjutnya ini, kamu benar-benar mencuci kacamatamu hingga bersih. Hal yang harus kamu lakukan adalah menggosok kedua lensa kacamata bagian luar dan dalam selama beberapa detik hingga terasa bersih. Kemudian, gosok bingkai kacamata dan bagian yang rentan menjadi endapan kotoran, debu, dan minyak yang berasal dari kulit wajah. 



    (Membersihkan kaca mata akan mencegah goresan dan menjaga kesehatan mata. Foto: Dok. Designecologist/Pexels)


    5. Bilas kacamata dengan air bersih hingga tidak tersisa bekas sabun


    Setelah menggosok hingga bersih, bilas kacamata dengan air mengalir yang bersih sampai tidak ada bekas sabun karena akan membuat lensa tergores saat dikeringkan. Pastikan kamu membilasnya secara perlahan-lahan agar tidak merusak lensa kacamata.


    Setelah tidak ada lagi bekas sabun atau tidak merasa ada bagian kacamata yang licin, itu tandanya kacamata kamu sudah terbilas sampai bersih. 


    6. Keringkan kacamata hingga tidak ada sisa air


    Setelah dibilas hingga bersih, goyangkan kacamata terlebih dahulu secara pelan agar meneteskan sisa air sebelum dikeringkan. Kemudian, kamu bisa gunakan lap bersih seperti kain microfiber atau kain apapun yang halus dan tidak berserat untuk membersihkannya.


    Lap kacamata hingga kering dan pastikan tidak ada sisa air yang mengendap. Setelah itu, lensa menjadi tidak buram lagi dan kacamata kamu siap digunakan kembali!


    (Baca Juga: 4 Kacamata Unik Tara Basro)


    Itulah cara membersihkan kacamata yang buram. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below