Tampil Stylish! 4 Cara Menentukan Ukuran Blazer Wanita


  • Tampil Stylish! 4 Cara Menentukan Ukuran Blazer Wanita
    Cara menentukan ukuran blazer wanita yang paling cocok. (Foto: Dok. cottonbro/Pexels)

    Salah satu fashion item yang menjadi outerwear paling favorit para wanita adalah blazer. Hal ini dikarenakan blazer membuat penampilan semakin stylish dan bold. Baru-baru ini, penggunaan blazer justru semakin digemari oleh kalangan anak muda. 


    Blazer terdiri dari berbagai model yang bisa dikenakan. Meskipun fashion item ini bisa meningkatkan penampilan, tidak semua model blazer cocok dengan tubuh kita. Alih-alih tampil stylish, mengenakan blazer yang tidak sesuai dengan ukuran dan bentuk tubuh akan membuat kita terlihat lebih pendek dan semakin aneh. Oleh karena itu, kita tidak boleh asal-asalan memilih model blazer




    Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar menghindari kesalahan penggunaan blazer ini. Agar kita semua paham, Her World sudah merampungkan cara mudah memilih ukuran blazer wanita yang bisa kita ikuti. Yuk, kita simak berikut ini!


    1. Pilih panjang blazer yang sesuai dengan tinggi tubuh


    ukuran blazer wanita

    (Penampilan lebih ideal dengan blazer crop untuk pemilik tubuh pendek agar terlihat lebih tinggi. Foto: Dok. Saint Laurent)


    Hal yang paling penting untuk diperhatikan saat memilih ukuran blazer yang cocok adalah tinggi tubuh kita. Jika tubuh kita cenderung tinggi, maka sebaiknya hindari memilih ukuran blazer yang pendek karena akan membuat tubuh terlihat tidak proporsional.


    Sebaliknya, jika tubuh kita cenderung pendek, maka sebaiknya hindari memilih ukuran blazer yang panjang karena akan membuat tubuh kita semakin terlihat pendek. Kita bisa mengenakan blazer crop agar tubuh terlihat lebih tinggi. Setelah menemukan ukuran blazer yang pas, padu padankan dengan celana high waist agar bentuk tubuh bisa terlihat dan penampilan lebih sempurna. 


    (Baca Juga: 7 Model Celana Jeans Yang Wajib Kamu Ketahui!)


    2. Curvy atau tidak? Pilih model blazer yang cocok!


    ukuran blazer wanita

    (Blazer yang menyempit di bagian pinggang cocok untuk pemilik bentuk tubuh curvy. Foto: Dok. Fireflies Official Store/JD.ID)


    Bagi pemilik bentuk tubuh yang cenderung curvy, blazer dengan model yang menyempit di bagian pinggang dan semakin melebar ke bawah cocok agar bentuk tubuh kita dapat terlihat sekalipun ketika mengenakan blazer.


    Sebaliknya, jika memiliki bentuk tubuh yang lurus tanpa lekukan, pilihlah model blazer dengan ornamen kancing di bagian tengah cocok agar tampilan tubuh lebih berisi. Model blazer yang cocok untuk pemilik tubuh kecil atau lurus adalah blazer boxy karena memiliki garis tegas pada bagian bahu. 


    3. Bagian pundak blazer harus sesuai dengan bagian atas tubuh kita


    ukuran blazer wanita

    (Blazer dengan bantalan di bagian pundak akan membuat pundak sempit terlihat lebih lebar dan ideal. Foto: Dok. ZARA)


    Banyak sekali pengguna blazer yang hanya melihat model blazer tanpa memperhatikan bagian pundaknya. Alhasil, banyak orang yang merasa tidak nyaman saat menggunakan blazer karena kesempitan atau terlalu longgar.


    Jika kita memiliki bahu yang cenderung lebar, pilihlah model blazer tanpa bantalan pundak atau yang memiliki kerah. Sebaliknya, jika kita memiliki bahu yang cenderung kecil atau tidak lebar, pilihlah blazer yang memiliki kerah atau agar pundak terlihat semakin lebar, pilih blazer yang mempunyai bantalan di bagian pundaknya. 


    Perhatikan juga bahwa kita harus bisa merentangkan tangan ke atas ketika mengenakan blazer sehingga bagian bahu tidak boleh terlalu sempit. 


    4. Temukan ukuran bust yang pas saat memilih blazer


    ukuran blazer wanita

    (Lingkaran dada atau bust jadi hal penting untuk diperhatikan saat memilih ukuran blazer wanita yang cocok. Foto: Dok. Mango)


    Bust adalah area di sekitar dada atau lingkaran dada. Bagi kaum wanita yang memiliki ukuran payudara besar, model blazer yang paling cocok adalah yang terbuka di bagian depan dan memiliki kerah yang panjang hingga ke bagian pinggang. Selain itu, hindari pemilihan blazer dengan hiasan yang terlalu ramai atau corak yang terlalu rumit.


    Sebaliknya, bagi kaum wanita yang memiliki ukuran payudara kecil, model blazer yang memiliki ukuran kerah yang besar cocok untuk dikenakan. Blazer dengan model double-breasted juga cocok bagi pemilik payudara kecil agar penampilan jadi semakin ideal. Jangan memilih blazer dengan ukuran yang terlalu besar agar tubuh masih terlihat dan penampilan tidak tacky.


    (Baca Juga: Pilihan Model Blazer Batik Untuk Wanita Gemuk)


    Itulah cara memilih ukuran blazer wanita yang telah dirampung oleh Her World agar penampilan kita lebih sempurna. Tenang saja, ukuran tubuh tidak akan menghalangi kamu untuk tampil stylish dengan blazer. Jadi, model blazer seperti apa yang cocok dengan kamu?


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below