YouTube "Lofi-Girl" Stop Streaming, Kenapa Penonton Geram?


  • YouTube
    Kanal YouTube Lofi Girl berhenti streaming setelah dua tahun lebih. (Foto: Dok. Lofi Girl/YouTube)

    Bagi yang suka belajar atau bekerja ditemani dengan live streaming animasi wanita berbaju hijau menggunakan headphone dengan alunan musik low-fidelity (Lo-fi), kali ini harus menelan berita pahit karena live streaming tersebut akhirnya berhenti setelah lebih dari dua tahun pada hari Minggu, 10 Juli 2022.


    Kedua video siaran langsung yang diunggah oleh kanal YouTube bernama Lofi Girl dengan 10,7 juta subscribers ini terpaksa dihentikan karena dilaporkan telah melanggar hak cipta oleh seseorang di Malaysia. Namun, telah diketahui kebenarannya bahwa klaim tersebut ternyata tidak benar adanya. 




    Terdapat dua video siaran langsung yang dihentikan, yaitu "lofi hip hop radio - beats to relax/study to" yang menyajikan music Lo-fi untuk didengarkan saat bekerja dan belajar, maupun saat bersantai. Siaran langsung berikutnya adalah "lofi hip hop radio - beats to sleep/chill to" yang menyajikan berbagai soundtrack penghantar tidur. 


    lofi girl

    (Kedua video live streaming Lofi Girl yang dihentikan. Foto: Dok. Lofi Girl/YouTube)


    Merespon permasalahan yang membuat penonton geram ini, YouTube meminta maaf atas kejadian ini dan sedang berusaha agar video-video tersebut bisa diakses dalam waktu dekat. Lantas, apa yang membuat penonton geram? Apa itu Lo-fi dan mengapa banyak yang menyukainya? Mari kita simak berikut ini!


    (Baca Juga: 5 Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan)


    Apa Itu Lo-Fi?

    Lo-Fi adalah singkatan dari low-fidelity, musik yang mengacu pada karakteristik suara rendah dan tidak halus, gabungan antara musik genre hip hop dan jazz yang dimodifikasi kembali menjadi sederhana. Kombinasi ini membuat musik Lo-fi mudah melekat dan diingat, menjadikannya favorit para remaja. 


    Musik Lo-fi menekankan kualitas rekaman analog buatan sendiri yang sedikit jauh dari sempurna sehingga hasilnya terkesan orisinal dan santai. Musik Lo-fi sering diiringi oleh suara-suara alami yang sering kita temukan di sekitar kita, seperti background noise saat orang-orang berbincang, suara rintikan hujan, dan sebagainya.


    Ketukan dan melodi yang digunakan pada musik Lo-fi memiliki durasi yang singkat dan biasanya diulang-ulang menjadikannya sebuah lagu yang melekat di kepala pendengarnya. 



    (Musik Lo-fi banyak dinikmati pencinta musik karena efek relaksasinya. Foto: Dok. ComicSans/iStock)


    Musik ini banyak diminati karena pembawaannya relatif tenang. Alih-alih bekerja dengan musik bertempo cepat yang membuat tidak fokus, musik Lo-fi justru membantu kita untuk relaksasi di tengah kesibukan. Selain itu, musik Lo-fi biasanya tidak mengandung lirik sehingga membantu kita untuk lebih fokus pada pekerjaan yang sedang diselesaikan.


    Ditambah dengan suara rintik hujan, gemercik air, hutan-hutanan, dan suara kicauan burung yang sering kita dengar, musik Lo-fi adalah pilihan terbaik yang banyak dinikmati oleh orang-orang yang tidak suka dengan musik bertempo cepat namun ingin ditemani oleh alunan musik saat bekerja. 


    (Baca Juga: 53 Lagu Tahun 2000'an yang Sering Dikira 90'an)


    Jika ingin mendengarkan lagu-lagu Lo-fi, kita tinggal mencari dengan kata kunci 'Musik Lofi' dan berbagai playlist yang menyajikan musik Lofi akan muncul untuk kita nikmati. Tanpa perlu khawatir, kanal YouTube Lofi Girl sudah memulai sebuah video live streaming baru, menyajikan berbagai track musik Lo-fi untuk dinikmati saat belajar dan bekerja. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Andrea Nathania)

    Tags: lofi girl



  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below