Ubud Food Festival Rayakan Tokoh di Balik Kuliner Tanah Air


  • Ubud Food Festival Rayakan Tokoh di Balik Kuliner Tanah Air
    Momen di Ubud Food Festival 2022. (Foto: Dok. UFF 2022)

    Dua tahun lalu, festival kuliner tahunan persembahan Yayasan Mudra Swari Saraswati rencananya kembali berlangsung di Ubud, Bali. Rencananya tema “Heroes” dipilih untuk mengapresiasi tokoh-tokoh yang berperan dalam perkembangan kuliner Indonesia sekaligus merayakan para chef internasional yang memberikan dirinya untuk menjaga tradisi kuliner sekaligus berbagi kisah hidup melalui makanan yang tersaji.


    Namun, selebrasi bagi para tokoh di balik dunia kuliner Tanah Air ini harus dirayakan dua tahun setelah perencanaan, tepatnya pada tahun 2022 ketika pandemi mulai menurun. Pada Juni 2022, Ubud Food Festival 2022 kembali digelar dan apresiasi bagi para pakar kuliner dan chef di balik kuliner Tanah Air.




    (Baca Juga: PA.SO.LA Suguhkan Dining Experience Memukau Dari KONG Bali)


    Ubud Food Festival 2022 atau disingkat UFF22 mengangkat tema yang tertunda pada tahun 2020. Budaya kuliner Nusantara jadi pusat perhatian festival ini setiap tahun diadakannya dan merefleksikan industri kuliner di masa pandemi, momen tahun ini jadi terasa lebih istimewa. Plus, sosok William Wongso, chef dan pakar kuliner yang berdedikasi untuk mengeksplorasi dan melestarikan kuliner Indonesia pun diberi penghargaan Lifetime Achievement di UFF 2022.


    “Dengan tema “Heroes”, kami ingin Anda bertemu dengan pahlawan kuliner Indonesia tanpa tanda jasa, para ibu dan ayah yang memasak resep warisan keluarga mereka di rumah. Kami ingin merayakan kontribusi besar dalam mencipatakan cita rasa yang kita cintai. Kami juga ingin memberi penghormatan kepada para pahlawan muda COVID, pengusaha makanan dan agropreneur kami yang menciptakan karier baru serta membawa inovasi yang mengesankan ke dalam arena kuliner,” ungkap pendiri dan direktur UFF, Janet De Neefe


    ubud food festival 2022

    (Ubud Food Festival 2022. Foto: Dok. UFF 2022)


    Beragam menu makan siang yang tradisional dan istimewa, serta yang biasa disajikan di meja makan pun berhasil menghadirkan nostalgia kepada para pengunjung. Lalu, para koki lokal dan pengunjung pun berkolaborasi menyajikan menu terbaik di salah satu restoran di Ubud.




    Selain itu, berbagai demo masak hingga sesi dialog yang membahas cara untuk bertahan dari pandemi sekaligus kondisi Bali pasca pandemi, semua hadir menyempurnakan festival kuliner ini.


    Tak hanya koki lokal, beberapa pakar kuliner internasional pun juga membagikan kreasi, pengalaman, dan ilmu kepada sesama penggiat industri kuliner. Selama tiga hari, perjalanan bernostalgia dan belajar pun serasa tak kunjung dan ingin berakhir. Memasuki tahun keenam, festival ini berhasil mengepakkan sayapnya dengan sebuah kolaborasi yang akan menghadirkan UFF ke Jawa Barat, tepatnya di Bandung selama dua hari. Sejak pertama kali dilaksanakan pada 2015, Ubud Food Festival terus berkembang dan berusaha untuk menjadi wadah bagi kuliner, khususnya kuliner Tanah Air agar semakin banyak dikenal.


    (Baca Juga: Mewah! Penginapan Ramah Lingkungan di Alila Villas Uluwatu)


    Buat kamu yang kelewatan UFF 2022 di Bali, tertarik untuk menghadiri festivalnya di Bandung?





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below