Simak 6 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Dan Efektif


  • Simak 6 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Dan Efektif
    Cara menghilangkan komedo secara alami dan efektif. (Foto: Dok. aldarinho/iStock)

    Komedo merupakan sebuah gumpalan minyak atau sebum pada wajah yang muncul ke permukaan kulit sebagai bintik hitam atau putih. Pada permukaan kulit wajah, komedo kerap muncul di bagian hidung. Tidak hanya di wajah, komedo juga bisa muncul di bagian tubuh lainnya, seperti leher, dada, bahu, punggung, atau lengan. 


    Komedo dapat terbentuk karena kulit memiliki produksi sel kulit mati yang berlebihan. Selain itu, polusi, udara yang pengap, dan cuaca yang panas juga bisa mempengaruhi keadaan kulit wajah dan memicu munculnya kelenjar minyak yang lebih aktif sehingga komedo bisa muncul. Pada beberapa orang, komedo bisa muncul karena perubahan hormon karena terjadi peningkatan produksi sebum di kelenjar minyak. Perubahan hormon bisa terjadi karena masa pubertas, menstruasi, kehamilan, dan sebagainya.




    (Baca Juga: Fakta Tentang Komedo Yang Perlu Anda Ketahui)


    Tidak sedikit orang yang menggunakan pore strip, seperti yang banyak dijual di toko-toko swalayan. Namun, pore strip justru menyebabkan pori-pori wajah semakin besar dan akan meningkatkan risiko munculnya komedo. Alih-alih menggunakan produk berbahan dasar kimia, alangkah baiknya jika kita mencoba cara menghilangkan komedo secara alami.


    Yuk, kita intip cara menghilangkan komedo secara alami agar wajah tetap sehat dan terawat!


    1. Lidah Buaya


    cara menghilangkan komedo secara alami

    (Lidah buaya. Foto: Dok. kaanates/iStock)


    Lidah buaya memiliki kandungan antioksidan dan aloin yang tinggi, yang mana kedua hal ini efektif ampuh mengatasi masalah kulit dan mengatasi komedo yang membandel di permukaan wajah. Siapkan lidah buaya dan kupas kulitnya. Cukup ambil gel dari daging lidah buaya dan oleskan pada wajah. Setelah menunggu sampai lidah buaya mengering, bilas wajah sampai bersih dengan air dingin agar menutup pori-pori wajah.


    2. Oatmeal


    cara menghilangkan komedo secara alami

    (Oatmeal. Foto: Dok. kaanates/iStock)


    Oatmeal merupakan salah satu cara menghilangkan komedo secara alami. Dengan tekstur yang hampir menyerupai scrub, oatmeal dapat menjadi sebuah alternatif untuk mengangkat sel kulit mati di wajah, khususnya komedo yang tidak kunjung hilang. Kita bisa menyiapkan oatmeal dan mencampurkannya dengan yoghurt sampai rata. Kemudian, oleskan campuran oatmeal dan yoghurt pada area yang memiliki komedo dan cukup tunggu selama 10 menit. Setelah itu, bilas masker oatmeal dengan air dingin sampai bersih. 


    3. Kulit Jeruk


    cara menghilangkan komedo secara alami

    (Kulit jeruk. Foto: Dok. pederk/iStock)


    Tidak hanya buahnya saja yang memiliki khasiat baik untuk kesehatan dan kecantikan wajah, kulit jeruk juga memiliki kandungan yang luar biasa, loh! Kulit jeruk juga mengandung kadar vitamin C yang cenderung lebih banyak dibandingkan daging buahnya. Kulit jeruk juga mengandung antioksidan yang baik untuk mendorong perbaikan kerusakan kulit karena paparan radikal bebas. Bersihkan kulit jeruk dan haluskan dengan air sampai berbentuk seperti pasta. Setelah itu, oleskan masker kulit jeruk pada kulit dan tunggu 10-15 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin hingga bersih. 


    4. Baking soda


    cara menghilangkan komedo secara alami

    (Baking soda. Foto: Dok. Geo-grafika/iStock)


    Baking soda memang terkenal sebagai bahan eksfoliasi wajah yang alami. Namun, perlu diperhatikan bahwa baking soda tidak cocok untuk pemilik kondisi kulit wajah sensitif karena kandungannya yang keras. Siapkan baking soda dan campurkan dengan air sampai mengental. Kemudian, aplikasikan adonan tersebut pada daerah yang memiliki komedo dengan jari. Setelah menunggu dua hingga tiga menit, bilas wajah dengan air dingin hingga bersih. Untuk hasil yang optimal, lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu. 


    5. Cuka Apel


    cara menghilangkan komedo secara alami

    (Cuka Apel. Foto: Dok. Dannko/iStock)


    Selain mengatasi komedo, cuka apel juga membantu mengurangi peradangan dan mempunyai efek antibakteri sehingga mengangkat tuntas kotoran yang ada di dalam komedo. Campurkan dua sendok makan cuka apel ke dalam segelas air hangat. Oleskan dengan menggunakan jari pada kulit wajah yang memiliki komedo. Setelah didiamkan selama 20 menit, bilas wajah dengan air dingin hingga bersih. Lakukan cara ini dua hingga tiga kali seminggu agar mencapai hasil yang optimal. Cuka apel memiliki kandungan asam yang tinggi dan menyebabkan kulit menjadi kering sehingga cara ini sebaiknya tidak dilakukan oleh pemilik wajah yang kering dan sensitif agar tidak menyebabkan kulit wajah semakin kering dan iritasi. 


    6. Putih Telur dan Lemon


    cara menghilangkan komedo secara alami

    (Putih telur. Foto: Dok. SKC/Stocksy United)


    Putih telur mengandung protein yang ampuh untuk menghilangkan komedo dan membuat wajah terlihat lebih cerah. Cukup pisahkan putih telur ke dalam sebuah mangkok dan tambahkan beberapa tetes perasan lemon, campurkan hingga merata. Oleskan campuran putih telur dan lemon ke area yang memiliki komedo. Setelah didiamkan lima menit atau sampai campuran mengering, pijat wajah untuk merontokkan campuran tersebut. Kemudian, bilas wajah dengan air dingin hingga bersih. Lakukan cara ini dua kali dalam seminggu untuk mencapai hasil yang optimal. 


    (Baca Juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Komedo di Dagu Dengan Mudah?)


    Itulah cara menghilangkan komedo secara alami. Siap berantas komedo membandel?


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below