Ini 6 Penyebab & Cara Mencegah Mata Panda Hitam


  • Ini 6 Penyebab & Cara Mencegah Mata Panda Hitam
    Penyebab dan cara mencegah mata panda hitam. (Foto: Dok. Mass Eye And Ear)

    Dari sekian banyak permasalahan pada wajah yang bisa dialami seseorang, mata panda adalah salah satu yang biasanya muncul. Kondisi ini kerap menyebabkan seseorang menjadi terganggu dan tidak nyaman. Orang tersebut akan terlihat lelah dan bahkan kepercayaan dirinya menurun ketika memiliki mata panda. 


    Mata panda sebenarnya bisa dialami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita, baik usia muda maupun dewasa. Kondisi ini dapat terlihat ketika seseorang memiliki kantung mata yang lebih gelap daripada warna kulit wajah di sekitarnya. Istilah mata panda muncul karena adanya lingkaran kehitaman yang mengelilingi mata seperti panda. Lingkaran hitam tersebut tidak berbahaya, namun bisa mengganggu kenyamanan orang. 




    (Baca Juga: Lakukan 10 Rutinitas Sehat Ini Sebelum Tidur!)


    Ada beberapa penyebab dari mata panda hitam. Penasaran apa saja? Yuk, kita simak!


    1. Kurang tidur


    Kurang tidur menjadi penyebab munculnya mata panda yang paling umum. Kurang tidur bisa menyebabkan mata panda karena ketika kita tidak cukup tidur, darah tidak mampu mengalir dengan baik ke daerah sekitar mata. Hal ini menyebabkan darah yang menumpuk di bawah mata dapat terlihat karena kulit di sekitar mata sangatlah tipis. Selain itu, kurang tidur juga bisa menyebabkan mata bengkak dan wajah terlihat kusam. 


    2. Dehidrasi


    Selain kurang tidur, mata panda juga bisa muncul di wajah ketika kita mengalami dehidrasi. Dehidrasi terjadi karena tubuh kekurangan cairan. Biasanya, dehidrasi akan terjadi ketika kita kurang minum cukup air setiap harinya. Dehidrasi menyebabkan kulit di bagian bawah mata terlihat cekung dan kusam sehingga bisa menyebabkan mata panda. 


    3. Menatap layar terlalu lama


    Menatap layar televisi, komputer, telepon genggam dalam kurun waktu terlalu lama akan menyebabkan mata menjadi tegang. Kondisi ini menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata membesar dan kulit di sekitar mata menjadi lebih gelap sehingga muncul mata panda. 


    3. Paparan sinar matahari


    Berada di bawah sinar matahari dan terkena paparan dalam waktu yang lama akan mendorong tubuh untuk menghasilkan lebih banyak melanin atau pigmen yang mmembuat kulit menjadi lebih gelap. Ketika mata kita terpapar oleh sinar matahari dalam waktu yang lama, pigmentasi di sekitar daerah mata akan terjadi dan hal ini akan menimbulkan mata panda hitam. 


    4. Merokok dan mengonsumsi alkohol


    Gaya hidup juga mempengaruhi mata panda hitam pada wajah. Ketika gaya hidup kita tidak sehat, seperti sering merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, wajah kita akan lebih mudah mengalami mata panda hitam. Terlalu banyak atau sering merokok dan mengonsumsi alkohol akan menyebabkan aliran darah di kulit menjadi tidak lancar. Hal ini menyebabkan daerah di sekitar mata pun akan terlihat lebih gelap. Tidak hanya itu, rokok akan memicu kerusakan kolagen sehingga kulit wajah akan lebih terlihat tua dan kusam.


    5. Keluarga memiliki riwayat mata panda


    Mata panda juga bisa disebabkan karena faktor genetik. Ketika kita memiliki anggota keluarga atau orang tua dengan kecenderungan tinggi memiliki mata panda hitam, maka semakin tinggi juga kemungkinan kita akan mengalami hal yang sama. Orang yang memiliki kulit lebih gelap juga semakin tinggi risiko untuk memiliki mata panda hitam.


    6. Alergi


    Alergi juga bisa memicu mata panda hitam di wajah. Hal ini dikarenakan tubuh melepaskan senyawa histamin sebagai respons pada pemicu alergi. Histamin dapat membuat pembuluh darah semakin lebar terlebih di wajah dengan kulit tipis, yaitu mata, sehingga akan muncul mata panda.


    mata panda hitam

    (Cegah mata panda hitam dengan cara berikut ini. Foto: Dok. LittleBee80/iStock)


    Pada umumnya, mata panda hitam bisa ditutupi dengan make up. Namun, cara itu tidak akan menghilangkan mata panda dari wajah. Lakukan cara ini untuk mencegah munculnya mata panda di wajah!


    Cara Mencegah Mata Panda


    1. Tidur yang cukup


    Karena kurang tidur bisa menyebabkan mata panda, maka yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya adalah mendapat tidur yang cukup setiap harinya. Cukup artinya tidak terlalu banyak dan tidak kekurangan waktu tidur. Waktu istirahat atau tidur yang normal setiap malamnya adalah tujuh hingga sembilan jam untuk orang dewasa. 


    2. Gunakan krim mata


    Mata yang kering akan memperparah risiko mata panda sehingga kita wajib menggunakan krim mata setiap hari. Pilihlah krim yang mengandung retinol atau vitamin C yang efektif ampuh mencerahkan lingkaran hitam di mata. 


    3. Mengompres mata


    Kita bisa mencegah mata panda hitam dengan rutin mengompres mata. Cukup bungkus beberapa es batu di dalam kain bersih dan letakan pada area mata dalam keadaan mata tertutup. Kemudian, diamkan selama 20 menit. Cara ini bisa mengurangi perubahan warna dan pelebaran pembuluh darah di area mata. Lakukan selama dua sampai tiga kali dalam seminggu. 


    4. Menghindari konsumsi kafein, minuman beralkohol, dan merokok


    Kafein, alkohol, dan rokok dapat memperparah kondisi mata sehingga kita harus membatasi konsumsi ketiga hal tersebut. Dengan melakukan cara ini, kita bisa menghindari dehidrasi pada wajah sehingga dapat mencegah munculnya mata panda hitam.


    (Baca Juga: 6 Cara Efektif Menghilangkan Kerutan Di Bawah Mata)


    Itulah penyebab dan cara mencegah mata panda hitam. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below