Gempar! Gaun Marilyn Monroe Rusak, Ulah Kim Kardashian?


  • Gempar! Gaun Marilyn Monroe Rusak, Ulah Kim Kardashian?
    Gaun Marilyn Monroe Rusak Usai Dikenakan Kim Kardashian. (Foto: @kimkardashian, @marilynmonroecollection/Instagram)

    Penampilan Kim Kardashian yang menjadi sorotan publik di Met Gala 2022 lalu mengenakan gaun ikonis yang pernah dikenakan Marilyn Monroe dikabarkan berujung ironis. Gaun yang bernilai historis tersebut ditemukan dalam kondisi rusak setelah dikenakan Kim Kardashian. Bagian kain sedikit sobek dekat ritsleting belakang, bahkan beberapa kristal dan sequin juga hilang dari asalnya dan beberapa lainnya hampir putus.


    Kim Kardashian



    (Gaun Marilyn Monroe sesudah dikenakan Kim Kardashian. Foto: @marilynmonroecollection/Instagram)


    Penuh nilai historis

    Gaun berwarna champagne dengan detail kristal tersebut pernah dikenakan Marilyn Monroe di sebuah acara pada 19 Mei 1962 silam, di mana ia menyanyikan lagu Happy Birthday untuk mantan presiden Amerika Serikat, John F. Kennedy. Acara tersebut berlangsung tiga bulan sebelum Monroe tutup usia.


    Kim Kardashian

    (Marilyn Monroe dalam balutan gaun Happy Birthday, Mr President. Foto: JOHN F KENNEDY PRESIDENTIAL LIBRARY/AP)

    Busana yang populer dengan julukan 'gaun Happy Birthday, Mr. President' itu dianggap sebagai gaun termahal sedunia, dengan museum Ripley’s Believe or Not! Florida membelinya pada 2016 lalu dengan harga USD 4,8 juta (setara dengan Rp 70,7 miliar dengan kurs saat ini).


    Kim rela melakukan diet

    Kim Kardashian meminjam gaun tersebut untuk menghadiri gelaran Met Gala, yang mengusung tema busana atau dresscode “Gilded Glamour”. Ripley’s awalnya menolak meminjamkan gaun Marilyn Monroe karena gaun itu berukuran lebih kecil dari ukuran Kim Kardashian. Namun Kim rela menurunkan berat badan sebanyak 16 pound atau sekitar tujuh kilogram demi muat dalam gaun tersebut.


    Kim Kardashian

    (Kim Kardashian kenakan gaun Marilyn Monroe di Met Gala. Foto: @kimkardashian/Instagram)

    (Baca juga: Apa Saja Yang Perlu Kamu Ketahui Seputar Met Gala 2022)


    Penampilan kontroversial Kim banyak menuai kecaman, termasuk dari Bob Mackie yang merupakan perancang gaun indah tersebut. Bob Mackie mengutarakan ketidaksetujuannya pada bulan Mei lalu. Ia berpendapat gaun itu khusus dirancang untuk Marilyn Monroe sehingga tidak boleh ada orang lain yang memakainya. Para konservator fashion juga sepakat bahwa gaun yang sudah berusia lebih dari 60 tahun itu mungkin cukup rentan jika dipaksakan untuk dipakai Kim Kardashian.


    Penampilan gaun sebelum dan sesudah

    Akun Instagram Marilyn Monroe Collection pun mengungkapkan kekecewaannya pada Ripley’s Believe It or Not, yakni pihak yang menyimpan dan meminjamkan gaun Marilyn Monroe pada Kim Kardashian.


    Dua gambar membandingkan kondisi awal yang diambil tahun 2016 dan kondisi setelah gaun dikembalikan menunjukkan perbedaan cukup signifikan. Melengkapi gambar tersebut, sebuah video yang diunggah akun Instagram Diet Prada menunjukkan bagaimana proses fitting gaun dipakai Kardashian turut disertakan. Tim stylist berusaha agar ritsleting bisa tertutup sempurna saat memakaikannya.


    Kim Kardashian

    (Perbandingan kondisi gaun Marilyn Monroe sebelum dan sesudah dikenakan. Foto: @marilynmonroecollection/Instagram)


    (Baca juga: Deretan Busana Terbaik Met Gala Dari Masa Ke Masa)


    Kejadian tersebut pun memberikan pelajaran bagi insan di industri fashion maupun entertainment, agar tidak sembarangan dalam menggunakan busana yang bernilai historikal tinggi. Semoga kejadian ini tidak terulang lagi, ya!


    (Penulis: Girah Ababyl M.K.)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below