Cari Tahu Segudang Manfaat Tomat Untuk Kesehatan


  • Cari Tahu Segudang Manfaat Tomat Untuk Kesehatan
    Manfaat Tomat Untuk Kesehatan. (Foto: Dok. Kuvona/iStock)

    Tomat merupakan buah yang umum dikonsumsi oleh masyarakat tanah air dan seringkali diolah menjadi jus. Buah berwarna merah dengan rasa manis dan segar membuat tomat seringkali dijadikan pelengkap untuk makanan berat, baik lokal maupun internasional. Disajikan seperti apapun, kenikmatan tomat tidak dapat diabaikan.




    Tetapi tahukah kamu bahwa selain rasanya yang nikmat, tomat juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh? Mari simak beragam manfaat tomat untuk kesehatan.


    (Baca Juga: 6 Manfaat Hebat Tomat Untuk Atasi Masalah Kulit)


    1. Kaya Vitamin dan Nutrisi

    Ditemukan pertama kali di Amerika Selatan, tomat adalah buah dengan warna merah indah yang kaya akan vitamin. Setiap buah tomat mengandung lemak, karbohidrat, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan zat besi. Satu buah tomat dapat memenuhi kebutuhan vitamin A dan C per hari.


    Kombinasi kedua vitamin tersebut merupakan sumber antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Selain itu, vitamin A dan C berfungsi untuk melindungi kesehatan gigi dan gusi, mempercepat pemulihan luka, mencegah pendarahan pembuluh darah halus, melindungi organ penglihatan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta reproduksi.


    2. Melancarkan Proses Pencernaan

    Manfaat Tomat

    (Tomat Melancarkan Proses Pencernaan. Foto: Dok. Tharakorn/iStock)

    Manfaat tomat untuk kesehatan lainnya adalah melancarkan proses pencernaan. Konstipasi dan sembelit tentu mengganggu kegiatan sehari-hari. Kandungan air dan serat pada tomat dapat mencegah konstipasi dan sembelit. Selain untuk melancarkan proses pencernaan, mengonsumsi tomat pada saat diare juga dianjurkan.


    Meskipun tinggi serat, tomat aman dan baik dikonsumsi ketika sedang diare, karena tomat berfungsi untuk menggantikan nutrisi-nutrisi yang hilang saat diare.


    3. Mengurangi Risiko Kanker 

    Kanker merupakan sel abnormal yang tidak terkendali dalam tubuh, dan seringkali menyerang organ tubuh lainnya. Kandungan vitamin C, antioksidan, dan beta-karoten pada tomat dapat mengurangi risiko penyakit kanker.


    Sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Molecular Cancer Research menjelaskan bahwa mengonsumsi beta-karoten dapat mencegah pertumbuhan tumor pada kanker prostat. Selain mencegah kanker prostat, konsumsi buah tomat dapat mengurangi risiko penyakit kanker lainnya seperti kanker pada saluran pencernaan.


    4. Menjaga Kesehatan Jantung

    Manfaat Tomat

    (Tomat Menjaga Kesehatan Jantung. Foto: Dok. Tharakorn/iStock)

    Penyakit jantung seperti serangan jantung dan stroke adalah penyebab kematian paling umum di dunia. Kandungan antioksidan pada tomat yang dikenal dengan likopen terbukti mengurangi risiko penyakit jantung. Dalam jurnal Food Science and Nutrition dijelaskan bagaimana tomat berperan dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolestrol pada orang dewasa yang lebih mudah terpapar penyakit jantung.


    5. Aman untuk Pengidap Diabetes

    Bagi pengidap penyakit diabetes, menjalani diet sehat sudah umum untuk dilakukan. Pengidap diabetes harus rutin mengonsumsi makanan bergizi seimbang, khususnya yang kaya serat dan memiliki indeks glikemik (GI) rendah. GI adalah sistem pengaturan yang menunjukkan seberapa cepat makanan diubah menjadi gula darah.


    Tomat termasuk dalam kategori makanan kaya serat dan GI rendah. Oleh karena itu, tomat dapat menjadi makanan yang aman dan bermanfaat bagi pengidap diabetes. Dengan GI yang rendah, tomat tidak akan menyebabkan tingginya gula darah pada pengidap diabetes. Buah ini melepaskan gula secara perlahan ke aliran darah, sehingga gula dapat diolah tubuh secara efektif.


    6. Menjaga Kesehatan Kulit

    Manfaat Tomat

    (Tomat menjaga kesehatan kulit. Foto: Dok. primipil/iStock)

    Selain untuk menjaga kekebalan tubuh, vitamin C pada tomat berfungsi untuk menstimulasi produksi kolagen pada kulit. Dengan demikian, tomat dapat membantu elastisitas kulit supaya kulit menjadi lebih kencang. Manfaat tomat untuk kesehatan kulit lainnya adalah membantu menghilangkan sel kulit mati. Eksfoliasi atau pengikisan sel kulit mati pada kulit dapat meningkatkan kesehatan kulit dan penampilan kulit.



    (Baca Juga: 9 Manfaat Masker Tomat untuk Kulit Wajah)


    Vitamin B pada tomat berperan penting pada kesehatan kulit, khususnya dalam mencegah penuaan, garis-garis halus, dan kerutan. Selain itu, vitamin B bermanfaat untuk memperbaiki sel kulit, hiperpigmentasi, dan kerusakan akibat sinar matahari. Selanjutnya, kandungan kalium dalam tomat membantu melembapkan kulit.


    Kulit kering tanpa perawatan dari luar dan dalam akan menyebabkan kulit gatal dan pecah-pecah. Oleh karena itu, menggunakan tomat dapat menjadi solusi untuk mencegah permasalahan kulit kamu.


    Sebagai buah dengan harga yang sangat terjangkau dan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, tomat sangat disarankan untuk dikonsumsi secara rutin. Yuk rutin mengonsumsi tomat dan rasakan segudang manfaatnya untuk kesehatan!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below