Qatar Airways Luncurkan Metaverse di Maskapai Penerbangan


  • Qatar Airways Luncurkan Metaverse di Maskapai Penerbangan
    (Metaverse yang dibuat oleh Qatar Airways. Foto: Dok. Qatar Airways)

    Qatar Airways resmi memasuki metaverse dengan meluncurkan pengalaman virtual reality (VR) bernama QVerse. Pengalaman ini bisa dirasakan secara langsung oleh pengunjung situs resmi maskapai. 


    Akbar Al Baker selaku Chief Executive Qatar Airways Group mengatakan, para pengunjung yang menggunakan situs www.qatarairways.com/QVerse kini dapat melakukan tur dan menavigasi area Check-in Premium di Bandara Internasional Hamad (HIA) secara virtual. 




    Selain itu, para pengunjung juga bisa merasakan interior pada kabin pesawat maskapai termasuk kelas bisnis pemenang penghargaan, Qsuite, dan kabin kelas ekonomi. Pengalaman ini bisa dirasakan hanya dengan menggunakan Perangkat Elektronik Pribadi (PED) mereka sendiri. Maskapai nasional milik Qatar ini merupakan maskapai global pertama yang memperkenalkan awak kabin MetaHuman. 



    (MetaHuman yang ada pada Qatar Airways. Foto: @qatarairways/Instagram)


    "Dengan batas-batas fisik yang mulai ditantang oleh metaverse dalam skala yang semakin besar, sangat menarik untuk merangkul teknologi yang memungkinkan semua penggemar perjalanan untuk menikmati pengalaman mendalam yang unik dari produk dan layanan pemenang penghargaan kami," ujar Akbar melalui siaran pers pada Rabu (27/4/2022).


    (Baca Juga: Kolaborasi Belmond & Wes Anderson Hiasi Gerbong Cygnus)


    Pengalaman ini kemudian dikembangkan menggunakan Unreal Engine Epic Games, alat pembuatan 3D real-time paling canggih di dunia, dan MetaHuman Creator, aplikasi berbasis cloud untuk menciptakan manusia digital dengan tingkat presisi tinggi. Qatar Airways adalah maskapai global pertama yang memperkenalkan awak kabin MetaHuman, dengan menampilkan model manusia 3D yang dibuat secara digital bernama 'Sama'.


    Qatar Airways luncurkan metaverse

    (Fitur QVerse dapat melakukan tur di dalam kabin pesawat. Foto: Dok. Qatar Airways)

    (Baca Juga: Pesawat Emirates Dari Bunga di Dubai Miracle Garden)


    Nama 'Sama' sendiri diambil dari bahasa Arab yang berarti 'langit'. 'Sama' menawarkan pengalaman interaktif melalui keterlibatan dari para pengguna. Sebagai maskapai yang telah meraih berbagai penghargaan, Qatar Airways telah dinobatkan sebagai 'Maskapai Terbaik di Dunia' oleh World Airline Awards 2021 yang dikelola oleh organisasi pemeringkat transportasi udara internasional, Skytrax. Qatar Airways juga dianugerahi sebagai "Kelas Bisnis Terbaik di Dunia", "Lounge Maskapai Kelas Bisnis Terbaik Dunia", "Tempat Duduk Maskapai Kelas Bisnis Terbaik Dunia", "Katering Onboard Kelas Bisnis Terbaik Dunia" dan "Maskapai Penerbangan Terbaik di Timur Tengah".


    Wah, keren banget ya. Semoga Indonesia juga bisa menemukan inovasi terbaru dari metaverse ini. 


    (Penulis: Tiara Kandida E)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below