Fashion

Peluncuran Pustaka Tulola Bertajuk Ketenangan Jiwa

By : Her World Indonesia - 2022-03-25 16:20:01 Peluncuran Pustaka Tulola Bertajuk Ketenangan Jiwa

Tulola Jewelry meluncurkan sebuah program Pustaka Tulola dengan koleksi terbaru bertajuk Ketenangan Jiwa, pada 24 Maret 2022 di Savyavasa, Jakarta.


Pustaka Tulola merupakan upaya pencatatan motif kultural Nusantara, teknik adiluhung, kisahan mitos, legenda, dan sastra Indonesia, inovasi desain terkini, berikut ide-ide kreatif lintas bidang dari para pendirinya.


Pustaka Tulola rencananya akan berlangsung setiap tahunnya dengan berkolaborasi bersama seniman mumpuni dari berbagai wilayah di Nusantara.




Pada peluncuran kali ini, Pustaka Tulola berkolaborasi dengan seniman ukir keris mumpuni, I Made Pada, asal Desa Taro, Gianyar, Bali yang telah dikenal dedikasinya lebih dari 35 tahun dalam seni ukir emas dan perak untuk perhiasan Barong Suci, Keris dan Pratima (benda sakral) bagi sesuhunan (dewata dan leluhur) di berbagai Pura di Bali.


I Made Pada saat ini dikenal sebagai pembuat pendok dan penghias danganan (pegangan) atau hulu keris terbaik di Bali. Karya ciptaannya kaya dengan inovasi artistik dan memiliki dimensi yang bagus, detail, tegas, rapi, serta halus.




Keahlian teknik mengukir emas dan perak I Made Pada berkolaborasi dengan sentuhan kesegaran modern dan inspiratif dari founder Tulola, menciptakan karya-karya mumpuni dalam koleksi Ketenangan Jiwa, berupa 10 artwear brooch, sirkam, cuff, dan anting dengan edisi terbatas.


Kolaborasi ini berawal ketika Happy Salma bertemu dengan seniman I Made Pada saat kegiatan adat di Bali. Happy merasa bahwa filosofi hidup dan berkesenian sang seniman perlu dijadikan teladan. “Dalam jiwa yang tenang dan sabar saat bekerja, pasti menghasilkan karya seni yang baik. Hasil karya itu akan membuat nyaman pemakainya karena vibrasi pikiran tercurah di dalamnya,” ungkap I Made Pada dikutip dari keterangan resmi Tulola pada Kamis (24/3/2022).



(Peluncuran Pustaka Tulola Bertajuk Ketenangan Jiwa. Foto : Dok. Tulola Jewelry)

Proses pembuatan koleksi perhiasan Ketenangan Jiwa di studio I Made Pada terbilang istimewa dan berbeda dengan teknik yang telah dikerjakan Tulola selama ini. I Made Pada memadukan unsur bahan-bahan alami, motif tradisional, dan teknik ‘menatah’ dari warisan leluhur yang kerap ia pakai dalam menciptakan ukiran emas dan perak pada Barong Suci, Keris, atau Pratima (benda sakral). Namun kali ini dengan inovasi baru dan hasil kolaborasi dengan Tulola, dikemas lebih segar dan modern untuk perhiasan yang dapat dipakai pada acara istimewa ataupun sehari-hari.




Proses pengerjaan produk ini merupakan 100 persen pengerjaan tangan, memerlukan waktu tiga minggu untuk setiap produknya. di studio Tulola, dilakukan proses pelapisan emas 18 karat dan penambahan mutiara, batu white crystal, dan batu amethyst untuk koleksi brooch, cuff, dan sirkam, serta sentuhan akhir yang saksama agar melahirkan kualitas terbaik untuk koleksi ini. Pustaka Tulola 2022 juga menghadirkan karya video dari Gusti Dibal Ranuh yang merekam secara puitik proses kreatif penciptaan karya Sang Mumpuni, I Made Pada.'


Koleksi Ketenangan Jiwa dihadirkan pada event Pustaka Tulola yang akan berlangsung selama tiga hari (24-26/3) di Savyavasa, Jakarta. Namun, koleksi ini juga dapat dipesan di seluruh butik Tulola Jewelry dengan sistem pre-order dengan jumlah yang sangat terbatas.


(Penulis : Fathya Jeehan)

Fashion