Mengenal Manfaat Susu Beruang Untuk Kesehatan


  • Mengenal Manfaat Susu Beruang Untuk Kesehatan
    Susu beruang juga bagus dikonsumsi sejak dini. (Foto: Dok. Pixabay/Pexels)

    Tahun lalu, terdapat satu brand susu yang sempat banyak diburu oleh orang Indonesia. Kehebohannya ini karena dalam masa pandemi, membuat orang percaya bahwa satu brand susu ini dapat mensterilkan tubuh karena anggapan ‘susu steril’ yang melekat. Oleh karena itu, sempat terjadi kekosongan produk ini di berbagai toko dan supermarket, bahkan orang yang ingin membeli susu ini dibatasi pembeliannya, sekitar dua botol per orang.


    Namun sebenarnya apa manfaat susu beruang ini? Susu beruang ini diperkenalkan ke publik sejak tahun 1892 oleh Bernese Milk Alps Company di Filipina. Tidak hanya ketenarannya di Asia Tenggara, susu ini juga bisa ditemukan di Swiss dan Afrika Timur. Pada masa sekarang ini, susu ini dimiliki oleh perusahaan Nestlé yang juga berbasis di Swiss. Simak manfaat susu beruang berikut ini.




    1. Menetralkan racun


    Susu yang satu ini bisa menetralkan racun yang ada di dalam tubuh kita. Dengan meminum susu ini, susu beruang akan mengeluarkan racun yang nantinya akan dibuang melalui pencernaan. Kandungan nutrisi dalam susu beruang bisa menjadi pertolongan pertama saat terdapat racun dalam tubuh. Salah satu yang sering dialami adalah keracunan makanan.


    Saat kita keracunan makanan, kondisi yang biasa dirasakan adalah mual, muntah, atau diare. Ini berarti makanan yang dikonsumsi telah terkontaminasi. Kontaminasi tersebut dapat disebabkan oleh kuman atau racun. Gejala keracunan makanan sendiri secepatnya bisa muncul dalam beberapa menit pertama setelah mengonsumsi makanan tersebut. Susu beruang akan menetralkan racun yang ada tersebut.


    2. Mengontrol kolesterol

    manfaat susu beruang

    (Kontrol kolesterol dengan susu beruang. Foto: Dok. Thirdman/Pexels)


    Seperti kita tahu, kadar kolesterol yang tinggi akan meningkatkan resiko penyakit dan serangan jantung. Kolesterol tinggi juga akan mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah kita. Endapan atau timbunan ini bisa membuat darah sulit untuk mengalir melalui arteri. Untuk itu, ktia harus juga mengatur gaya hidup yang sehat.


    Susu beruang membantu menjaga kolesterol. Ini karena susu beruang mengandung lemak baik yang bekerja untuk menekan kadar kolesterol. Lemak baik juga membantu menghasilkan kolesterol baik. Penderita kolesterol tinggi juga boleh mengonsumsi susu beruang, karena kolesterol yang terdapat di susu beruang adalah 0.25 mg.


    3. Bantu cegah osteoporosis


    Terdapat sekitar dua juta kasus osteoporosis di Indonesia tiap tahunnya. Osteoporosis memang banyak ditemui di mana-mana. Ini adalah kondisi dimana tulang menjadi lemah dan rapuh. Dengan adanya osteoporosis, penggantian jaringan tulang baru tidak bisa seimbang dengan penghilangan jaringa tulang yang lama. Pola makan yang sehat dan latihan angkat beban bisa menguatkan tulang yang sudah lemah.


    Penurunan kepadatan tulang ini umum terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Maka dari itu, peran susu penting untuk tulang kita. Tidak terkecuali susu beruang ini. Susu beruang yang tinggi kalsium dan vitamin sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi susu beruang sedini mungkin bisa mencegah terjadinya osteoporosis di kemudian hari.


    (Baca Juga: Mengenal Manfaat Susu Kedelai Dan Rekomendasi Wajib Coba)


    4. Membersihkan aliran darah

    manfaat susu beruang

    (Peredaran aliran darah harus tetap lancar. Foto: Dok. Mufid Majnun/Unsplash)


    Aliran darah dalam tubuh kita bisa tersumbat. Bahkan, pembuluh darah yang tersumbat bisa memicu berbagai penyakit juga, salah satunya serangan jantung atau stroke. Arteri yang menyempit juga dapat mengurangi aliran darah ke tubuh. Peredaran aliran darah haruslah lancar, karena jika tidak bisa menghambat distribusi oksigen dan nutrisi.


    Susu beruang sendiri dianggap mengandung banyak antioksidan sehingga efektif untuk membersihkan aliran darah yang tersumbat. Susu beruang juga tinggi akan vitamin A, E, dan C. Vitamin E juga bisa membantu menjaga kesehatan pembuluh darah. Susu beruang juga bisa membersihkan organ tubuh lainnya seperti perut, hati, ginjal, dan sebagainya. 


    (Baca Juga: Cara Membuat Es Teh Susu dengan Cincau untuk Buka Puasa)


    Itulah berbagai manfaat susu beruang untuk kesehatan kita. Banyak juga yang mengataka bahwa susu beruang juga bagus untuk kulit kita. Boleh mengonsumsi susu beruang secara rutin, tapi jangan kalap dalam membelinya sampai membuat orang lain tidak kebagian. Untuk kita yang mempunyai anak, biasakan juga untuk meminum susu baik ini mulai sekarang agar nutrisi untuk tulangnya juga tercukupi. Saat seal-nya sudah dibuka, langsunglah meminum susu ini agar tidak terkontaminasi dengan udara di luar. Tetap jaga kesehatan ya.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below