Suka Makanan Pedas? Coba 8 Makanan Pedas Korea Selatan Ini!


  • Suka Makanan Pedas? Coba 8 Makanan Pedas Korea Selatan Ini!
    (Image:Doc. Hyosun/ @koreanbapsang)

    Apakah kamu penyuka makanan pedas? Jika iya, Korea Selatan adalah salah satu negara di Asia yang harus dikunjungi. Pasalnya, banyak makanan Korea Selatan yang memiliki cita rasa pedas dan bahkan sangat pedas. Jika kamu tertaik untuk mencicipi makanan pedas saat melakukan perjalanan ke Korea?


    (Baca Juga: Rekomendasi 6 Makanan Khas Bali Yang Wajib Dicicipi)




    Nah, berikut ini beberapa rekomendasi makanan pedas Korea Selatan yang wajib kamu coba. 


    1. Tteokbokki

    makanan pedas korea(Tteokbokki. Foto: Dok. Jcomp/Freepik)


    Pecinta makanan Korea tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Iya, tteokbokki, adalah makanan jalanan (street food) Korea populer yang terbuat dari tteok, atau kue beras Korea, yang dimasak dengan saus gochujang (pasta cabai) yang pedas dan kental. Lalu biasanya ditambahkan oden (kue ikan), telur rebus, dan sayuran hijau. Rasa pedas, atau sangat pedasnya, makanan ini berasal dari saus gochujang


    2. Dakgalbi

    makanan pedas korea(Dakgalbi. Foto: Dok.Hyosun/ koreanbapsang.com)


    Dakgalbi, atau dikenal juga dengan ayam tumis, adalah hidangan ayam Korea yang dibuat dengan menumis ayam yang sudah dimarinasi sebelumnya dengan saus gochujang, bersama dengan kubis, daun perila, sweet potatoes, tteok, dan diberi bubuk cabai. Lelehan keju juga biasanya ditambahkan yang membuat rasanya semakin lezat. 


    3. Ayam goreng

    makanan pedas korea(Korean chicken. Foto: Dok. Jcomp/Freepik)


    Ayam goreng terkenal sebagai makanan pendamping terbaik untuk minum bir. Ada banyak sekali jenis ayam goreng Korea, sehingga kamu bisa memilih ayam dengan rasa yang manis, pedas, atau sangat pedas. 


    4. Kimchi jjigae

    makanan pedas korea(Kimchi jjigae. Foto: Dok. Jcomp/Freepik)


    Rasa kimchi-nya yang pedas dan asam membuat kimchi jjigae masuk ke dalam daftar makanan pedas Korea yang wajib kamu coba. Kimchi adalah makanan pelengkap (side dish) yang terbuat dari sayuran seperti kubis, yang difermentasi dengan berbagai bumbu, termasuk gochugaru (bubuk cabai) yang banyak.


    Tak hanya nikmat disantap sebagai makanan pelengkap, kimchi juga menjadi bahan yang sangat baik untuk dibuat menjadi berbagai hidangan lezat lainnya. Hidangan yang paling umum dibuat dari kimchi adalah kimchi jjigae. Pada dasarnya, kimchi jjigae adalah sup kimchi yang dimasak dengan daging sapi (umumnya menggunakan daging babi), tahu, dan daun bawang. 


    5. Budae jjigae

    makanan pedas korea(Budae jjigae. Foto: Dok. Hyosun/ koreanbapsang.com)


    Makanan pedas korea berikutnya yaitu budae jjigae, atau army stew, adalah makanan fusion yang menggabungkan daging olahan Amerika seperti spam, ham, dan bacon, ke dalam rebusan kimchi Korea. Disebut army stew karena hidangan rebusan ini mulai ada segera sejak berakhirnya perang Korea, dimana pada saat itu makanan sangat langka. Kemudian oleh orang Korea, sisa makanan dari pangkalan militer AS seperti spam, sosis, dan irisan ham dikombinasikan dengan bahan tradisional Korea seperti kimchi dan gochujang.


    6. Bibim Naengmyeon

    makanan pedas korea(Bibim Naengmyeon. Foto: Dok. maangchi.com)


    Bibim Naengmyeon, atau mie dingin pedas Korea juga wajib kamu coba sebagai penyuka makanan pedas ketika berkunjung ke Korea Selatan saat musim panas. Ini adalah salah satu hidangan sempurna untuk mengalahkan panasnya musim panas, karena disajikan dingin (dengan es).


    Bibim Naengmyeon disajikan dengan saus bibim dingin yang pedas bersama dengan acar lobak yang manis dan renyah, serta pir yang manis, berair, dan renyah. Membayangkannya saja sudah terasa nikmat, bukan?


    7. Nakji Bokkeum

    makanan pedas korea(Nakji bokkeum. Foto: Dok. maangchi.com)


    Nakji bokkeum adalah makanan pedas Korea lainnya yang sangat populer dan wajib Anda coba. Dibuat dari gurita yang dipotong-potong seukuran gigitan yang dimasak bersama dengan sayur-sayuran seperti kubis, daun bawang, dan wortel, lalu ditambahkan saus khas nakji bokkeum (terbuat dari saus gochujang, sedikit kecap, dan bawang putih). Makanan ini biasa dibuat sangat pedas, jadi makanlah dengan hati-hati, ya!


    8. Jjampong

    makanan pedas korea(Jjampong. Foto: Dok. Hyosun/koreanbapsang.com)


    Pada dasarnya, jjampong adalah mie kuah pedas dengan berbagai sayuran dan seafood. Ini adalah salah satu dari dua masakan Korea-Cina yang paling populer, bersama dengan jajangmyeon. Hidangan ini dikembangkan oleh imigran Cina awal di Korea, dan telah menjadi bagian besar dari budaya makanan Korea. 


    (Baca Juga: Terbukti Secara Ilmiah, Ini 6 Manfaat Cokelat Bagi Tubuh!)


    Inilah beberapa makanan pedas Korea yang bisa kamu nikmati. Kira-kira tertarik mencoba yang mana?




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below