Rekomendasi 6 Makanan Khas Bali Yang Wajib Dicicipi


  • Rekomendasi 6 Makanan Khas Bali Yang Wajib Dicicipi
    (Rekomendasi makanan khas Bali. Foto: Dok.MielPhotos2008/iStock)

    Tidak hanya terkenal dengan tempat wisata yang indah dan banyak dikunjungi turis dari luar negeri, Bali juga kaya akan kuliner makanan yang enak dan disukai banyak orang. Makanan di Bali membuat siapa saja yang mencicipi pasti ketagihan. Selain itu, makanan khas Bali menjadi daya tarik para wisatawan karena tidak dapat ditemukan di daerah lain. Ini karena ciri khas dari makanan Bali yang terletak pada bumbu dasar yang digunakan.

    Jika kamu mencicipi makanan khas dari Bali, maka kamu pasti akan menjumpai berbagai rempah yang mewarnai makanan tersebut, seperti cabai, bawang putih, bawang merah, serta minyak dari kelapa yang semakin memperkuat cita rasa. Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi makanan khas Bali yang bisa kamu cicipi ketika berlibur ke Bali. 



    1. Ayam Betutu

    makanan khas Bali

    (Ayam Betutu menjadi makanan khas Bali. Foto: Dok.Ika Rahma/iStock)


    Kamu pasti sudah tak asing dengan makanan yang satu ini. Sebab, makanan ini pasti dapat dijumpai di berbagai restoran yang ada di Bali. Ayam betutu terbuat dari bumbu betutu, yaitu bumbu khas Bali yang terbuat dari campuran daun jeruk, sereh, salam, kunyit, kemiri, jahe, bawang merah, dan lain-lain, yang pasti terbuat dari rempah-rempah. Bumbu ini nantinya akan dimasukkan ke dalam tubuh ayam sebelum dimasak, agar bumbunya meresap dengan sempurna dalam olahan ayam tersebut dan menghasilkan cita rasa yang lezat. 


    2. Sate Lilit 

    makanan khas Bali

    (Olahan daging yang dililit pada sereh menjadi makanan khas Bali. Foto: Dok. Ika Rahma/iStock)


    Tidak hanya kota Padang saja yang mempunyai Sate Padang, Bali juga mempunyai makanan khas yang diolah menjadi sate yaitu Sate Lilit. Makanan yang satu ini bisa dibuat dari daging ayam, ikan, atau babi yang digiling. Namun, potongan daging sate yang pada umumnya ditusuk berbeda dengan daging sate lilit yang dihaluskan kemudian dililitkan pada daun serai atau tangkai bambu.


    Sate ini cocok jika disantap bersama dengan nasi campur Bali. Meski begitu, banyak juga yang menjualnya secara terpisah dengan saus sambal sebagai saus cocolan pendamping sate.


    (Baca Juga: Resep Nasi Campur Ayam Bali)


    3. Nasi Campur Bali 

    makanan khas Bali

    (Nasi Campur Bali menjadi makanan khas yang banyak ditemui ketika datang ke Bali. Foto: Dok.Kanawa_Studio/iStock)

    Seperti yang telah disebutkan diatas, tidak lengkap rasanya jika kamu tidak mencicipi nasi campur khas Bali.

    Hidangan satu ini terdiri dari nasi putih hangat, yang dilengkapi dengan sate lilit, suwiran ayam sisit bumbu Basa Genep Bali, sayur urap, dan lawar ayam. Namun ada satu lagi nih yang tidak boleh ketinggalan, yaitu sambal matah dan sambal embe khas Bali.

    Jika sudah mencicipi makanan khas Bali yang satu ini, pasti kamu ingin nambah karena rasa dari rempah-rempah yang khas. 

    4. Nasi Jinggo 

    makanan khas Bali

    (Nasi yang disajikan sebesar kepalan tangan ini juga menjadi makanan khas Bali. Foto: Dok.antoshkaphoto/iStock)

    Selain Nasi Campur Bali, kamu juga bisa mencicipi Nasi Jinggo. Ini karena Nasi Jinggo bisa dibilang mirip dengan nasi kucing yang biasa kamu temui. Nasinya hanya disajikan sebesar kepalan tangan orang dewasa yang ditambahkan dengan daging ayam suwir, mi goreng, dan tempe goreng. Ciri khas yang ada pada makanan ini ada pada sambelnya yang super duper pedas. Dijamin kamu akan nambah karena porsinya yang tidak begitu banyak sehingga tidak cukup satu. 

    5. Serombotan 

    makanan khas Bali
    (Makanan khas Bali ini menyajikan campuran sayur-sayuran yang dilumuri dengan bumbu Kalas. Foto: @dapur_ekaristi/Instagram)

    Dari namanya saja sudah unik, cita rasanya juga tak kalah unik dan menggoda selera. Makanan khas Bali ini cocok bagi kamu para penyuka sayuran atau vegetarian. Sebab, makanan yang satu ini menyajikan campuran sayur-sayuran seperti kacang panjang, bayam, kangkung, buncis, terong bulat, tauge, dan pare.


    Sayur-sayuran ini kemudian disatukan dengan bumbu bernama Kalas, semacam santan berisi campuran kunyit tumbuk, lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan kencur. Bumbu Kalas tersebut akan dicampur lagi dengan bumbu kacang dan bumbu pedas yang membuat rasa dari makanan ini semakin unik dan lezat.


    (Baca Juga: Resep Sate Lilit Khas Bali)


    6. Rujak Buleleng

    makanan khas Bali
    (Rujak buleleng memiliki rasa segar dan pedas yang menjadi makanan khas Bali. Foto: Dok.indonesiakaya.com)


    Tidak hanya Jakarta saja yang punya rujak Betawi, Bali juga punya rujak lho, namanya rujak buleleng. Seperti rujak pada umumnya, makanan ini terdiri dari berbagai macam buah yang dipotong dalam satu wadah kemudian nantinya akan dilumuri dengan bumbu rujak di atasnya. Rujak ini memiliki rasa segar dan juga pedas.


    Sekilas memang mirip dengan rujak-rujak lain, namun yang menjadi berbeda terletak pada bumbu atau sambal yang digunakan dan juga terdapat buah pisang batu dalam campuran rujaknya. Tujuan dari penambahan jenis pisang tersebut adalah untuk memberi rasa sepat setelah kesemua bumbu bersatu dengan cara diuleg. 


    Nah, itu dia beberapa rekomendasi makanan khas Bali yang wajib kamu cicipi ketika berlibur ke Bali. Jadi mau coba yang mana dulu nih


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below