Ucapan Hari Raya Nyepi 2022


  • Ucapan Hari Raya Nyepi 2022
    Umat Hindu akan menyambut Nyepi esok hari. (Foto: Dok. Joel Carillet/iStock)

    Hari Raya Nyepi tahun ini akan jatuh pada esok hari, yaitu 3 Maret 2022. Hari Raya Nyepi sendiri adalah hari suci bagi para umat Hindu untuk merayakan datangnya Tahun Baru Saka. Sama seperti umat Islam dengan Tahun Baru Hijriahnya dan keturunan Tionghoa dengan Tahun Baru Imleknya, Tahun Baru Saka adalah perayaan berdasarkan penanggalan atau kalender Saka.


    (Baca Juga: Makna Ucapan Hari Raya Nyepi Yang Unik Dan Menarik)




    Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu ini juga mengundang masyarakat beragama lain untuk mengucapkan selamat. Ucapan Hari Raya Nyepi 2022 tidak hanya berasal dari pemerintah atau instansi, tapi juga dari kerabat. Ini menandakan Indonesia dengan segala aneka ragam di dalamnya, serta bagaimana hidup damai dengan perbedaan yang ada di sekitar kita.


    (Baca Juga: Jessica Iskandar, Happy Salma & Momen Nyepi Dari Selebriti)


    Beberapa ucapan Hari Raya Nyepi 2022 yang bisa kita katakan adalah sebagai berikut:


    1. “Rahajeng Rahina Nyepi”, yang berarti selamat Hari Raya Nyepi


    2. “Selamat Hari Raya Nyepi, semoga damai selalu menyertaimu dan keluarga”


    3. “Selamat merayakan Nyepi, semoga kedamaian dan kebahagiaan senantiasa menyelimuti kita semua”


    4. "Selamat Tahun Baru Saka, semoga kita semua bisa menemukan jati diri dalam hening dan ketenangan”


    5. “Saya ucapkan selamat Hari Raya Nyepi, semoga sang Hyang Widhi Wasa selalu melimpahkan rezeki dan perlindungan untuk kita semua”


    Jika kita perhatikan, ucapan Nyepi dekat dengan kata kedamaian. Ini karena salah satu makna dari Hari Raya Nyepi adalah agar umat Hindu mengoreksi diri dengan melepaskan segala sesuatu yang tidak baik dan memulai hidup suci, hening menuju jalan yang benar atau dharma. Di masa yang baru, semua kita mulai dan lakukan berawal dari sesuatu yang suci dan bersih.


    ucapan hari raya nyepi 2022

    (Upacara Melasti Umat Hindu. Foto: Dok. Danikancil/iStock)


    Ucapan Hari Raya Nyepi yang kita ucapkan besok, kemungkinan besar akan dibalas pada hari berikutnya. Kita pasti juga telah mengetahui bahwa Nyepi adalah hari umat Hindu berdiam diri, salah satunya tidak juga mendengarkan hiburan atau disebut dengan amati lelanguan.


    Tenang dan damainya keadaan ini bisa kita rasakan di Bali khususnya, dimana mayoritas warganya beragama Hindu, tapi terdapat juga umat Hindu yang tersebar di daerah Indonesia lainnya. Selamat Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Saka bagi mereka yang merayakan!


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below