6 Penyebab Jerawat Di Pipi


  • 6 Penyebab Jerawat Di Pipi
    Jerawat di pipi membuat tidak percaya diri. (Foto: Dok. Anna Nekrashevich/Pexels)

    Jerawat adalah kondisi kulit yang kerap terjadi di banyak bagian tubuh. Meski wajar dialami saat remaja, masalah kulit satu ini tak jarang terjadi di sebagian orang dewasa. Tak hanya ketidak percayaan diri yang dialami oleh orang itu, jerawat juga menimbulkan rasa gatal bahkan perih. Jerawat umum terjadi di bagian pipi, dan bisa menjadi fokus saat orang melihat. Karena apa? Simak penyebab jerawat di pipi di bawah ini untuk mengetahui asal jerawatmu.


    1. Memakai masker

    penyebab jerawat di pipi



    (Masker bisa menyebabkan jerawat di pipi. Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)


    Pada masa pandemi ini, banyak orang yang berjerawat di pipi karena memakai masker. Ini disebut juga dengan maskne atau mask acne. Hal ini tidak mengherankan, karena saat memakai masker tentunya kulit akan tertutupi, ini membuat sirkulasi udara kulit tidak lancar. Minyak atau sel kulit mati membuat masker menjadi lebih lembab dan karenanya lebih mudah menimbulkan jerawat.

    Meskipun masker bisa memicu jerawat, hal ini terjadi lebih kepada mereka yang mempunyai kulit rentan berjerawat saja. Maka dari itu, tidak perlu khawatir yang berlebihan. Perlu ingat juga, untuk selalu memakai masker di mana pun kamu berada karena perannya yang penting dalam mengurangi penyebaran virus Covid-19. Apalagi, saat seperti sekarang ini dimana virus Omicron yang merupakan mutasi masih menghantui kesehatan.


    2. Produk perawatan atau kosmetik yang tidak sesuai


    Wanita memang wajar memakai banyak produk kecantikan untuk wajahnya. Tapi, produk yang dipilih tidak selalu sesuai dengan jenis kulit mereka. Untuk itu, jika kamu bisa berpegang pada pada produk yang sudah sesuai dengan kulit wajahmu, tetaplah pakai produk itu demi menghindari jerawat yang bisa terjadi di pipi. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan makeup setelah selesai memakainya, terutama saat tidur karena keadaan wajah saat tidur haruslah bersih.

    Saat kamu membeli produk tersebut, kamu bisa tanyakan pada orang yang menjaga produk yang dijual, bahan apa saja yang terdapat di dalamnya. Pilih yang sesuai dengan jenis kulitmu. Sebisa mungkin, hindari produk yang mengandung minyak. Lebih baik lagi, gunakan produk yang bertuliskan non-comedogenic, yang umumnya lebih aman mengenai masalah jerawat.


    (Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah Di Kulit Wajah)



    3. Makanan dan minuman

    penyebab jerawat di pipi

    (Makanan berkontribusi sebagai penyebab jerawat di pipi. Foto: Dok. Foodie Factor/Pexels)


    Makanan dan minuman juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat di pipi. Ada beberapa hidangan yang bisa memicu hormon androgen menjadi lebih aktif. Namun, hormon androgen bisa mengakibatkan produksi sebum meningkat. Hal ini membuat jerawat di pipi pun lebih rentan muncul. Meski begitu, hormon ini bisa menjaga kesehatan organ tubuh wanita.

    Makanan yang paling sering dikaitkan menjadi penyebab jerawat adalah makanan cepat saji. Sebaiknya, jangan konsumsi ini terlalu banyak atau hindari. Selain itu, makanan berlemak trans tinggi juga bisa menjadi penyebab ini. Makanan lainnya yang mengandung karbohidrat, seperti nasi putih, serta minuman bersoda dan minuman manis lainnya seperti susu juga bisa menyumbang jerawat di pipi.


    4. Stres


    Tentu saja, jerawat itu berhubungan dengan perubahan hormon. Perubahan hormon bisa disebabkan oleh istirahat yang kurang cukup, saat menjelang menstruasi, bahkan saat kamu merasakan stres. Stres yang berlebih bisa membuat pipi kamu menjadi berjerawat. Untuk itu, kamu bisa belajar untuk lebih rileks agar tidak merasakan stres yang berlebih.


    5. Layar hp yang tidak bersih

    penyebab jerawat di pipi

    (Layar hp yang kotor bisa menyebabkan jerawat di pipi. Foto: Dok. Terje Sollie/Pexels)


    Layar handphone adalah salah satu permukaan yang paling kotor. Saking kotornya, bahkan ada yang berkata bahwa permukaan handphone lebih kotor dari tempat dudukan toilet. Saat mukamu berminyak, lalu kamu menelfon, tentu saja itu akan tertempel di layar handphone-mu. Lalu, kamu mengulang kegiatan ini tanpa pernah membersihkan permukaan layar handphone tersebut. Layar tersebut menjadi tempat berkumpulnya kotoran yang nantinya bisa memicu jerawatmu di pipi. Untuk itu, kamu bisa membersihkan layar handphone-mu setiap harinya.


    6. Permukaan tempat tidur yang kotor


    Apa pun bisa tertinggal di permukaan tempat tidur. Makeup, bakteri, bahkan sisa makanan bisa tertinggal jika kamu suka makan di kamar. Saat permukaan itu kotor, bahkan kuman juga bisa menempel di kulit wajah dan akhirnya menyumbat pori-pori yang menyebabkan jerawat. Untuk itu, rajinlah mengganti sprei atau sarang bantalmu dan juga membersihkannya.


    (Baca Juga: 5 Cara Mudah Atasi Jerawat Dengan Cepat Tanpa Skincare!)


    Itulah enam penyebab jerawat yang muncul di pipi. Kira-kira penyebab mana yang berpotensi timbulkan jerawat dalam kehidupanmu sehari-hari?




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below