Fashion

Cita Tenun Indonesia Hadirkan Wastra Nusantara di Doha

By : Girah Ababyl M.K. - 2022-11-25 21:00:01 Cita Tenun Indonesia Hadirkan Wastra Nusantara di Doha

Berangkat dengan misi mempromosikan tradisi dan budaya Indonesia, Cita Tenun Indonesia bersama dengan KBRI Doha menyelenggarakan peragaan dan pameran busana bertajuk “Wastra Nusantara": The Journey to Indonesian Fashion yang berlokasi di Alwadi Hotel, Doha, Qatar.



Cita Tenun Indonesia sendiri merupakan yayasan yang telah lama berkecimpung dalam pengembangan dan pelestarian kain-kain nusantara serta Rumah Tenun dari perwakilan pelaku usaha fashion Indonesia. Melalui kesempatan emas untuk menampilkan wastra Nusantara di Doha ini, Cita Tenun Indonesia menghadirkan peragaan busana dengan merangkul tiga rumah mode Indonesia, yakni Mel Ahyar, Danjyo Hiyoji, serta Eridani.


(Baca juga: Nuansa Retro, Ini 4 Detail Menarik Studio 133 Biyan S/S 23)


Dengan ciri khasnya masing-masing, ketiga perancang tersebut memadukan berbagai kain tradisional Indonesia menjadi karya-karya busana yang memikat lebih dari 100 orang yang hadir dari kalangan industri fashion, perancang busana, fashion influencer, dan kalangan umum.




(Koleksi Mel Ahyar x Cita Tenun Indonesia tampil di Doha. Foto: Dok. Cita Tenun Indonesia)


Mel Ahyar, menampilkan koleksi yang dinamakan “KAWIN CAMPUR 2.0" (Mixed Marriage) yang mengkombinasikan 7 motif tenun, yaitu tenun Lombok, ikat NTT, ikat endek Bali, tenun Garut, lurik, tenun Badui dan tenun Jawa Tengah menjadi sebuah karya yang unik dan elegan.



(Koleksi Danjyo Hiyoji x Cita Tenun Indonesia tampil di Doha. Foto: Dok. Cita Tenun Indonesia)


Demikian pula halnya Danjyo Hiyoji, memperkenalkan perpaduan dari kain tenun dari Jawa Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Jawa Tengah, Lombok, Bali, dan NTT dengan ciri khas street fashion dalam 10 koleksi yang dinamakan “Titik Temu”.


(Koleksi Eridani x Cita Tenun Indonesia tampil di Doha. Foto: Dok. Cita Tenun Indonesia)


Eridani, dengan koleksi “Kulturati" mengkreasikan berbagai motif kain tenun berbagai daerah menjadi busana yang mengedepankan gaya yang feminine, bold, dan stylish.


(Baca juga: Simak Fashion Menarik Selebriti di Festival Film Indonesia)


Selain pameran dan peragaan busana, pada hari kedua kegiatan juga diadakan workshop kain tradisional serta interaksi pengunjung melalui acara meet and greet dengan tiga perancang Indonesia.



(Pameran Wastra Nusantara di Doha. Foto: Dok. Cita Tenun Indonesia)


Ridwan Hassan, selaku Duta Besar RI untuk Negara Qatar mengungkapkan bahwa dengan adanya kesempatan istimewa ini, diharapkan semakin memperkenalkan keunikan kain tradisional yang merupakan warisan kekayaan negeri kita, hingga pengrajin kain tradisional yang ada di seluruh Indonesia. Salute!


Fashion