Fashion

Intip 5 Rekomendasi Brand Sustainable Fashion Lokal Terbaik

By : Girah Ababyl M.K. - 2022-11-11 11:00:02 Intip 5 Rekomendasi Brand Sustainable Fashion Lokal Terbaik

Belakangan istilah sustainable fashion menjadi perhatian dalam dunia fashion seluruh dunia. Sustainable fashion atau fashion berkelanjutan sendiri merupakan produksi pakaian dengan cara yang etis, baik untuk kesejahteraan tenaga kerja, maupun untuk lingkungan.

Seiring berjalannya waktu, banyak brand lokal yang mengusung prinsip sustainable fashion dengan merancang lini pakaian berbahan ramah lingkungan. Tidak hanya itu, kualitas dan kesejahteraan pekerja hingga pengrajin pun tidak luput menjadi fokus utama mereka. 

Berikut telah Her World rangkum lima brand sustainable fashion Indonesia terbaik dengan keunikan masing-masing. Yuk, simak!

1. Sejauh Mata Memandang


(Koleksi Sejauh Mata Memandang. Foto: @sejauh_mata_memandang/Instagram)

Didirikan oleh Chitra Subiyakto, brand lokal satu ini dikenal mengusung fashion berkelanjutan dengan mengutamakan proses produksi yang ramah lingkungan serta mengangkat kekayaan wastra Indonesia melalui busana dengan model versatile yang tidak lekang oleh zaman. Tidak hanya itu, Sejauh juga memiliki visi memberdayakan kesejahteraan pekerjanya, termasuk menggandeng para pengrajin dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Sumba, Bali, dan Jawa.

Upaya tersebut menjadi wujud dari komitmen Sejauh dengan memproduksi busana yang tidak hanya indah dan nyaman untuk dikenakan, tapi juga bertanggung jawab terhadap lingkungan. Dalam pemilihan material yang digunakan, Sejauh Mata Memandang sendiri menggunakan Tencel, yakni serat pakaian alternatif berbahan selulosa yang mudah terurai dan diambil dari proses daur ulang tekstil. Salute!


2. Sukkha Citta


(Koleksi Sukkha Citta. Foto: @sukkhacitta/Instagram)

Berdiri sejak tahun 2016, Sukkha Citta merupakani brand pertama di Indonesia yang menggunakan proses pewarnaan alami. Brand yang didirikan oleh Denica Flesch ini juga berkomitmen dalam menggunakan bahan dari pertanian yang terbebas bahan kimia dan memaksimalkan produksi dengan tidak menyisakan sampah sedikit pun.

Dalam proses produksinya, Sukkha Citta menggunakan bahan-bahan alami seperti Tencel, linen dan raw cotton, yang nyaman dipakai dan ramah lingkungan sejalan dengan slogan #MadeRight yang mereka usung. Keistimewaan lainnya dari brand satu ini, Sukkha Citta pun menanam kapas regeneratif organiknya sendiri dengan cara memberdayakan petani kecil dan membuat mereka lebih tahan terhadap perubahan iklim.


Semua pakaian yang ada di brand ini juga dibuat menggunakan tangan para pengrajin di desa bukan di pabrik. Mereka juga memproses pewarnaan pakaiannya alami yang 100 persen dapat dilacak asal-usulnya seperti dari mana bahan berasal hingga memanfaatkan dan memberdayakan bahan-bahan dari komunitas pertanian lokal yang bebas bahan kimia.

3. Adrie Basuki


(Koleksi Adrie Basuki. Foto: @adriebasuki.id/Instagram)

Brand fashion lokal yang didirikan oleh perancang mode Adrie Basuki ini turut memusatkan fokusnya pada sustainability–mulai dari konsep zero-waste, recycle, dan upcycle busana–hingga pemberdayaan wanita.
Label fashion Adrie Basuki didirikan oleh sang desainer pada 2018 dengan fokus awal pada pelestarian kain-kain Indonesia. Salah satu yang menjadi kecintaan Adrie adalah kain tenun Baduy, wastra khas suku di Provinsi Banten yang memakan waktu serta membutuhkan keterampilan para penenun dalam proses pembuatannya.

Sisa-sisa kain tidak terpakai dari hasil pengolahan diolah kembali dengan teknik upcycle hingga recycle. Kain perca maupun fashion items Adrie Basuki yang tidak terjual pun disulap menjadi produk yang bernilai dan memiliki keunikan pada setiap pieces-nya.

4. Setali Indonesia


Sosok 
(Koleksi Setali Indonesia. Foto: @setali.indonesia/Instagram)

Intan Anggita Pratiwi, merupakan dalang di balik brand fashion Setali Indonesia. Bersama dengan penyanyi Andien Aisyah, mereka membangun Setali Indonesia menjadi brand yang menerapkan prinsip sustainable dalam produknya. Melalui konsep “Reuse, Repair, Recycle”, Setali berupaya mengurangi sampah sisa produksi dengan cara mendaur ulang sisa kain dan tekstil untuk diolah kembali menjadi produk baru guna memperpanjang masa pakai dan menciptakan nilai tambah.


Untuk kamu yang ingin mempunyai produk dari Setali Indonesia, Setali membuka layanan custom-made di mana kamu dapat berkonsultasi terlebih dahulu akan produk apa yang ingin kamu daur ulang, dan produk seperti apa yang kamu inginkan. Hasil upcycling yang akan didapatkan nantinya pun dapat disesuaikan dengan gaya yang kamu sukai, terlebih produk yang kamu punya akan memiliki keunikan tersendiri. Soo fun!


5. Kana Goods


(Koleksi Kana Goods. Foto: @kanagoods/Instagram)

Didominasi oleh palet warna biru indigo dan desain yang terinspirasi dari street style Jepang, Kana Goods menjadi salah satu pioneer yang menghadirkan koleksi busana yang menggunakan pewarna alami dan memanfaatkan teknik celup tradisional yang digubah menjadi gaya urban modern minimalis. Brand ini juga mengusung denim pada hampir keseluruhan koleksinya.

Sebagai satu brand fashion yang mengedepankan kualitas sekaligus sadar lingkungan dan sustainable, keseluruhan koleksi Kana Goods dibesut menggunakan pewarna indigo (indigofera tinctoria) yang alami dan organik serta berasal dari tumbuh-tumbuhan. Dalam upaya untuk mengurangi limbah pabrik dan penggunaan air berlebihan, produk Kana Goods pun hanya hadir dalam satu ukuran.

Pengetahuan mendalam tentang tekstil setelah berkecimpung di dunia fashion bertahun-tahun mendorong Sanjaya Rini, sang founder dari Kana Goods, untuk berbagi pengalaman lewat sejumlah workshop. Workshop-nya seputar teknik pewarnaan alami diadakan untuk mengedukasi anak-anak yang tidak mempunyai akses ke pendidikan formal.

Brand ini cocok untuk kamu si pencinta warna biru, karena koleksi busana dan aksesoris mulai dari tas, denim, hingga dress nya didominasi oleh warna biru. Warna biru tersebut didapatkan dari bahan pewarna kain menggunakan tanaman indigofera yang terkenal ramah lingkungan dan aman.

Itulah dia sederet rekomendasi brand sustainable fashion asal Indonesia yang dapat menjadi pilihan untuk melengkapi koleksi busanamu. Psst, dengan menggunakan produk-produk sustainable fashion dari brand lokal, kamu tidak hanya bisa tampil bergaya unik dan one of a kind, tapi juga turut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan dan mendukung pelaku usaha lokal!

Fashion