Fashion

Hadirkan 1000 Koleksi Fashion, Ini 4 Fakta Menarik JMFW 2023

By : Girah Ababyl M.K. - 2022-11-07 11:00:01 Hadirkan 1000 Koleksi Fashion, Ini 4 Fakta Menarik JMFW 2023

Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) merupakan salah perhelatan fashion yang diinisiasi Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dan Indonesian Fashion Chamber (IFC), mengusung visi menjadikan Indonesia sebagai pusat fashion muslim global. Tahun ini, JMFW 2023 telah sukses menampilkan 144 desainer/merek dengan sekitar 1000 koleksi yang memukau para pencinta fashion.


Berikut Her World rangkum sederet fakta menarik dari gelaran Jakarta Muslim Fashion Week 2023. Let’s take a look!


1. Wujudkan Indonesia sebagai pusat fashion muslim dunia


(Opening JMFW 2023. Foto: Dok. JMFW)

Mengusung tema “From Local Wisdom to Global Inspiration”, JMFW 2023 mengusung visi menjadikan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia. Hal ini ditandai dengan menguatnya industri fashion muslim di Indonesia. Pelaku usaha fashion muslim di Tanah Air diharapkan mampu menikmati ceruk industri fashion muslim dunia yang tahun 2024 mendatang diperkirakan nilai belanjanya mencapai 311 miliar dolar Amerika Serikat. Penyelenggaraan JMFW diharapkan mampu meningkatkan kesadaran akan potensi besar bisnis fashion muslim serta penggunaan pakaian muslim produk dalam negeri semakin marak, terutama produk usaha kecil dan menengah (UKM).


(Baca juga: Koleksi Couture Tobatenun di Pagelaran Parompuan dan Ulos)


2. Hadirkan 1000 koleksi fashion muslim dari 144 desainer/brand


(Sederet koleksi desainer ternama ditampilkan dalam JMFW 2023. Foto: Dok. JMFW)


Pagelaran busana JMFW 2023 telah sukses menampilkan karya dari 26 desainer muda dari 10 satuan pendidikan, pameran produk fashion muslim menghadirkan 93 jenama lokal ternama, hingga 23 perusahaan tekstil Indonesia yang siap menjadi pemasok bahan baku bagi merek fashion Indonesia.



JMFW tanpa ragu merangkul talenta muda dengan hasil karya berupa fashion dari SMK hingga perguruan tinggi vokasi. Sedikitnya 60 busana karya siswa dan mahasiswa pendidikan vokasi pun turut ambil bagian, yang dijaring dari 1.131 SMK yang kompeten di bidang tata busana serta melibatkan 15 perguruan tinggi vokasi yang memiliki program studi (Prodi) bidang fashion, mode, desain dan busana.

Menutup acara pembukaan JMFW 2023 ditampilkan parade koleksi dari perwakilan desainer yang berpartisipasi dalam perhelatan ini, yaitu Sabin, Kami., Deden Siswanto, Shirosima Indonesia, ZM Zaskia Mecca, Barli Asmara, Dian Pelangi Studio, Vivi Zubedi, Benang Jarum Couture, Khanaan, KursienKarzai, dan Ayu Dyah Andari.



(Koleksi Shiroshima Indonesia dalam JMFW 2023. Foto: Dok. JMFW)

(Baca juga: Intip Kolaborasi Terbaru Buttonscarves dan My Little Pony)


3. Kehadiran 69 finalis Miss Grand International 2022 yang mengenakan hijab



Tidak hanya diisi oleh serangkaian acara menampilkan koleksi dari para desainer dan brand seluruh Nusantara, terdapat momen istimewa di JMFW 2023 di mana pada gelaran pekan mode kali ini, JMFW kedatangan 69 finalis Miss Grand International 2022. Menariknya, para ratu kecantikan yang berasal dari berbagai negara di dunia tersebut tampak mengenakan hijab dan busana karya desainer dan brand lokal ternama.

Ini menjadi momen perdana dan sebuah pengalaman baru bagi beberapa kontestan dalam memperagakan koleksi busana muslim. Mereka pun tampak antusias dengan adanya kesempatan untuk mengenakan busana muslim karya desainer Indonesia di atas panggung fashion show JMFW 2023.


4. Capai Transaksi Penjualan hingga 206 Milyar Rupiah


Momen JMFW 2023 tidak luput dari apresiasi yang sangat besar dari segenap pencinta fashion dan pelaku industri fashion global. Gelaran ini berhasil mencatat nilai transaksi senilai Rp206,6 miliar. Event yang berlokasi di ICE BSD,Tangerang, Banten ini bahkan sukses menarik hati banyak masyarakat luar negeri untuk ikut bergabung. Hasilnya, nilai transaksi sebesar 13,2 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp206,6 miliar berhasil tercatat. Nominal tersebut datang dari customer yang berasal dari 16 negara termasuk Malaysia, Spanyol, Yaman, Portugal, dan Nigeria.



(Sederet koleksi desainer ternama ditampilkan dalam JMFW 2023. Foto: Dok. JMFW)

Mendag Zulkifli Hasan mengungkapkan, momen pencapaian ini merupakan salah satu bentuk kepercayaan buyer internasional terhadap keunggulan produk fashion muslim tanah air. Ia pun optimis akan lebih banyak kerja sama dan transaksi yang dilakukan oleh pelaku usaha fashion muslim dengan para buyer. JMFW sendiri menjadi momen kolaborasi semua pemangku kepentingan untuk bersama memajukan industri fashion muslim nasional agar bisa bersaing di pasar global.


Itulah dia sederet fakta menarik dari perhelatan Jakarta Muslim Fashion Week 2023. Semoga momen ini menjadi titik terang dalam mewujudkan Indonesia sebagai pusat fashion muslim dunia!


Fashion