Fashion

Sentuhan Arsitektural Pada Koleksi "Habito" Weekend Max Mara

By : Girah Ababyl M.K. - 2022-10-31 12:00:02 Sentuhan Arsitektural Pada Koleksi

Weekend Max Mara kembali merilis signature collection terbarunya bertajuk ‘Habito’ untuk koleksi Fall/Winter 2022. Koleksi ini menjadi sangat spesial karena Weekend Max Mara berkolaborasi dengan seorang arsitek dan desainer ternama dari Eropa, yakni Patricia Urquiola. Konsep hibridisasi melalui kacamata seorang desainer & arsitek dituangkan secara apik ke dalam busana pada koleksi signature ke-10 dari rumah mode asal Italia satu ini.

Makna dan Filosofi “Habito”

("Habito", Weekend Max Mara F/W22 Signature Collection. Foto: Dok. Weekend Max Mara)

“Habito” berasal dari bahasa Spanyol, yang bermakna ‘kebiasaan’ dan juga ‘menghuni’. Sebagai seorang arsitek, Patricia mengungkapkan bahwa pekerjaannya tersebut menjadi penelitian sehari-hari tentang bagaimana kita dapat menempati ruang atau pengalaman hidup di dimensi yang berbeda. Hal itu pun mengilhami Patricia untuk menerapkan konsep tersebut ke dalam pakaian, di mana helai demi helai pakaian yang kita kenakan pada dasarnya adalah bagian dari ‘rumah’ yang kita bawa bersama kemana pun. Habito menjadi proyek spesial yang terasa intim dan personal bagi Patricia, yang diharapkan dapat tersampaikan bagi penikmat karya Weekend Max Mara Signature Collection. 



Perpaduan Dua Identitas Karya

("Habito", Weekend Max Mara F/W22 Signature Collection. Foto: Dok. Weekend Max Mara)

Koleksi Habito sendiri sukses merepresentasikan identitas karya Patricia Urquiola dengan DNA dari Weekend Max Mara secara bersamaan. Patricia Urquiola dikenal akan karakter desainnya yang berani bereksplorasi melalui bentuk dan siluet, yang memiliki kesan tegas namun juga halus.

Rancangan desain Patricia memberikan kesan roomy, longgar, dan fun, yang sejalan dengan spirit dan karakter dari Weekend Max Mara. Sentuhan rancangan desain khas Weekend Max Mara yang menyeimbangkan antara personality dan kenyamanan bagi para pelancong, serta kehidupan mereka yang serba cepat pun diimplementasikan dengan baik dalam koleksi kolaborasi ini.


("Habito", Weekend Max Mara F/W22 Signature Collection. Foto: Dok. Weekend Max Mara)


Elemen Tidak Terduga Melalui Hibridisasi Antara Ruang dan Pakaian

Hibridisasi atau persilangan antara dua karakter yang berbeda, dalam koleksi ini, terjadi antara ruang dan pakaian. Hal tersebut menjadi sebuah inovasi yang sukses menampilkan elemen-elemen tidak terduga melalui pola grafis yang kontras, kombinasi warna, tekstur, serta siluet-siluet yang berbeda.



("Habito", Weekend Max Mara F/W22 Signature Collection. Foto: Dok. Weekend Max Mara)

Sepotong blouse diubah menjadi sebuah jumper-blouse, sementara mantel dan quilted jacket dibuat melebur jadi satu. Tekstur, bahan, dan kain lembut menyatu dengan material mengkilap dan reflektif. Hal tersebut mengimplementasikan narasi layering, yang merupakan inti dari Habito.

Mantel menjadi wujud pakaian paling simbolis, representasi paling menonjol dari “hibridisasi” ala Patricia. Model luaran tersebut merupakan interpretasi ulang yang dipersonalisasi dari siluet Weekend Max Mara yang pernah ada, di antaranya dalam bentuk kepompong, perpaduan antara bahan wol dan pola rajutan bergaris dengan teknik nilon yang menciptakan efek matte, mengkilap, dan reflektif.


("Habito", Weekend Max Mara F/W22 Signature Collection. Foto: Dok. Weekend Max Mara)

Sebagai penghormatan kepada kampung halaman Patricia, koleksi Habito juga mengacu pada pakaian tradisional Spanyol, yang direpresentasikan melalui keliman warna-warni, volume, dan lipatan. Warna memainkan peran sentral untuk menonjolkan detail dan efek gradien pada blouse dan rajutan oversized.

Tampilan aksesori turut melengkapi suasana dengan sangat lugas dan istimewa, misalnya pada desain Chelsea boots bermaterialkan kulit lembut dihiasi dengan fringe pada tepian, dan sol lug yang trendi. Adapun pada Tas Pasticcino, Patricia menafsirkan ulang desain ikonis Weekend Max Mara, kali ini dengan dua kain: satu dengan pola vertikal empuk untuk efek 3D dan yang lainnya dengan garis diagonal yang menciptakan kilau warna-warni. Gesper boule khas Tas Pasticcino semakin diperbesar, menciptakan statement yang kian berani.


("Habito", Weekend Max Mara F/W22 Signature Collection. Foto: Dok. Weekend Max Mara)


Merayakan Koleksi Signature Ke-10 dari Weekend Max Mara

Weekend Max Mara Signature Collection, menjadi proyek musiman dari Weekend Max Mara menampilkan koleksi kapsul yang dirancang dalam wujud kolaborasi dengan berbagai figur kreatif bertaraf internasional. Koleksi Habito dengan menggandeng Patricia Urquiola ini menjadi tonggak penting, yang menandakan pencapaian koleksi ke-10 dari Weekend Max Mara Signature Collection.


("Habito", Weekend Max Mara F/W22 Signature Collection. Foto: Dok. Weekend Max Mara)

Koleksi kapsul yang selalu inovatif ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2018, dengan misi untuk menawarkan sesuatu yang segar, penuh semangat, berestetika dan tentu saja mengibarkan value Weekend Max Mara. Setiap Signature Collection merupakan perjalanan dari berbagai ideasi, yang direpresentasikan oleh seorang wanita ikonis yang terpilih sebagai inspiring muse. Pada koleksi Weekend Max Mara Signature kali ini, Taylor Hill terpilih sebagai muse yang merepresentasikan koleksi Habito. 


("Habito", Weekend Max Mara F/W22 Signature Collection. Foto: Dok. Weekend Max Mara)

Koleksi kapsul pertama dari Weekend Max Mara Signature bertajuk “Aegean Sun”, dan terinspirasi dari image seniman dan fotografer Micol Sabbadini untuk SS 2018. Sementara di antara koleksi kapsul yang paling menonjol adalah Nantucket, yang dikembangkan dan bekerja sama dengan desainer interior Amerika Anthony Baratta. Terinspirasi oleh pesona Cape Cod, retret musim panas terkenal di Massachusetts, koleksi ini dikenakan Hailey Baldwin Bieber dan dipotret oleh Pamela Hanson.

Inovasi segar dan kreatifitas yang selalu dihadirkan melalui koleksi Weekend Max Mara Signature menjadikannya serangkaian koleksi istimewa yang sayang untuk dilewatkan bagi para penggemar karya Weekend Max Mara di berbagai penjuru dunia.

Fashion