Life & health

ICAD 12 Kembali Hadir Membawa Segudang Warna Baru

By : Her World Indonesia - 2022-10-26 15:00:01 ICAD 12 Kembali Hadir Membawa Segudang Warna Baru

Di tahun 2022, ICAD 12 kembali diselenggarakan dengan membawa tema “Fragmenting Yesterday, Reshaping Tomorrow”. Tema ini diambil karena bertujuan untuk memberikan penghargaan akan proses pemahaman terhadap perkembangan masyarakat sambil menelusuri relasi antara masa lalu dan masa depan.


Selain itu, tema ini juga tidak dapat dipisahkan dari pandemi. Ketika pandemi merupakan sebuah memori kolektif yang telah mempengaruhi kita semua. Menurut catatan tim Kuratorial ICAD 12 yang terdiri atas para kurator muda, Lead Curator Amanda Ariawan dan Guest Curator Prananda L. Malasan menyatakan bahwa diantara berbagai isu sosial yang ditampilkan melalui karya terdapat berbagai pandangan kritis serta imajinasi para peserta mulai dari pandangan mengenai aspek humor hingga politis tersedia.


(Baca Juga: 10 Etika ke Pameran Seni)


Pameran utama ICAD 12 akan kembali berlangsung di grandkemang Hotel, Jakarta Selatan. Pameran ini akan dibuka untuk publik mulai 20 Oktober hingga 27 November 2022. Selain itu, pameran ini juga tidak dipungut biaya namun sebelumnya pengunjung harus melakukan registrasi kedatangan di website resmi ICAD 12 www.arturaicad.com.


(Keseruan Saat Pembukaan ICAD 12. Foto: Dok. ICAD 12)


Sama seperti tahun sebelumnya, melalui festival berbasis kawasan Kemang 12730, ICAD 12 mengenalkan kembali area Kemang, Jakarta Selatan sebagai kawasan desain dan seni di Jakarta. Lebih dari 50 venue di wilayah Kemang, akan berpartisipasi dengan berbagai program menarik seperti pameran dan workshop. Tidak hanya itu, mereka akan menampilkan menu khusus, peluncuran produk, diskon spesial, dan weekend market yang dapat dikunjungi oleh publik.


Dalam penyelenggaraannya tahun ini, ICAD 12 menampilkan 59 pelaku kreatif multidisipliner yang menggabungkan perupa kontemporer senior, kreator muda, kolektif atau komunitas yang bergerak di berbagai bidang seperti seni, desain, musik, budaya, dan material baru. Selain itu, berbagai karya mereka akan terbagi dalam lima kategori, yaitu Special Appearance, In Focus, Featured, Open Submission, dan Collaboration. Khusus kategori Open Submission, terdapat tiga seniman internasional yang berpartisipasi, berasal dari Prancis, Inggris, dan Rusia.


(Penampilan DJ Kasimyn Untuk Memeriahkan Pembukaan ICAD 12. Foto: Dok. ICAD 12)


Selain pameran berbagai jenis karya, ICAD 12 juga menghadirkan delapan sesi program talkshow, workshop, dan masterclass. Program ini akan berkolaborasi dengan pelaku kreatif, asosiasi, serta pusat kebudayaan asing. Beberapa mitra ICAD 12 dalam program tahun ini adalah Koalisi Seni, MPA (Motion Picture Association), dan Ganara Art, lembaga pendidikan seni dan budaya yang memiliki fokus pada manajemen seni dan kurikulum kreatif.


(Baca Juga: Yang Boleh Dilakukan dan Dihindari Saat di Pameran Seni)


Itu dia serangkaian ICAD 12 tahun ini, untuk kamu yang menyukai berbagai hal mengenai seni. Langsung aja registrasi kedatangan kalian melalui website resmi ICAD 12 di www.arturaicad.com. Hanya sampai 27 November 2022 lho! So, jangan sampai ketinggalan ya!


(Penulis: Haura Salsabila Zahrana)


Life & health