Life & health

5 Fakta Menarik Rishi Sunak, PM Inggris Pertama Asal India

By : Her World Indonesia - 2022-10-26 13:00:02 5 Fakta Menarik Rishi Sunak, PM Inggris Pertama Asal India

Pekan lalu, Perdana Menteri Inggris Liz Truss menyatakan keputusannya untuk mundur dari posisi setelah hanya 45 hari menjabat. Keputusan mendadak dari Liz Truss ini semakin mengejutkan warga Inggris yang masih berada di masa berkabung setelah kepergian Ratu Elizabeth II. Meski memicu berbagai reaksi, satu hal yang pasti posisi penting Liz Truss di Inggris tidak bisa dibiarkan kosong.


Posisi ini kemudian diberikan pada Rishi Sunak, mantan Menteri Keungan pada era Boris Johnson yang maju setelah kandidat lain Penny Mordaunt mengundurkan diri dari pencalonan. Terpilihnya Rishi Sunak sebagai Perdana Menteri Inggris ini serentak menjadi pusat perhatian tidak hanya bagi warga Inggris tetapi juga masyarakat internasional


Selain menduduki posisi Perdana Menteri, Rishi Sunak juga menggandeng beberapa titel lain seperti Perdana Menteri Inggris pertama yang keturunan India, beragama Hindu, hingga termuda. Sosoknya membuat penasaran, berikut adalah beberapa fakta menarik dari Rishi Sunak, Perdana Menteri Inggris terbaru ini.


1. Awalnya Seorang Bankir


(Rishi Sunak awalnya seorang bankir. Foto: Dok. rishisunakmp/Instagram)

Sebelum menjadi politikus hingga Perdana Menteri Inggris seperti saat ini, Rishi Sunak sempat berkecimpung di dunia bank sebagai seorang bankir. Namun, sebelum seluruh karier suksesnya tersebut, laki-laki keturunan India-Afrika Timur ini menempuh pendidikan di Winchester College, yang dikenal sebagai sekolah privat paling eksklusif di Inggris.


Setelah mendapatkan gelar sarjana di Oxford University, Rishi Sunak melanjutkan studinya untuk mendapatkan gelar MBA dari Standford University melalui beasiswa Fulbright.


Ia kemudian menjadi seorang bankir Goldman Sachs antara tahun 2001 hingga 2004, lalu sempat bekerja pada lembaga penggalang dana Children’s Investment Fund Management dan beberapa perusahaan investor sebelum terjun menjadi anggota legislatif pada 2014.

2. Disebut ‘Crazy Rich’


(Potret Rishi Sunak dan keluarganya. Foto: Dok. rishisunakmp/Instagram)

Segera setelah dirinya ditunjuk sebagai Perdana Menteri, Rishi Sunak berhasil mencuri spotlight karena disebut-sebut sebagai seorang ‘Crazy Rich’. Panggilan ini muncul mengingat fakta Rishi Sunak merupakan suami Akhshata Murty, putri dari Narayana Murthy yang dikenal sebagai miliarder salah satu pendiri grup teknologi informasi Infosys.


Bahkan, di awal tahun ini Sunday Times Rich List memasukkan Sunak dan Murty sebagai 250 orang paling kaya di Inggris. Pasangan Rishi Sunak dan Akhshata Murty sendiri diperkirakan memiliki kekayaan senilai US$826 juta atau setara dengan 12,8 triliun rupiah.


Berkatnya, Rishi Sunak menjadi cukup populer di media sosial. Dirinya bahkan mendapat julukan “Rishi Dishy” oleh para warganet.


(Baca Juga: Pepisahan Terakhir, Ini Detail Pemakaman Ratu Elizabeth II)


3. Politikus Terpercaya


(Rishi Sunak sebagai Perdana Menteri. Foto: Dok. rishisunakmp/Instagram)

Sebelum menjadi Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak merupakan menteri yang cukup populer di kabinet Boris Johnson. Dirinya terkenal berkat menjadi salah satu menteri pertama di kabinet yang menyatakan protesnya terhadap Boris Johnson. Hal ini dikarenakan ia tidak lagi percaya dengan kabinet Boris Johnson yang dinilai membawa berbagai skandal yang tidak diinginkan.


Ia bahkan rela mengundurkan dirinya sebagai bentuk protes, yang mana aksi ini kemudian diikuti oleh sembilan menteri hingga Boris Johnson memutuskan untuk mengundurkan diri pada bulan Juli lalu. Hal ini menunjukkan power yang dimiliki oleh Rishi Sunak sejak dulu.

4. Sempat Kalah dari Liz Truss


(Pencalonan Rishi Sunak sebagai Perdana Menteri Inggris. Foto: Dok. rishisunakmp/Instagram)

Setelah Boris Johnson mengundurkan diri, Rishi Sunak ikut mencalonkan dirinya sebagai Perdana Menteri Inggris sebagai kandidat dalam Partai Konservatif. Meski begitu, awal perjalanannya tidak semulus yang dibayangkan karena ia sempat kalah dari Liz Truss yang berhasil memenangkan suara mayoritas dalam pemilihan.

5. Perdana Menteri Inggris Termuda


(Rishi Sunak menjadi Perdana Menteri Inggris termuda. Foto: Dok. rishisunakmp/Instagram)

Selain mendapatkan gelar Perdana Menteri Inggris pertama keturunan India, Rishi Sunak juga disebut sebagai Perdana Menter Inggris termuda sejak tahun 1812. Kini berusia 42 tahun, Rishi Sunak menjadi anggota parlemen Inggris tercepat yang bisa menduduki posisi Perdana Menteri hanya dalam kurun waktu tujuh tahun saja.


(Baca Juga: Ini 10 Penerus Takhta Inggris Setelah Ratu Elizabeth II)


Berikut adalah beberapa fakta menarik dari Perdana Menteri terbaru Inggris, Rishi Sunak.


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)


Life & health