Fashion

IN2Motion Fest Hadirkan Karya 163 Desainer Modest Fashion

By : Girah Ababyl M.K. - 2022-10-24 12:00:01 IN2Motion Fest Hadirkan Karya 163 Desainer Modest Fashion

Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar dan keanekaragaman kain dari berbagai daerah, Indonesia memiliki modal yang besar dalam memenangkan kompetisi pasar modest fashion (busana yang sopan) baik di tingkat lokal maupun global. Bersamaan dengan seremoni pembukaan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-9, Bank Indonesia berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM dan Indonesian Fashion Chamber (IFC) telah sukses menyelenggarakan International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST) 2022 di Jakarta.


Penerapan Aspek Keberlanjutan Melalui Modest Fashion

(Karya desainer dalam IN2MOTIONFEST 2022. Foto: Dok. IN2MOTIONFEST)

Tahun ini merupakan penyelenggaraan IN2MOTIONFEST yang pertama, dengan mengusung tema “Local Product, Global Look”. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat branding modest fashion Indonesia, melahirkan desainer dan brand yang dikenal dan berdaya saing global, serta meningkatkan kapasitas para pelaku usaha baik di tingkat nasional maupun internasional, dengan tetap mempertimbangkan aspek keberlanjutan dengan memperhatikan seluruh rantai pasok dan siklus garmen, mulai dari sumber bahan baku, teknik atau metode produksi, etika kerja, hingga pengelolaan limbah lingkungan.



(Karya desainer dalam IN2MOTIONFEST 2022. Foto: Dok. IN2MOTIONFEST)


Prinsip sustainable fashion sejalan dengan prinsip thayyiban (kebaikan) yang merupakan bagian dari konsep halal. Hal ini merupakan salah satu bentuk penguatan branding produk fesyen muslim Indonesia di pasar domestik dan global.


(Baca juga: Koleksi Couture Tobatenun di Pagelaran Parompuan dan Ulos)


Misi Menjadikan Indonesia Sebagai Pusat Modest Fashion Kancah Global


Bapak Teten Masduki, selaku Menteri Koperasi dan UKM, mengungkapkan bahwa pelaksanaan IN2MOTIONFEST bertujuan untuk memperkuat brand Indonesia sebagai pusat modest fashion di kancah internasional.


IN2MOTIONFEST 2022 sendiri menghadirkan kegiatan pameran dan fashion show yang menampilkan 1.256 karya dari 163 desainer fesyen dan aksesoris Indonesia yang mewakili berbagai asosiasi fesyen; anggota IKRA sektor fesyen dan aksesoris; binaan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dan Kementerian Perdagangan (Kemendag); perwakilan dari sekolah mode di Indonesia; serta berbagai komunitas.


Keseluruhan koleksi memperlihatkan keragaman produk fesyen muslim dan aksesoris Indonesia yang meliputi ready to wear, deluxe street wear, office wear, cocktail wear, dan syar'i evening wear.



(Karya desainer dalam IN2MOTIONFEST 2022. Foto: Dok. IN2MOTIONFEST)


(Baca juga: 3 Inspirasi Outfit Erina Gudono Calon Mantu Presiden Jokowi)


Desainer dan jenama yang menampilkan karyanya dalam IN2MOTIONFEST 2022 antara lain Ayu Dyah Andari, ASK by Asky Febrianti, AM by Anggiasari, Barli Asmara, ButtonScarves, Benang Jarum, Deardein X Atas Bawah, DAUKY, Fenny Saptalia, GADIZA by Rosie Rahmadi, Hannie Hananto, Irna Mutiara, Jenahara, Jenna & Kaia, Khanaan, kami., KurzienKarzai, L by Laudya Chintya Bella, Lisa Fitria, Malik Moestaram, Nada Puspita, Najua Yanti, Rya Baraba, Restu Anggraini, SHAFIRA, Sofie, ZM by Zaskia Mecca, dan dari negara lain, yaitu Syahrir Nurdin dari Malaysia, Yod Koko dari Thailand, dan A3 dari Perancis X Emmy Thee.



(Karya desainer dalam IN2MOTIONFEST 2022. Foto: Dok. IN2MOTIONFEST)


Diharapkan setelah gelaran IN2MOTIONFEST 2022 ini, akan dilakukan peningkatan mutu agar ajang ini dapat menjadi gelaran tahunan yang membanggakan Indonesia. Selain itu, dengan melibatkan ratusan desainer dari dalam dan luar negeri, dengan penggunaan lebih dari 14 wastra Nusantara, diharapkan ke depannya akan lebih banyak lagi stakeholder yang terlibat dalam upaya mewujudkan Indonesia sebagai trendsetter industri modest fashion dunia.


Fashion