Life & health

14 K-Pop Idol Yang Juga Sukses Jadi Aktris Terkenal!

By : Fariza Rahmadinna - 2022-10-22 10:00:02 14 K-Pop Idol Yang Juga Sukses Jadi Aktris Terkenal!

Berbicara mengenai bintang pop wanita Korea Selatan multi-talenta, para female idol itu tidak hanya berhasil memukau para penggemar di atas panggung, tetapi juga di layar kecil dan layar lebar. Hal itu dibuktikan dari banyaknya judul film dan drama yang mereka bintangi, baik itu sebagai pemeran utama ataupun pemeran pendukung. 


Berikut ini daftar K-pop idol wanita yang juga sukses sebagai aktris dengan nama besar. Ini daftarnya!


1. Bae Suzy (Miss A)


(Bae Suzy @skuukzky on Instagram)


Pada awalnya, Suzy memulai debutnya sebagai salah satu member grup K-pop wanita, Miss A. Sejak itu, ia mendapat tawaran untuk berakting di drama “Dream High” dan film "Architecture 101” yang menandai debut aktingnya. Setelah penampilannya dalam film "Architecture 101", ia disebut sebagai Nation’s First Love untuk akting alami dan daya tarik yang lugu. Selama karirnya di industri drama dan film Korea, Suzy telah banyak membintangi K-drama hit mulai dari rom-com hingga thriller aksi. 


Kemampuan aktingnya yang luar biasa telah membuatnya membawa pulang banyak piala penghargaan dan masuk ke dalam jajaran aktris ternama Korea Selatan. Aktingnya dalam drama yang dibintanginya baru-baru ini, Anna, juga mendapat respon positif dari para penggemar. 


2. YoonA (Girls' Generation)


(YoonA @yoona__lim on Instagram)


Lim Yoon-ah, atau lebih dikenal dengan nama panggung YoonA, merupakan salah satu member grup K-pop wanita Girls' Generation, yang memiliki sejarah chart-toppers, album terlaris, dan sold-out concerts. Dengan visualnya yang cantik dan kepribadiannya yang baik, dia disebut sebagai Nation’s Ideal Type. 


Yoona telah mulai berakting sejak debutnya bersama Girls' Generation dalam drama “You Are My Destiny.” Penampilannya dalam drama ini membuat Yoona mendapatkan penghargaan untuk kategori Best New Actress di KBS Awards dan Baeksang Arts Awards. 


Idol-actress cantik ini juga mendapat banyak pujian setelah membintangi film “Exit” bersama Jo Jung Suk dan “Confidential Assignment” bersama Hyun Bin. Belakangan ini, namanya juga berada dalam daftar teratas sebagai salah satu aktor dan aktris yang banyak dicari berkat perannya dalam drama “Big Mouth” bersama Lee Jong Suk. 


3. Sooyoung (Girls' Generation)


(Sooyoung @sooyoungchoi on Instagram)


Tidak hanya Yoona yang sukses berakting, Sooyoung, member lain Girls' Generation ini juga pantas diperhitungkan di dunia seni peran. Dia pertama kali memikat hati banyak penggemar dengan penampilannya sebagai pemain biola di drama “The Third Hospital”. Sejak itu, ia membuktikan diri dengan mengambil beragam peran, mulai dari berperan sebagai dating expert dalam drama “Dating Agency: Cyrano”, sebagai jurnalis majalah di drama “So I Married The Anti-Fan”, hingga peran terbarunya sebagai perawat dengan kepribadian ceria di drama “If You Wish Upon Me”. 


4. Eugene (S.E.S)


(Eugene @eugene810303 on Instagram)


Kamu mungkin lebih mengenal Eugene sebagai karakter Oh Yoon-hee dari drama "The Penthouse: War in Life" yang sangat melekat itu, kan. Namun sebelum memulai debut aktingnya, Eugene merupakan salah satu member dari grup K-pop S.E.S, yang telah disbandment pada tahun 2002. 


Sebagai seorang aktris, Eugene telah terlibat dalam banyak proyek drama dan film hit, ini termasuk The Penthouse: War in Life, seperti “Loving You”, “Creating Destiny”, dan “Can We Fall in Love, Again?”. 


5. Nana (After School)


(Nana @jin_a_nana on Instagram)


Nana jelas lebih dari sekadar female idol cantik, tetapi juga idol-actress yang sangat berbakat. Dia memulai debutnya sebagai salah satu member girl K-pop group, After School, dan secara resmi memulai debut aktingnya dalam drama “Queen In Hyun's Man”. Nana dengan cepat mendapatkan pujian dari para penggemar dan memperoleh penghargaan sebagai aktris pendatang baru terbaik. Sejak itu, dia terlibat dalam banyak drama dan film hit, seperti “The Good Wife”, “Kill It”, “Justice”, “Confession”, dan serial Netflix original terbaru, “Glitch”.


(Baca Juga: 12 Kpop Idol Yang Juga Aktor Berbakat & Sukses!)


6. Hyeri (Girl’s Day)


(Hyeri @hyeri_0609 on Instagram)


Hyeri memulai debutnya sebagai maknae member dari K-pop girl grup, Girl's Day. Dia mendapatkan title Nation’s Little Sister setelah aksi aegyo-nya menjadi viral. Namanya semakin populer karena perannya sebagai Sung Deok Sun dalam drama "Reply 1988", yang mengesankan semua penggemar dengan kemampuan aktingnya yang luar biasa. Hyeri terus membuktikan diri dengan mengambil beragam peran, yang terbaru menjadi protagonis di drama "My Roommate Is A Gumiho" bersama Jang Ki Yong, dan sebagai putri bangsawan miskin yang bekerja keras untuk menafkahi keluarga di drama "Moonshine".


7. Krystal Jung (f(x))


(Krystal Jung @vousmevoyez on Instagram)


Melihat aktingnya yang luar biasa, kamu mungkin tidak akan menyangka kalau Krystal Jung adalah salah satu member K-pop girl group, f(x). Di samping aktivitas grup, Krystal Jung juga disibukkan dengan banyak project film dan drama, seperti “The Heirs”, “My Lovely Girl”, “Prison Playbook”, “The Bride of Habaek”, “Search”, “Police University”, “Crazy Love”, “Sweet & Sour”, dan “More Than Family”. Semua perannya dalam drama ataupun film berhasil memukau para penggemar. Itulah mengapa, namanya terus naik ke puncak industri K-drama dengan karir yang sukses.


8. Uee (After School)


(Uee @kim_uieing49 on Instagram)


Anggota K-pop girl group After School lainnya yang juga mempunyai karir akting produktif adalah Uee, atau memiliki nama asli Kim Yu Jin. Dia telah memulai berakting sejak debutnya, sebagai Ratu Mishil muda dalam drama sejarah populer, “Queen Seondeok”. Dan, dia dengan cepat mendapatkan pengakuan positif karena kemampuan aktingnya yang mengesankan dalam drama "Ojakgyo Family". 


Aktingnya terus meningkat selama bertahun-tahun, yang terbaru perannya sebagai dokter spesialis bedah saraf dalam medical drama, "Ghost Doctor", bersama Rain dan Kim Bum. 


9. Kwon Na Ra (Hello Venus)


(Kwon Na Ra @hv_nara on Instagram)


Tidak banyak orang yang tahu kalau Kwon Na Ra dulunya adalah salah satu member K-pop girl group, Hello Venus. Selain kegiatan grup, Na Ra juga membuktikan diri dengan terlibat dalam beberapa project drama hit dengan berbagai peran dan genre. Ini termasuk tampil dalam drama rom-com “Suspicious Partner”, melodrama “My Mister”, drama hukum “ Your Honor”, medical prison drama “Doctor Prisoner”, drama webtoon “Itaewon Class”, drama sejarah komedi “Royal Secret Agent”, dan fantasi drama “Bulgasal: Immortal Souls”.


10. IU (Solo)


(IU @dlwlrma on Instagram)


Dikenal sebagai Nation’s Little Sister dan Nation’s Sweetheart di Korea Selatan, penyanyi solo, IU, telah menjadi salah satu idol-actress terbaik yang telah memikat hati para pecinta K-drama dengan kemampuan akting yang hebat dan karir yang sukses sejak debut pertamanya dalam drama “Dream High”.


Perannya dalam melodrama “My Mister” mendapatkan pujian bahkan memperoleh penghargaan untuk kategori “Top Excellence Award, Actress in a Miniseries” di APAN Star Awards dan dinominasikan untuk kategori “Best Actress” di Baeksang Arts Awards. 


Belum lama ini, film yang dibintanginya bersama Song Kang Ho, Gang Dong-Woon dan Bae Donna berjudul “Broker” juga dipilih untuk melakukan pemutaran perdana di Cannes Film Festival.  Dia tidak hanya menjadi Queen of K-pop di atas panggung, tetapi dia juga menunjukan kemampuan aktingnya yang hebat dan memukau di depan kamera. 


11.  Kim Se Jeong (Gugudan)


(Kim Se Jeong @clean_0828 on Instagram)


Kim Se Jeong memulai debutnya sebagai anggota grup K-pop “I.O.I” dan “Gugudan”. Drama “The Sound of Your Heart” menandai debut aktingnya meskipun hanya memainkan peran kecil. Proyek utamanya sebagai lead role adalah untuk drama “School 2017”. Berkat kemampuan aktingnya yang luar biasa, Sejeong mulai mendapat banyak tawaran bermain drama sebagai pemeran utama, seperti di drama “I Wanna Hear Your Song”, “The Uncanny Counter”, “Business Proposal”, dan yang terbaru drama “Today’s Webtoon”


12. Kang Mi Na (Gugudan)


(Kang Mi Na @_happiness_o on Instagram)


Selain Kim Se Jong, Kang Mi Na dari Gugudan juga menunjukan kemampuan aktingnya yang sangat baik. Dia memulai debut aktingnya dalam drama “20th Century Boy” sebagai pemeran pendukung. Proyek drama utamanya dalam drama “Dokgo Rewind”, “Hotel del Luna”, “Moonshine”, “My Roommate Is A Gumiho”, dan yang terakhir dalam drama “Cafe Minamdang” . 


13. Hwang Jung Eum (Sugar)


(Hwang Jung Eum @jungeum84 on Instagram)


Hwang Jung Eum debut sebagai salah satu member girl group K-pop, Sugar, sebagai vokalis utama. Namun, setelah bersama-sama selama dua tahun, Hwang Jung Eum memutuskan untuk keluar dari grup dan fokus bersolo karir. 


Dia secara resmi memulai debut aktingnya di drama televisi “The Person I Love”. Sejak itu, ia telah banyak terlibat dalam proyek drama hit sebagai lead role, ini termasuk “Kill Me, Heal Me”, “She Was Pretty”, “Lucky Romance”, “Mystic Pop-Up Bar”, “The Undateables”, dan “To All The Guys Who Loved Me”. 


14. Kim Seol Hyun (AOA)


(Kim Seol Hyun @s2seolhyuns2 on Instagram)


Lahir dengan nama Kim Seol Hyun, atau lebih dikenal dengan Seolhyun, adalah anggota K-pop girl grup, AOA. Drama “Seo Yeong, My Daughter” menandai debut akting pertamanya. Kemudian pertama kali mendapatan peran utamanya di drama “Orange Marmalade” beradu akting dengan Yeo Jin-Goo. Para penggemar memuji kemampuan aktingnya yang baik di drama ini. 


Aktingnya pun semakin berkembang dan tampil dalam film aksi noir "Gangnam Blues", yang membuatnya membawa pulang penghargaan untuk kategori “Popular Star” di Blue Dragon Film Awards. Seolhyun juga termasuk ke dalam jajaran pemain penting dalam film sejarah “The Great Battle”, film thriller “Memoir of a Murderer”, drama sejarah “My Country”, drama romantic mystery “Awaken”, dan komedi drama “The Killer's Shopping List”. 


(Baca Juga: 7 Oleh-Oleh Menarik Khas Korea Selatan Yang Bisa Kamu Beli)


Itu dia beberapa idol K-pop girl group yang merambah ke dunia akting dana namanya kian besar menjalani profesinya sebagai seorang aktris. Siapa yang jadi favoritmu?






Life & health