Fashion

Runway Penuh Lumpur, Ini 6 Detail Menarik Balenciaga S/S 23

By : Her World Indonesia - 2022-10-07 16:00:01 Runway Penuh Lumpur, Ini 6 Detail Menarik Balenciaga S/S 23

Meski Pekan Mode Paris telah berakhir, warganet masih tidak bisa melupakan show ikonis yang digelar oleh berbagai rumah mode ternama, salah satunya adalah Balenciaga.

Selalu totalitas, kali ini Demna Gvasalia selaku creative director Balenciaga mempersembahkan koleksi Spring/Summer 2023 terbarunya dengan presentasi unik yang memiliki kesan gelap, kotor, dan mencekam. Kesan-kesan ini memang menjadi pesan yang berusaha ia sampaikan kepada dunia dan para pengamat mode melalui kreasi terbarunya tersebut.

Tidak hanya pengaturan runway-nya yang maksimal, show Balenciaga juga mencuri perhatian di Paris Fashion Week berkat rancangan bajunya yang bernuansa futuristik, grunge, dan out of this world, semua ciri khas identik dari sang pelaku kreatif Demna Gvasalia.

Berhasil menjadi topik hangat, apa saja sih hal menarik yang terjadi selama fashion show Balenciaga Spring/Summer 2023 di Paris Fashion Week? Check it out!

1. Undangan Misterius



Bahkan sebelum pagelaran mode dimulai, Balenciaga sudah membuat banyak orang penasaran dengan undangan acara yang disebarkan. Para tamu undangan tidak menerima undangan amplop biasa, melainkan sebuah dompet yang terkesan ‘hilang’.


Dompet hilang ini berisikan beberapa hal yang tertinggal di dalamnya, seperti uang palsu, kartu ATM, struk belanja, hingga kartu kependudukan dengan nama tertera Natalia Antunes.

2. Berani Kotor dengan Lumpur


Pada tanggal 2 Oktober, Balenciaga resmi menggelar pagelaran modenya di lokasi Parc des Exposition de Villepinte. Bertemakan “The Mud Show”, Balenciaga secara harfiah mengubah runway menjadi padang lumpur basah yang harus dilewati oleh para model.


Lumpur ini merupakan bentuk metafora untuk ‘menggali kebenaran dan menjadi sederhana’ bagi Demna Gvasalia. Selebihnya ia menjelaskan, “I’ve decided to no longer explain my collections and verbalize my designs, but to express a state of mind. Fashion is a visual art and all we need is for it to be seen through someone’s eyes. Fashion in its best case scenario should not need a story to be sold to someone.”


Makna dari pagelaran mode penuh lumpur ini juga tersedia pada setiap bangku tamu undangan, dengan kertas yang bertuliskan, “the set of this show is a metaphor for digging for truth and being down to earth. Let us let everyone be anyone and make love not war.”


(Baca Juga: Coperni S/S 23, Dress Bella Hadid Dibuat Dari Cat Semprot)


3. Dibuka dengan Kanye West


(Balenciaga Spring/Summer 2023. Foto: Dok. Balenciaga)

Balenciaga membuka pagelaran modelnya dengan Ye atau Kanye West yang berjalan di atas runway penuh lumpur mengenakan busana a la militer serba hitam. Jake tempur dan celana kulit yang Ye kenakan menjadi gambaran koleksi Spring/Summer 2023 yang akan dipersembahkan Demna Gvasalia untuk Balenciaga.

4. Koleksi Unik


(Balenciaga Spring/Summer 2023. Foto: Dok. Balenciaga)


(Balenciaga Spring/Summer 2023. Foto: Dok. Balenciaga)


(Balenciaga Spring/Summer 2023. Foto: Dok. Balenciaga)



Demna Gvasalia memamerkan sebanyak 75 total look yang seluruhnya akan berlapis lumpur di akhir acara. Tunjukkan identitas Balenciaga, pakaian pada koleksi ini didominasi oleh hoodie dan jaket oversized yang memberikan nuansa streetwear.


Bagi para wanita, Demna Gvasalia merancang berbagai gaun edgy sekaligus feminin yang tersedia dengan beragam desain dan warna menarik seperti merah, pink, dan hijau neon.


Selain pakaiannya, koleksi ini juga mencuri banyak perhatian berkat aksesori yang dibawa oleh para model. Benda unik seperti boneka bayi dan scarf layaknya ular melingkar menjadi aksesori stand out yang patut disoroti.

5. Look Penutup Sebagai Statement


(Balenciaga Spring/Summer 2023. Foto: Dok. Balenciaga)


Selain look pembuka yang dibawakan oleh Ye, penutup pagelaran mode Balenciaga kali ini juga enggak kalah spesial. Balenciaga mempersembahkan model yang mengenakan dress terbuat dari potongan tas ikonis rumah mode tersebut seri "Lariat".


Look terakhir ini berfungsi sebagai pengingat akan konsumsi berlebihan yang disumbangkan oleh para pelaku di industri fashion serta konsumen yang lambat laun mulai merusak bumi.


(Baca Juga: Punya Siluet Unik, Intip 4 Fakta Menarik di Loewe S/S 2023)


6. Penampilan Tamu Undangan

(Khloe Kardashian da Kylie Jenner di Balenciaga show. Foto: Dok. khloekardashian/Instagram)


(Han So Hee tampil perdana di barisan front row Balenciaga. Foto: Dok. xeesoxee/Instagram)

Kehadiran selebritas di deretan baris depan sebuah pagelaran mode memang akan selalu disoroti. Kali ini, Balenciaga mengundang berbagai selebritas terkenal dari seluruh dunia seperti Kylie Jenner, Khloe Kardashian, Salma Hayek, Doja Cat, Charli XCX, Emily Ratajkowski, Alexa Demie, hingga aktris Korea Selatan Han So Hee.


Berikut adalah rangkuman Her World mengenai hal-hal unik selama pagelaran mode Balenciaga Spring/Summer 2023 di Paris Fashion Week.


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)


Fashion