Fashion

Sakanti Samasta, Koleksi Batik Berbalut Dongeng Putri Raja

By : Girah Ababyl M.K. - 2022-10-06 18:00:02 Sakanti Samasta, Koleksi Batik Berbalut Dongeng Putri Raja

Label Iwan Tirta Private Collection (ITPC) telah merilis Runway Collection 2023 yang terinspirasi dari wujud akulturasi budaya di Indonesia khususnya di pesisir Jawa. Koleksi ini terasa begitu spesial karena dikemas dalam konsep penggabungan fashion dengan kisah selayaknya dongeng bertajuk “Sakanti Samasta” yang dituliskan oleh Adinia Wirasti, aktris kawakan yang dikenal mencintai seni batik dan budaya Indonesia.


Iwan Tirta mengeksplorasi lebih jauh karakteristik dari batik pesisir yang memiliki palet warna vibrant dan menuangkannya ke dalam koleksi Sakanti Samasta. Sakanti yang bermakna “keindahan” dan Samasta yang memiliki arti “penyatuan”, dirasa menjadi istilah yang tepat dalam mendeskripsikan koleksi ini.



(Koleksi Sakanti Samasta dari Iwan Tirta Private Collection. Foto: Dok. Iwan Tirta)


Dongeng ini pun tidak hanya dikemas dalam bentuk tulisan, namun juga dalam format audio. Penggabungan fashion dengan dongeng ini diharapkan agar batik tidak hanya diapresiasi secara visual tetapi juga cerita dan filosofi yang terkandung di dalamnya. Lebih daripada itu, melalui cerita dongeng ini dapat menghibur dan mampu menyampaikan nilai-nilai moral terutama bagi generasi muda.


Pencarian pasangan hidup Putri Sakanti

Dongeng “Sakanti Samasta” sendiri berkisah mengenai sayembara pencarian pasangan hidup untuk sang Putri Sakanti. Koleksi ini pun terbagi menjadi tiga sequence, yang diibaratkan sebagai tiga sosok pangeran dari tiga negeri seberang yang mengikuti sayembara pencarian jodoh untuk sang Putri.



Tiga pangeran tersebut adalah: Qian – seorang pangeran dengan wajah tenang namun bergaris tegas yang datang dengan membawa ilmu filsafat dan keseimbangan. Saga – seorang pangeran berkulit terang dan berbadan tegap yang datang dengan begitu banyak cerita dongeng dari segala musim dan pustakanya yang tak kunjung habis dan menjadikannya sosok yang amat bijaksana. Kai – seorang pangeran yang datang dengan langkah sepi diiringi ratusan kupu dan kelopak bunga sakura, sifatnya mengalir seperti air, tenang tetapi mampu bertransformasi.


(Baca juga: Punya Siluet Unik, Intip 4 Fakta Menarik di Loewe SS 2023)


Terbagi menjadi tiga sequence utama


Koleksi “Sakanti Samasta” dipilah dalam tiga sequence atau tiga tema utama, yaitu Qian, Saga dan Kai. Sequence Qian bertema peranakan atau akulturasi budaya Cina dengan konsep warna Yin-yang juga diwarnai palet warna yang menjadi simbol kemakmuran pada budaya Cina. Dalam sequence ini, motif-motif seperti Liong, Barong, Lokcan, Merak, dan Phoenix ditonjolkan sebagai ikon motif utama. Sequence Saga menampilkan motif-motif batik dengan akulturasi budaya Eropa, khususnya Belanda yang terepresentasi melalui koleksi bernuansa biru, jingga, dan putih.



Pewarnaan dengan teknik Lasem memberikan kesan akhir yang lebih earthy. Motif batik yang ditampilkan pada sequence ini terinspirasi dari dongeng klasik yang dilengkapi dengan stilasi hewan seperti; rusa, merak, dan burung. Ikon motif Eropa yaitu Buketan (hand bouquet) juga dihadirkan dengan motif utamanya yaitu bunga Tulip. Terakhir, sequence Kai mencerminkan akulturasi budaya Jepang tampil dalam variasi koleksi yang sarat akan warna cerah yang mengedepankan penggunaan teknik Coletan. Teknik pewarnaan coletan ini memungkinkan untuk dapat menampilkan komposisi warna cerah dan beragam.


Detail patchwork dan motif batik akulturasi budaya 


Keistimewaan koleksi ini tidak hanya terdapat pada konsep yang diangkat, namun juga pengaplikasi berbagai detail unik yang memberi kesegaran. Di antaranya adalah penggunaan warna gradasi serta detail patchwork untuk mengaplikasikan elemen Batik pada beberapa looks di sequence Kai. Ciri khas dari motif sequence yang terinspirasi dari akulturasi budaya Jepang ini terletak pada kombinasi antara kupu-kupu dan bunga sakura.


(Baca juga: Semburat Optimisme Dalam Koleksi Sapto Djojokartiko SS 23)


Koleksi Sakanti Samasta terdiri dari 20 looks untuk kreasi ladieswear dan menswear. Pada koleksi menswear, penggunaan material fine cotton dan sutra tenun tampil dalam style kemeja lengan panjang dan lengan pendek yang menjadi signature Iwan Tirta, hadir pula celana pendek dan bucket hat yang memberikan nuansa gaya batik yang modern dan relevan. Kemudian pada koleksi ladieswear, hadir beragam gaya outerwear, cocktail dress hingga gaun malam yang mewah.


(Koleksi Sakanti Samasta dari Iwan Tirta Private Collection. Foto: Dok. Iwan Tirta)


Seluruh koleksi “Sakanti Samanta” kini telah tersedia di gerai-gerai Iwan Tirta Private Collection dan website www.iwantirtabatik.com. Koleksi Sakanti Samasta yang menghadirkan kekayaan motif dan budaya di Indonesia ini juga menjadi cermin pemikiran keterbukaan masyarakat Indonesia terhadap pengaruh eksternal, dengan tetap memprosesnya yang sesuai dengan nilai kearifan lokal.


Fashion