Fashion

Semburat Optimisme Dalam Koleksi Sapto Djojokartiko S/S 23

By : Girah Ababyl M.K. - 2022-10-04 18:00:01 Semburat Optimisme Dalam Koleksi Sapto Djojokartiko S/S 23

Desainer ternama, Sapto Djojokartiko, secara perdana kembali menampilkan peragaan tunggal secara luring setelah dua tahun berturut-turut absen dan mengalihkan peragaan lewat presentasi film pendek dalam jaringan. Koleksi Spring/Summer 2023 ini menghadirkan deretan busana dengan variasi siluet yang dapat dikenakan lintas gender.


Tak luput mencuri perhatian, aplikasi motif yang menjadi ciri khas dari brand satu ini pun turut dihadirkan dengan memberdayakan kembali motif-motif bordir Sapto Djojokartiko. Di antaranya terdapat motif klasik Penara, Darpana yang merupakan ulir pada bingkai cermin, kemudian Ukelan Ron dari imaji rangkai daun, Ukelan Sekar yang berupa wujud rekah bunga dan Seligi yang menyalin bentuk tombak.



(Sapto Djojokartiko Spring/Summer 2023. Foto: Dok. Sapto Djojokartiko)



Sentuhan busana Athleisure berupa tank suit, sports bra, legging, dan bicycle pants yang dijadikan inner wear memberikan variasi dalam tatanan gaya busana berlapis yang disajikan. Perpaduan busana rumahan yang nyaman seperti singlet dan celana-celana boxer dengan berbagai padanan luaran yang longgar dengan imbuhan bordir kompleks dan ragam motif istimewa pun turut dihadirkan.


Koleksi ini menjadi momentum Sapto Djojokartiko dalam melintasi batas generasi, di saat dinamika dunia yang sedang penuh ambiguitas, di mana kini semua bebas dalam mengekspresikan diri.



(Sapto Djojokartiko Spring/Summer 2023. Foto: Dok. Sapto Djojokartiko)



Detail-detail intricate mulai dari sulam tangan, repetisi tumpuk motif, manik-manik, patchwork, lipit, rumbai bertumpuk, hingga modifikasi rajutan ditampilkan secara apik. Permainan palet warna neon yang cerah seperti kuning acid, hijau citron dan pink flambe merepresentasikan optimisme, namun juga tanpa meninggalkan pendar warna pastel lembut ciri khas Sapto Djojokartiko.



(Sapto Djojokartiko Spring/Summer 2023. Foto: Dok. Sapto Djojokartiko)

(Sapto Djojokartiko Spring/Summer 2023. Foto: Dok. Sapto Djojokartiko)

Paska pandemi ini keadaan ekonomi yang diharapkan segera pulih kembali terusik dengan ancaman perang, krisis energi dan pangan, pemanasan global hingga ketakutan akan sebuah pandemi baru. Hal ini membuat banyak keraguan yang memicu ketidakpastian.


Sapto Djojokartiko mencoba menuangkan kontemplasi ini ke dalam koleksi Spring-Summer 2023. Koleksi ini menjadi refleksi dari kemampuan beradaptasi, pergerakan dan optimisme manusia yang direpresentasikan melalui rangkaian busana relaks hingga pas badan yang kembali digemari seiring kembali aktifnya kegiatan manusia dalam putaran roda dunia.


Fashion